3 Pokok Penyebab Kematian Su'ul Khatimah

Komentar

Sumber gambar etaksalai.com

Kematian sudah pasti datang kepada mahluk allah yang memiliki nyawa, tidak ada satu mahluk pun yang mengetahui kapan datangnya kematian ini.

Jika sudah waktunya tiba siapapun sudah tidak akan bisa menghindarinya, malaikat pencabut nyawa akan segera menunaikan tugasnya.

Manusia tenggelam dalam seribu satu kesenangan dunia, sementara ia lalai mempersiapkan diri menyambut akhiratnya. Berbeda dengan para malaikat yang senantiasa patuh dan mengerjakan perintah Tuhannya.

Duhai, tidakkah manusia sadar. Seandainya dia tahu apa isi neraka saat ini juga pasti dia akan menangis, menangis dan menangis.

Neraka ada di hadapan kita, dengan apakah kita akan membentengi diri darinya ?

Belum lagi jika amal kita yang selama ini kita kumpulkan bekal di akhirat namun tiada guna karena sikap kita, Inilah yang paling banyak menipu mata kasat kita.

Inilah salah satu jawaban mengapa orang yang sepertinya banyak melakukan amalan shalih, tetapi pada akhir hidupnya mengalami su’ul khatimah.

Perlu diketahui bahwa su’ul khotimah memiliki berbagai sebab yang banyak jumlahnya. Di antaranya yang terpokok adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip dari muslimah.or.id.

1. Menyekutukan Allah


Sumber gambar slideshare.net

Berbuat syirik kepada Allah ‘azza wa jalla. Pada hakikatnya syirik adalah ketergantungan hati kepada selain Allah dalam bentuk rasa cinta, rasa takut, pengharapan, do’a, tawakal, inabah (taubat) dan lain-lain.

2. Menganggap Remeh Kemaksiatan


Sumber gambar abiummi.com

Terus menerus berbuat maksiat dengan menganggap remeh dan sepele perbuatan-perbuatan maksiat tersebut, terutama dosa-dosa besar. Pelakunya akan mendapatkan kehinaan di saat mati, disamping setan pun semakin memperhina dirinya. Dua kehinaan akan ia dapatkan sekaligus dan ditambah lemahnya iman, akhirnya ia mengalami su’ul khotimah.

3. Ujub


Bersikap ujub. Sikap ujub pada hakikatnya adalah sikap seseorang yang merasa bangga dengan amal perbuatannya sendiri serta menganggap rendah perbuatan orang lain, bahkan bersikap sombong di hadapan mereka. Ini adalah penyakit yang dikhawatirkan menimpa orang-orang shalih sehingga menggugurkan amal shalih mereka dan menjerumuskan mereka ke dalam su’ul khotimah.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menyebabkan su’ul khotimah. Kesemuanya adalah biang dari segala keburukan, bahkan akar dari semua kejahatan. Setiap orang yang berakal hendaknya mewaspadai dan menghindarinya, demi menghindari su’ul khotimah, wallahu a'lam
Top