Apa Itu Penyakit Hepatitis? Ketahui Penyebab, Gejala, Resiko, Pencegahan dan Pengobatannya

Komentar

Hepatitis via hellosehat.com

Penyakit hepatitis memang sangat berbahaya, karena menyerang organ hati manusia. Sebelum itu terjadi yuk kita simak penyebab, gejala dan cara pengobatan hepatitis, agar kita bisa menghindarinya.

Penyakit hepatitis merupakan salah satu ancaman kesehatan utama di dunia. Untungnya, tidak semua orang yang terinfeksi hepatitis ini. Penyakit hepatitis ternyata sama bahayanya dengan penyakit kronis maupun akut lainnya. Oleh sebab itu disini kami akan memberikan informasi tentang hepatitis.

Tentunya Anda pernah mendengar nama penyakit hepatitis, bukan? Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya penyakit Hepatitis ini?

Hepatitis adalah istilah umum penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi di hati. Penyakit hepatitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, seperti hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya.


Penyakit hepatitis via satujam.com

Hepatitis merupakan peradangan organ hati atau liver. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati. Inilah Penyebab, Gejala, Resiko, Pencegahan dan Pengobatannya.

Pengertian Penyakit Hepatitis:

Penyakit Hepatitis adalah kondisi medis yang disebabkan oleh adanya peradangan (pembengkakan) pada hati. Hati atau liver adalah organ penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Fungsi hati diantaranya mengatur metabolisme, membuat protein, menyimpan vitamin dan zat besi, mengeluarkan racun dan memproduksi empedu.

Jika hati tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian. Hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi, virus, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan dan faktor lainnya.

Ada 5 jenis virus hepatitis: A, B, C, D, dan E. Karakteristik dari masing-masing jenis ini berbeda, maka dari itu gejala dan pengobatannya juga beragam.

Penyebab Penyakit Hepatitis:

Penyebab Hepatitis Penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus, adapun penyebab dan cara penularannya adalah sebagai berikut.
  1. Hepatitis A virus (HAV) menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi dan yang paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Perilaku seksual tertentu juga dapat menyebabkan penularan. 
  2. Hepatitis B virus (HBV) ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan suntikan narkoba berganti-gantian. 
  3. Hepatitis C virus (HCV) sebagian besar ditularkan melalui paparan darah dan seperti paa penularan hepatitis B. 
  4. Hepatitis D Virus (HDV) infeksi hanya menyerang pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk. 
  5. Hepatitis E virus (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis. 


Pencegahan hepatitis via go-dok.com

Gejala Penyakit Hepatitis:

Tidak semua kasus hepatitis menimbulkan gejala, atau jikapun ada, gejalanya cukup samar pada tahapan awal dalam sekitar 80% kasus. Dua puluh persen kasus lainnya bisa menunjukkan gejala dengan tingkat bervariasi.

Ada kemungkinan bagi Anda untuk langsung mengalami gejala setelah terinfeksi. Gejala bisa bersifat ringan tetapi juga parah bagi sebagian orang, meliputi:
  1. Demam 
  2. Kelelahan
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Mual atau muntah
  5. Nyeri lambung 
  6. Nyeri sendi atau otot
  7. Buang air kecil atau besar yang tidak lazim
  8. Warna kulit dan bagian putih mata menguning (jaundice, tanda dari penyakit hati)
  9. Perasaan gatal
  10. Perubahan mental, seperti kurangnya konsentrasi atau koma
  11. Perdarahan dalam

Pengobatan Penyakit Hepatitis:

Pengobatan tergantung pada jenis hepatitis. Secara umum penderita hepatitis harus banyak istirahat, menghindari alkohol, dan minum obat untuk membantu meringankan gejala.
  • Kebanyakan orang yang menderita hepatitis A dan E akan sembuh sendiri setelah beberapa minggu. 
  • Hepatitis B diobati dengan obat antivirus, seperti lamivudine dan adefovir dipivoxil. 
  • Hepatitis C diobati dengan kombinasi peginterferon dan ribovarin. Transplantasi hati mungkin diperlukan pada kegagaln hati yang disebabkan oleh hepatitis B atau C. 

Pencegahan Penyakit Hepatitis:

Penyakit hepatitis dapat dicegah dengan cara menghindari faktor-faktor resiko dan cara penularan seperti telah disebutkan sebelumnya. Selain itu cara mencegah hepatitis yang paling efektif adalah melakukan imunisasi atau vaksinasi terhadap hepatitis A dan B.

Nah, itulah informasi lengkap tentang penyakit hepatitis, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sudah memabcanya. Dan jangan lupa selalu jaga kesehatan Anda dengan sebaik-baiknya.
Top