Ide Bisnis Online dan Peluang Usaha yang Hampir Tak Pakai Modal Sama Sekali

Komentar

Ide via jefriraymonsitopu.com

Ingin membuka bisnis tapi tidak mempunyai ide bisnis? Oleh karena itu simak artikel ini, disini Anda akan mendapat ide bisnis yang mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak modal.

Inilah Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga - Perkembangan internet dewasa ini membawa pengaruh yang begitu luas terhadap berbagai hal. Misal cara mendapatkan uang dengan bisnis sederhana. Kamu hanya butuh modal yang minim dan bisa bertahan lama. Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide, oleh karena itu kita harus segera mempunyai ide bisnis terlebih dahulu, maka simak artikel ini.

Bagi Anda yang masih pemula, tentunya ingin memulai usaha yang menjanjikan tambahan pemasukan bulanan. Nah, kira-kira bisnis seperti apa yang akan Anda kelola? Anda harus mempunyai ide bisnis terlebih dahulu sebelum membuka usaha.

Artikel ini berisi kumpulan ide bisnis online minim modal yang dapat Anda mulai sekarang juga, ide bisnis online minim modal ini dibuat lengkap dan praktis yang bisa Anda gunakan. Inilah Ide Bisnis Online dan Peluang Usaha yang Hampir Tidak Pakai Modal.


Ide bisnis via setara.net

Ide Bisnis Online:

1. Jualin produk offline lewat online/ reseller online

Kalau Anda punya suatu produk yang biasanya dijual secara offline, Anda bisa mengambil peluang dengan menjual produk tersebut di dunia maya.

Modal utama yang dibutuhkan adalah stok produk serta fotonya untuk pemasaran lewat online.

Kenapa harus bisnis ini?
(+) Banyak bisnis offline yang masih belum masuk ranah online.

Tips pemasaran:

  1. Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Elevenia
  2. Forum Jual Beli Kaskus
  3. Bikin toko online sendiri. Kalau Anda gak mau ribet pakai jasa Jejualan, Jarvis Store, vKios, dan masih banyak lainnya.
  4. Sosial media seperti Facebook, Instagram.


2. Jasa desain grafis (freelance)

Anak DKV atau yang hobi dengan desain, ide bisnis ini layak Anda coba. Pasalnya ini adalah bisnis kreatif dan seni, di mana Anda bisa menonjolkan karakter yang berbeda dari para kompetitor.

Dengan desain grafis ini Anda bisa memberikan jasa berupa pembuatan logo, banner, poster, desain kemasan, web design, 2D & 3D modelling, atau segala macam kebutuhan lainnya, di segala macam industri.

Kenapa harus jasa desain grafis?
(+) Meski pasarnya semakin rame, tapi tingkat permintaan juga meningkat. Tips: cari diferensiasi.
(+) Modal untuk bisnis ini mulai dari Rp 0,-
(+) Waktu fleksibel, bisa kerjain di mana aja.
(+) Bisnis ini biasanya based on passion, maka seharusnya Anda bisa lebih menikmatinya.

3. Bisnis di bidang seni dan kerajinan tangan

Bisnis yang biasanya based on passion ini juga cukup ramai dan semakin populer. Apalagi semenjak pertumbuhan internet dan media sosial semakin eksis, pemasaran bisnis ini bisa semakin mudah menjangkau skala global.

Buat Anda yang merasa memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, maka Anda bisa memulainya dengan ide bisnis ini. Di dalam bidang seni ini sendiri masih banyak loh nichenya, misalnya kerajinan kayu, jahit-menjahit, aksesoris, kertas, lukisan atau fotografi, dan fokus lainnya sesuai dengan kreatifitas Anda masing-masing.

Kenapa harus bisnis di bidang seni dan kerajinan tangan?

  • Bahan bakunya bisa dari apa aja, dari lingkungan sekitar kita.
  • Bisa menuangkan ide kreatif dan idealisme Anda sepenuhnya dengan bisnis ini.
  • Modal yang dikeluarkan itu relatif minim.
  • Tau kan produk tas yang dibuat dari bungkus kemasan bekas? Memenuhi beberapa kriteria di atas, dan yang paling penting itu minim modal.


Untuk pemasarannya sendiri wajib online. Gunakan sosial media seperti Instagram contohnya, dengan syarat Anda mampu menghasilkan foto produk yang menarik.

4. Freelance Fotografer

Sekarang buat Anda yang suka dengan fotografi, maka Anda dapat menjual keahlian ini dengan menjadi freelancer, alias fotografer panggilan. Hobi keren ini semakin populer ditandai dengan banyaknya fitur canggih di smartphone untuk fotografi.

Untuk tahap memulai, sebenarnya Anda gak perlu punya kamera yang canggih, bahkan Anda gak perlu punya kamera DSLR terlebih dulu. Bisa sewa, atau pinjam temen kalau memungkinkan.

Jadi, hal utama dan awal yang harus Anda miliki adalah:
  1. Skill fotografi
  2. Kartu nama
  3. Komputer atau laptop untuk editing
  4. Portofolio sebanyak-banyaknya


Kemudian setelah Anda mempersiapkan hal utama tersebut, Anda harus pilih bidang yang akan ditekuni. Misalnya, event-event tertentu (konser musik, wisuda), foto keluarga, modelling, travelling photographer, foto produk komersial dan lain – lain. Sama seperti bisnis hobi lainnya, maka seharusnya Anda bisa lebih menikmati bisnis ini. Hobi yang menghasilkan uang.

Tips Freelance Fotografer:
  • Untuk tempat portofolio, Anda bisa menggunakan yang gratisan seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, Flickr, atau Instagram.
  • Seperti biasa, pemasaran bisa di website seperti Projects.co.id

5. Bisnis endorsement di Instagram

Berkat sosial media yang satu ini, trend endorsement di Indonesia semakin marak. Banyak akun Instagram yang membuka jasa promosi produk orang lain. Dengan syarat harus bisa menjadi akun influencer.

Artinya yang sukses dalam endorsement itu adalah yang memiliki jumlah pengikut (followers) di atas rata-rata akun awam. Followersnya itu akun beneran ya, bukan bot. Jadi buat Anda yang merasa mampu menggarap banyak followers di Instagram, maka Anda bisa berbisnis dengan cara endorsement. Modal bisnis ini mulai dari Rp 0,-

Tips endorsement di Instagram:
  • Fokus meningkatkan jumlah ‘real followers’.
  • Untuk tahap awal. Anda bisa memberikan jasa endorse secara gratis dan hanya di ayar dengan produk.
  • Setelah permintaan endorse semakin meningkat, maka Anda boleh memberikan tarif yang variatif untuk sekali endorse.


Bisnis via akun.biz

6. Buka les musik private secara online 

Jual keahlian bermusik Anda dengan membuka les musik secara online. Gak harus ketemu langsung, tapi Anda bisa menggunakan video chat secara private.

Hal yang harus Anda persiapkan antara lain:
  1. Koneksi internet yang stabil
  2. Alat rekam yang berkualitas (gambar dan suara)
  3. Dan yang paling penting yaitu alat musiknya sendiri
  4. Modal awal untuk beli peralatan tersebut, kecuali Anda sudah punya semuanya maka modal Rp 0.

7. Guru private online

Pada dasarnya ide bisnis ini sama dengan ide bisnis di poin – poin sebelumnya. Masih seputar ‘berbagi ilmu’, Anda dapat menjual keahlian atau ilmu yang Anda kuasai dengan cara membagikannya kepada orang – orang yang membutuhkan.

Bidangnya sendiri sangat luas, apapun keahlian Anda. Misalnya Anda jago dalam hitung-menghitung, maka Anda dapat menjadi guru matematika, dan lain sebagainya. Hal yang membedakan dengan guru pada umumnya, disini Anda bekerja dalam dunia online.

Kenapa harus online?
(+) Pangsa pasarnya luas, Anda bisa ngajar sampai skala Internasional.
(+) Gak perlu keluar biaya mahal, biasa modal internet dan alat rekam aja.
(+) Waktu fleksibel.

8. Jasa ngerjain tugas sekolah & kampus

Nah kalau yang ini sebenarnya sama dengan ide bisnis sebelumnya, Anda harus punya suatu ilmu lebih di bidang tertentu. Cocok buat Anda yang gak mau jadi guru private online. Bukalah jasa mengerjakan tugas orang lain.

Biasanya target market bisnis ini adalah anak sekolah dan mahasiswa. Memang ide bisnis ini kedengerannya agak konyol, tapi diliat dari keseharian anak sekolah dan mahasiswa dengan tugasnya yang numpuk, maka ide bisnis ini patut Anda pertimbangkan.

Dari segi bisnis, hal yang paling utama untuk membuka jasa ini adalah:
  • Pemasaran dan promosi (target skala besar: 1 Indonesia).
  • Ketepatan pengerjaan, karena tugas sekolah dan kampus itu biasanya dikerjakan H-1.

9. Pembuat & penjual software (programmer)

Bagi Anda yang punya skill IT tinggi dan bisa membuat software, maka Anda bisa menjual jasa Anda sebagai pembuat software suatu perusahaan. Tarif dari pembuat software itu gede banget lho!

Apalagi saat ini semuanya pada migrasi ke dunia digital, itu artinya kebutuhan software semakin meningkat. Dan kalau Anda jago IT + suka main game, Anda bisa buat game programmer!

Tips Game Programmer:
  • Website sejenis Gamasutra bisa jadi tempat Anda untuk menimba ilmu secara gratis.
  • Dan lagi-lagi, Anda bisa menggunakan website seperti Projects.co.id untuk memulai pemasaran di awal bisnis.

10. Jasa Nulis Artikel

Ide bisnis ini ibaratnya versi kecil dari bisnis Ebook, namun keahlian dan kegemarannya masih di bidang yang sama. Anda bisa mencoba untuk membuka jasa nulis artikel untuk segala macam kebutuhan.

Skill yang harus lu kuasai kurang lebih seperti:
  • Menulis dengan deadline.
  • Ilmu sastra yang ‘cukup’.
  • Mampu membuat artikel dalam bahasa Inggris bisa jadi nilai tambah.

Jasa ini sebagian besar dibutuhkan oleh para blogger. Mereka juga biasanya order dalam kuantiti yang cukup banyak. Kalau Anda berminat dengan ide bisnis ini, maka Anda bisa memulainya di Projects.co.id untuk mencari client pertama Anda (freelance).

Nah, itulah ide bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal banyak, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top