Mengapa Doa Sesudah Adzan Disunnahkan untuk Dibaca? Inilah Jawabannya

Komentar

doa sesudah adzan via youtube.com

Adzan sendiri merupakan sebuah pertanda datangnya waktu shalat, dan juga sebagai panggilan atau ajakan bagi kaum Muslimin terutama laki-laki untuk segera meninggalkan segala kegiatannya dan langsung berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Sedangkan iqomah dalam bahasa indonesia sama dengan mengajak atau dapat diartikan sebagai pemberitahuan untuk mendirikan sholat dengan menyebut lafadz-lafadz tertentu.

Pada saat beraktivitas sehari-hari, sering kali kita mendengar suara adzan berkumandang di masjid. Saat mendengar suara panggilan untuk menunaikan sholat tersebut, kebanyakan kita hanya diam, menghentikan aktivitas, atau langsung berangkat menuju masjid terdekat untuk melaksanakan sholat. Padahal ada beberapa amalan sunnah yang dapat kita lakukan sembari mendengarkan adzan.

Salah satu amalan tersebut adalah membaca doa sesudah adzan dan doa sesudah iqomah. Hal ini harus dibiasakan saat beraktivitas sehari-hari.

Nah, bagi Anda yang belum tahu seperti apa lafal dan bacaan doa tersebut beserta artinya, silakan simak pembahasan berikut ini, lengkap dengan landasan hadist atau dalil yang melatarbelakanginya.

Doa Sesudah Adzan

Baik adzan sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, maupun Maghrib, kita disunnahkan oleh Rasululloh SAW untuk mengerjakan beberapa amalan. Seperti yang tercantum dalam Hadist Riwayat Bukhari. Salah satu amalan tersebut adalah membaca doa sesudah adzan yang lafal, latin, dan artinya sebagaimana berikut:

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latinnya :
Allaahumma robba haadzihid da'watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal 'aaliyatar raofii'ata wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtahu, innaka laa tukhliful mii'aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya :
"Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang"

Salah satu keutamaan membaca doa sesudah adzan adalah mendapatkan syafa'at dari nabi Muhammad Saw. Hal tersebut berdasarkan hadist yang artinya :

"Dari Jabbir ra sesungguhnya nabi Saw bersabda : siapa yang mengucapkan sesudah panggilan adzan : Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab'tshu maqamammahmudanilladzi wa'adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa'atku pada hari kiamat." (H.R Bukhari)

Amalan Sesudah Adzan Hingga Iqomah

 
ilustrasi amalan sesudah azan hingga iqomah via islamberilmu.blogspot.com

Seperti yang sering kita dengar bahwa waktu diantara adzan dan iqomah merupakan waktu yang baik untuk berdoa, dimana doa itu akan dikabulkan. Oleh karena itu kita disunnahkan untuk memperbanyak doa pada waktu tersebut.

Hal tersebut berdasarkan hadits yang artinya:

“Dari Anas ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqomah. (H.R Abu daud, Nasa’i dan Turmudzi dan ia mengatakan: Hadits ini hasan lagi sahih). Turmudzi menambahkan lagi. mereka bertanya: Apa yang akan kami baca Ya Rasulullah. Rasulullah bersabda: Mohonlah kepada Allah ampunan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat”

Berikut ini beberapa amalan yang tercantum dalam hadits riwayat Muslim no.384, HR. Bukhari no.614, HR. Muslim no.386, HR. Abu Daud no.524 sebagaimana hal berikut:
  • Pertama yaitu mengucapkan/menjawab kalimat adzan seperti yang diucapkan oleh muadzin.
  • Kedua adalah melafalkan shalawat Nabi dengan lafal “Allahumma sholli ‘ala Muhammad”.
  • Kemudian yang ketiga yaitu membaca kalimat tauhid, yaitu “Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh. Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa”.
  • Keempat yaitu membaca doa sesudah adzan. Doanya seperti yang sudah disajikan di atas.
  • Terakhir atau kelima adalah membaca doa yang menjadi hajat atau keinginan kita. Hal ini karena waktu sesudah adzan merupakan salah satu waktu mustajab di dalam berdoa.

Doa Sesudah Iqomah

Selain ada doa sesudah adzan, ada pula doa sesudah iqomah yang menjadi sunnah untuk kita baca. Doa ini merupakan doa yang paling banyak tidak diketahui kebanyakan muslim. Oleh karena itu, sesudah Anda kini mengetahuinya, silakan amalkan ketika selesai mendengar iqomah dan beranjak menunaikan sholat fardlu. Berikut ini lafal doa sesudah iqomah beserta latin dan artinya :

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Latinnya :
Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya :
"Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada."


Demikianlah bacaan doa sesudah adzan dan doa sesudah iqomah lengkap dengan latin dan juga artinya. Mari kita sama-sama memulai untuk terus mengamalkan doa-doa tersebut di dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga bermanfaat.
Top