Gambaran Neraka Jahanam yang Begitu Mengerikan dan Para Calon Penghuninya

Komentar
bersamadakwah.net
Bahkan bulu kudu Anda akan dibuat kaku saat membacanya...

Kita sebagai manusia wajib mempercayai hari akhir, adanya surga dan neraka. Inilah gambaran neraka jahanam, gambaran neraka menurut al quran, gambaran neraka bagi wanita, gambaran neraka bagi orang yang berzina, gambaran neraka dan penghuninya. Disini akan membahas gambaran neraka dan azab bagi para penghuninya.

Gambaran manusia disiksa di neraka. Orang beragama apapun pasti mempercayai surga & neraka. Agama apapun yg kita anut, pasti sebagai umat manusia kita mempercayai adanya hari akhir.

Mari untuk mulai sadar dan membayangkan kengerian dan kekejaman dari gambaran neraka ini. Jari tersulut api dari lilin / korek api saja sudah sangat panas, apa lagi jika kita terkena api neraka.

Neraka adalah tempat paling mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang telah melakukan banyak dosa. Semua gambaran neraka pasti digambarkan sebagai tempat yang sangat menyeramkan dan dapat membuat takut semua orang yang mendengarnya.

Gambaran neraka dan para penghuninya, neraka merupakan seburuk-buruknya tempat untuk kembali. Ketika orang kafir dilemparkan ke dalam neraka, maka neraka pun akan teriak.

Kita sering mendengar tentang gambaran neraka jahanam, begitu menakutkannya gambaran neraka itu, banyak yang mengetahui juga bahwa penghuni neraka sebagian besar adalah wanita. Disini kita juga akan mengetahui gambaran neraka bagi wanita.

  rec.or.id

Selain itu kita juga akan membahas gambaran neraka dan penghuninya. Namun, sebelum kita membahas gambaran neraka dan penghuinya, kita harus mengetahui gambaran neraka menurut al quran terlebih dahulu.

Gambaran Neraka Menurut Al-Qur’an :

Berikut ini kami suguhkan tentang gambaran neraka menurut Al-Qur’an. Di antaranya adalah firman Allah Ta’ala:

هَذَانِ خَصْمَانِ اخْتَصَمُوا فِي رَبِّهِمْ فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الْحَمِيمُ

Yang artinya : “Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka, orang kafir akan dibuatkan untuk pakaian-pakaian mereka yang terbuat dari api neraka. Lalu, disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka” (QS. Al-Hajj: 19).

Lalu, para penghuni neraka akan dikenakan untuk mereka pakaian yang terbuat dari aspal yang lalu dibakar dengan api neraka. Tidak cukup itu saja, Al-Hamim (air yang sedang mendidih, dan sangat panas) akan disiramkan ke atas kepala mereka, kemudian kita berlindung hanya kepada Allah agar tidak menjadi ahli neraka.

Kemudian Allah melanjutkan:

يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُودُ

Yang artinya : “Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka, dan juga kulit (mereka)” (QS. Al-Hajj: 20).
Betapa dahsyat panas air tersebut. Saat disiramkan di atas kepala, maka air tersebut akan menghancurkan isi perutnya, dagingnya, dan ususnya. Isi perutnya meleleh karena panasnya air neraka yang mendidih tersebut. Sehingga kulit mereka juga meleleh. Kita memohon keselamatan kepada Allah dari beratnya siksa neraka.

Selanjutnya Allah berfirman:

وَلَهُمْ مَقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ

Yang artinya : “Dan untuk mereka cambuk-cambuk yang terbuat dari besi” (QS. Al-Hajj: 21).
Maqami’ itu semacam palu atau martil dari besi yang dipukulkan ke kepala mereka. Maka, ketika mereka hendak keluar dari neraka, dipukulkan martil-martil tersebut di atas kepala mereka supaya siksa tidak terputus dari mereka.

كُلَّمَا أَرَادُوا أَنْ يَخْرُجُوا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا فِيهَا وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ

Yang artinya : “Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): "Rasailah adzab yang membakar ini".” (QS. Al-Hajj: 22).

Dalam ayat lain, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

Yang artinya : “Sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (QS. Muhammad: 15)
Benar saja, lalu mereka dipaksa untuk meminum air neraka yang sangat mendidih dan sangat panas dan menghancurkan seluruh isi perutnya.

Sesungguhnya panasnya api neraka Jahannam tidak tertandingi. Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam, mengabarkan, panasnya lebih dari 70 kali dari panasnya api yang ada di dunia.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala, menggambarkan tentang tikar dan selimut ahli neraka,

لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ

Yang artinya : “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka terdapat selimut (yang terbuat dari api neraka)” (QS. Al-A’raf: 41).
Dari bawah penghuni neraka ada tikar yang terbuat dari api neraka, sedangkan dari atasnya mereka diselimuti dengan selimut yang terbuat dari api neraka juga. Dari sini, dapat kita padukan dengan ayat-ayat yang lain, bahwa para penghuni neraka akan dipakaikan baju dari aspal neraka lalu dibakar, tikar dari neraka, selimut dari neraka, dan juga cambuk (martil) yang terbuat dari besi.

Allah Ta’ala menyebutkan tentang angan-angan (keinginan) para penghuni neraka, yaitu kematian. Mereka ingin sekali mati, sehingga tidak merasakan adzab neraka yang maha (sangat) dashsyat. Hal ini sebanding dengan angan-angan (keinginan) mereka selama di dunia, yaitu mereka hanya berangan, dan berhayal dapat hidup seribu tahun, atau lebih. Mereka sangat cinta terhadap kehidupan di dunia yang bersifat sementara ini. Sedangkan di akhriat mereka sangat berharap agar bisa mati. Tapi, kita hanya berlindung kepada Allah agar tidak menjadi dari bagian orang-orang kafir.

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا

Yang artinya : “Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati, dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya” (QS. Faathir: 36).
Yakni, dia tidak mati, dan tidak akan diringankan adzabnya.

Saat di neraka, adzab tidak akan dihentikan barang sejenak, karena yang menyiksa adalah para malaikat yang sudah Allah bekali dengan kekuatan luar biasa. Mereka tidak mengenal lelah, atau capek sehingga tidak ada istirahat dari siksa bagi penghuni neraka. Setiap detik, setiap menit, dan setiap jam penghuni neraka disiksa tanpa henti, dan mereka tidak bisa mati.
Seperti dalam ayat berikut :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

Yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al-Nisa’: 56).

Itulah penjelasan tentang gambaran neraka menurut al quran, begitu mengerikannya gambaran neraka itu. Dan, dibawah ini akan menjelaskan tentang gambaran neraka Jahanam.

Gambaran Nerakan Jahanam Menurut Islam:

Kata “Jahanam” yang berasal dari bahasa arab ini bermakna neraka tempat penyiksaan yang memiliki tujuh pintu dan setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Adapun gerbang jahannam dijaga oleh malaikat yang bernama  Malik dan Zabaniyah.

Tempat ini merupakan neraka yang penuh dengan berbagai macam siksa. Maka celakalah, orang akhirnya masuk ke dalamnya. Semoga kita selalu dihindarkan dari siksa jahanam.

Sebagaimana dalam Firman Allah SWT, “Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat”. (QS. Ghafir: 46)

Terdapat banyak sekali azab yang akan diberikan kepada para penghuni jahanam. Azab tersebut ditimpakan kepada merek golongan manusia yang tidak mematuhi perintah Allah SWT. Berikut beberapa gambaran neraka jahannam menurut islam sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan As-sunnah:

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.” (Al-Hijr: 43)
“Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (QS. Furqan: 66)

Gambaran neraka jahannam seharusnya membuat kita berhati-hati dan takut. Sebab Allah sendiri menjelaskan bahwa Jahannam adalah tempat kembali paling buruk, yang berarti tidak ada yang lebih buruk lagi dari Jahannam.

Kita harus berhati-hati agar tidak mengikuti langkah-langkah setan sehingga kita termasuk golongan / pengikutnya.

Hal-hal yang paling sulit penanganannya adalah mengikuti setan tetapi kita tidak merasa telah mengikutinya. Setan adalah senyata-nyatanya musuh. Dalam Al-Qur’an disebutkan sebagai aduwwun mubin. Tetapi sangat-sangat lupa.

Setan akan menggoda kita dengan berbagai cara agar manusia tergelincir dari jalan Allah. Termasuk dengan kesenangan atau keindahan. Seperti yang termaktub dalam Al-Qur’an

“Ia (Iblis) berkata, ‘Tuhanku, oleh karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi, dan aku akan menyesatkan mereka semuanya.” (QS. Al-Hijr: 39)

Azab yang Paling Ringan di Neraka Jahannam:

Sebagaimana Nu’man Bin Basyir ra menjelaskan bahwa : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya seringan-ringan siksaan siksaan penghuni Neraka pada hari Qiamat ialah seseorang yang diletakkan di bawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak yang ada di kepalanya. (dari sebab panasnya kedua bara api neraka tersebut) Dia mengira bahwa tidak ada orang lain yang lebih dashyat siksaan daripadanya, padahal dialah orang yang paling ringan siksaannya”. Diambil dari Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim.

Selain itu, Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri yang mana beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa, pada saat menyebut-nyebut paman beliau, Abu Thalib, “Mungkin syafaatku akan menolongnya pada hari kiamat, sehingga ia dapat ditempatkan di bagian neraka yang dangkal, dimana api neraka akan menjalar sampai ke pergelangan kakinya yang menyebabkan otaknya mendidih”.

Setelah kita membahas tentang gambaran neraka menurut al quran dan gambaran neraka jahanam, sekarang kita akan membahas gambaran neraka bagi wanita dan juga membahas tentang gambaran neraka dan penghuninya.

Gambaran neraka bagi wanita :

Rasulullah s.a.w bersabda:
'Aku pernah melihat di dalam syurga lalu aku melihat yang terbanyak ahli syurga ialah orang-orang fakir dan aku juga melihat di dalam neraka lalu melihat yang terbanyak ahli neraka ialah perempuan-perempuan. Demikian itu kerana kurang baktinya kepada Allah dan kepada suami mereka serta kebanyakan mereka menghias diri seindah-indahnya (berkelebihan jika hendak keluar rumah).'

'Tabarruj adalah apabila seorang perempuan hendak keluar dari rumahnya, maka ia memakai pakaian yang terbagus serta yang memperindah gaya berpakaian dan mempercantik diri dan keluar untuk membuat manusia lain terpesona terhadap dirinya. Dan jika ia selamat/tidak terjadi gangguan apa-apa pada dirinya, maka manusia(yang melihatnya) tidaklah mudah selamat dari godaan perempuan tadi.'

Wanita itu aurat dan kerana hal ini, maka Nabi s.a.w bersabda:

'Seorang perempuan itu aurat(tercela bagi perempuan yang terang-terangan dihadapan lelaki lain).
Oleh kerana itu jika ia keluar dari rumahnya, maka ia dilirik oleh syaitan(untuk disasarkan).'

Dan lebih dekatnya perempuan di sisi Allah adalah jika ia berada di rumahnya. Dan dalam riwayat lain:

'Seorang perempuan itu aurat kerana itu kekanglah mereka dirumah sebab seorang perempuan itu jika keluar menuju jalan lalu bertanyalah keluarganya kepadanya: kemana kamu hendak pergi? Dia menjawab: Aku akan menjenguk orang sakit dan mendatangi jenazah. Maka syaitan tak henti-hentinya menggoda perempuan tadi hingga ia menampakkan lengannya dan ia tidak mencari keredaan Allah sebagaimana jika ia berada di rumahnya dan menyembah Tuhannya dan berbakti kepada suaminya.'

Termasuk dosa besar adalah seorang perempuan yang telah bersuami keluar dari rumahnya tanpa seizin suaminya, biarpun dia keluar kerana kematian salah seorang dari kedua orang tuanya.

    tribunnews.com

Gambaran neraka dan penghuninya:

1. Neraka Jahannam
Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surat Al-hijr ayat 43.

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ

Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.(Qs. Al-hijr ayat 43)

2. Neraka Jahim
Neraka ini adalah urutan ke-2 dan calon penghuninya.
Allah berfirman:

إِنَّا جَعَلْنَٰهَا فِتْنَةًۭ لِّلظَّٰلِمِينَ إِنَّهَا شَجَرَةٌۭ تَخْرُجُ فِىٓ أَصْلِ ٱلْجَحِيمِ طَلْعُهَا
كَأَنَّهُۥ رُءُوس ٱلشَّيَٰطِينِ فَإِنَّهُمْ لَءَاكِلُونَ مِنْهَا فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُونَثُمَّ إِنَّ لَه عَلَيْهَا لَشَوْبًۭا مِّنْ حَمِيمٍۢ ثُمَّ إِنَّ مَرْجِعَهُمْ لَإِلَى ٱلْجَحِيمِ إِنَّهُمْ أَلْفَوْا۟ ءَابَآءَهُمْ ضَآلِّينَ

"Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka Sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah Makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. kemudian Sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim. Karena Sesungguhnya mereka mendapati bapak-bapak mereka dalam keadaaan sesat." (Qs. Ash-shaffaat ayat 63-69)

Neraka Jahim adalah tempat penyiksaan untuk orang-orang sesat atau orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah dan orang-orang yang zalim. Mereka akan disiksa oleh apa yang mereka sembah atau mereka sekutukan.

3. Neraka Hawiyah
Neraka yang ke-3 adalah neraka Hawiyah. Adapun orang yang akan menjadi calon penghuni neraka ini adalah orang yang ringan timbangan kebaikannya sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT. dalam Al-Quran Surat Al-Qari'ah ayat 9-10.

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ فَأُمُّهُۥ هَاوِيَةٌۭ وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا هِيَهْ نَارٌ حَامِيَةٌۢ

"Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?  (yaitu) api yang sangat panas." (Qs. Al-Qari’ah ayat 8-11)

Neraka yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ringan timbangan amal perbuatannya, yaitu mereka yang mengerjakan amal kebaikan bercampur dengan amal mungkar atau amal kejahatan.

Orang islam laki-laki dan perempuan yang tindakan serta amalannya tidak sesuai dengan tuntutan dalam agama Islam, seperti para wanita muslim yang tidak menggunakan jilbab, bagi para lelaki muslim yang sering memakai pakaian yang terbuat dari sutra dan perhiasan emas, mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan sebagainya, Hawiyah adalah sebagai tempat tinggalnya.

4. Neraka Wail
Urutan neraka ke-4 adalah neraka Wail. Neraka ini disediakan untuk para pedagang-pedagang dan para pengusaha yang suka curang, yaitu dengan mengurangi timbangan atau mencampurkan barang-barang yang sudah tidak layak dengan barang bagus, mencalokan barang dagangan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Barang dagangan mereka itu akan dibakar dan dimasukkan kedalam perut mereka sebagai azab atas perbuatan dosa-dosa mereka. Dan juga orang yang lalai dalam shalat, berbuat riya serta orang yang tidak mengeluarkan zakat. Calon penghuni neraka wail sebagaimana tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Muthaffifin, ayat 1-3.

وَيْلٌۭ لِّلْمُطَفِّفِينَ ٱلَّذِينَ إِذَا ٱكْتَالُوا۟ عَلَى ٱلنَّاسِ يَسْتَوْفُونَ وَإِذَا كَالُوهُمْ أَو وَّزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ

"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi,Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi." (Qs. Al-Muthaffifin ayat 1-3)

Dalam ayat lain, Allah swt. berfirman:

فَوَيْلٌۭ لِّلْمُصَلِّينَ ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ٱلَّذِينَ هُمْ يُرَآءُونَ وَيَمْنَعُونَ ٱلْمَاعُونَ

"Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan (menolong dengan) barang berguna." (Qs. Al-Ma’un ayat 4-7)

 Allah menjelaskan tentang gambaran neraka wail yaitu dihuni oleh orang-orang yang lalai dalam mengerjakan shalat artinya mengakhirkan shalat dari waktunya, atau suka meremehkan shalat baik dalam hal mengadakan senda didalam shalatnya ataupun yang lain. Kemudian adalah orang-orang yang berbuat riya, yaitu melakukan sesuatu amal perbuatan tidak untuk mencari keridhaan Allah akan tetapi untuk mencari pujian atau kemasyhuran di masyarakat

5. Neraka Sa'iir
Adapaun neraka Sa’iir berada pada posisi ke-5. Calon penghuni neraka Sa’ir adalah orang-rang yang suka memakan harta anak yatim, dan orang-orang kafir sebagaimana telah dijelaskan oleh Allah SWT. dalam Al-quran yaitu sebgai berikut ini:

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَٰلَ ٱلْيَتَٰمَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِى بُطُونِهِمْ نَارًۭا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًۭا

"Sesungguhnyaorang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)." (QS. Surat An Nisa Ayat 10)

6. Neraka Saqar
Neraka yang ke-6 adalah neraka Saqar sebagai tempat kembali untuk orang munafik, yaitu orang yang mendustakan perintah Allah dan rasul. Mereka mengetahui bahwa Allah SWT. sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Rasul Mustafa Muhammad SAW., tetapi mereka meremehkan syariat Islam. Penghuni Neraka ini  telah dijelaskan dalam Al-Quran didalamnya ditempati orang-orang penyembah berhala.

Allah SWT. berfirman:

مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَ قَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَ وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ ٱلْمِسْكِينَ وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ ٱلْخَآئِضِينَ وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ ٱلدِّينِ حَتَّىٰٓ أَتَىٰنَا ٱلْيَقِينُ 

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?".  mereka menjawab: "Kami dahulu tidak Termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan Kami tidak (pula) memberi Makan orang miskin, dan adalah Kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah Kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian". (Qs. Al-Muddasir ayat 42-47).

7. Neraka Huthamah
Neraka yang berada pada urutan terkahir adalah neraka Huthamah yaitu pda posisi ke-7. Neraka ini disediakan untuk orang-orang yang suka mengumpulkan harta benda berupa emas, perak, platina dan lainnya namun tidak mau mengeluarkan zakat disebabkan kekikiran mereka dan takut miskin dan mereka juga menghina orang miskin.

Di dalam neraka Huthamah, harta benda yang mereka kumpulkan akan dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksaan kepada manusia pengumpul harta. Firman Allah SWT:

وَيْلٌۭ لِّكُلِّ هُمَزَةٍۢ لُّمَزَةٍ ٱلَّذِى جَمَعَ مَالًۭا وَعَدَّدَهُۥ يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُۥٓ أَخْلَدَهُۥ  كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ    

"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah." (Qs. Al-Humazah ayat 1-4)

Itulah gambaran neraka bagi wanita dan gambaran neraka dan penguninya. Sekarang kita akan membahas gambaran neraka bagi para pezina.

Karena sekarang banyak pemuda yang berpacaran, dan akibat dari pacaran itu mereka melakukan zina, padahal zina sudah termasuk ke dalam dosa besar. Berikut ini kita akan membahas neraka bagi para pezina.

Gambaran Neraka Bagi Orang Yang Berzina:

1. Tidak Akan Diajak Bicara Oleh Allah Saat Hari Kiamat
Hukuman pertama yang akan diperoleh pelaku zina adalah mereka tidak akan diajak oleh Allah SWT saat hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“Tiga orang yang tidak akan diajak berbicara oleh Allah pada hari kiamat dan tidak akan dilihat serta disucikan, pun bagi mereka adzab yang pedih; seorang tua yang berzina, raja yang pendusta, dan orang miskin yang congkak.” (Diriwayatkan Muslim, An-Nasa’i, dan Ibnu Mandah dari Abu Hurairah)

2. Kekal dalam Neraka
Orang yang berzina semasa hidupnya ternyata akan menjadi penghuni kekal di neraka kelak. Seperti yang diketahui bahwasanya neraka merupakan tempat pembalasan bagi orang-orang yang berbuat dosa selama hidup di dunia. 

Selain akan kekal di dalam neraka, Allah juga akan melipatgandakan azab bagi para pelakunya. Bahkan mereka akan di siksa dalam keadaan yang terhina, kecuali bagi mereka yang bertaubat sewaktu masih hidup. 

3. Dijilat Api Neraka
Siksaan selanjutnya yang akan diperoleh orang yang gemar melakukan zina adalah, mereka akan diazab dengan dijilat api neraka. Jelas bahwa api neraka itu akan sangat panas, dan mereka akan melolong karena panas yang sangat dahsyat tersebut. 

Para ulama berkata, “Ini adalah hukuman bagi pezina perempuan dan laki-laki yang masih bujang, belum menikah di dunia. Jika sudah menikah walaupun baru sekali seumur hidup, maka hukuman bagi keduanya adalah dirajam dengan bebatuan sampai mati. Demikian pula telah ternaskan dalam hadits dari Nabi bahwasanya jika hukuman qishash ini belum dilaksanakan bagi keduanya di dunia dan keduanya mati dalam keadaan tidak bertaubat dari dosa zina itu, niscaya keduanya akan diadzab di neraka dengan cambuk api.”

Dalam kitab Zabur tertulis, “Sesungguhnya para pezina itu akan digantung pada kemaluan mereka di neraka dan akan disiksa dengan cambuk besi. Maka jika mereka melolong karena pedihnya cambukan, malaikat Zabaniyah berkata, ‘Ke mana suara ini ketika kamu tertawa-tawa, bersuka ria dan tidak merasa diawasi oleh Allah serta tidak malu kepada-Nya.’”

4. Ditempatkan di Pintu Neraka Paling Busuk Baunya
Selain dijilat oleh api neraka, para pelaku zina juga akan ditempatkan di dalam neraka yang paling busuk baunya. 

Tentang tafsir bahwa Jahannam itu ‘ia memiliki tujuh pintu‘ (Al-Hijr: 44), Atha’ berkata, “Pintu yang paling hebat panas dan sengatannya dan yang paling busuk baunya adalah pintu yang diperuntukkan bagi para pezina yang berzina setelah mereka tahu keharamannya.”

Makhul ad-Dimasyqiy berkata, “Para penghuni neraka mencium bau busuk berkata, “Kami belum pernah mencium bau yang Iebih busuk dari bau ini’. Dijelaskan kepada mereka, ‘ltulah bau kemaluan para pezina.”

Ibnu Zaid, salah seorang imam dalam bidang tafsir berkata, “Sesungguhnya bau kemaluan para pezina itu benar-benar menyiksa para penghuni neraka. 

Demikian informasi dari gambaran neraka, begitu dahsyatnya dan kejamnya siksa neraka itu. Maka sebelum terlambat sebaiknya kita segera bertobat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah, agar kita dijauhkan dari api neraka.
Top