Waspada Kejahatan di Tempat Umum, Ini Cara Dan Doa Untuk Menghindarinya

Komentar

Foto via tribunnews.com

Umum, biasanya bulan Ramadhan kejahatan semakin marak 

Menjelang lebaran kejahatan meningkat, tak tanggung-tanggung pelakunya beraksi di keramaian dan tempat umum, untuk itu perlu menjaga diri dan membekali diri dengan berbagai cara ini

Beberapa bentuk kejahatan memang mustahil dicegah; namun pada dasarnya, ada berbagai tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan menjadi target kejahatan di tempat umum, pun untuk melindungi diri seandainya Anda telanjur diserang. Ingin tahu informasi selengkapnya? Baca terus artikel ini!

Tidak hanya dipelopori oleh kasus ekonomi, buruknya moral seseorang juga kemudian mendorong untuk melakukan kejahatan seperti tindak asusila dan kejahatan-kejahatan amoral lainnya.

Memang kondisi ini sangat memperhatinkan, tapi apa yang bisa kita lakukan? Meski banyak upaya penekanan tindak kriminal telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun aparar hukum, namun cara ini sama sekali tidak bisa menghapus atau bahkan sekedar mengurangi tingginya angka kejahatan Indionesia.

Baca juga : Ungkapan Fauzi Baadila Saat di Perbatasan Suriah, yang Dianggap Nerakanya Dunia

Ini terbukti dengan banyaknya kasus dan laporan kejahatan yang setiap hari grafiknya cenderung meningkat apalagi menjelang lebaran 2018. Lalu hal apa yang sebaiknya kita lakukan saat menghadapi situasi seperti ini?

Beberapa hari terakhir, warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii pada hari Minggu (27/5/2018) kemarin.

Berdasarkan keterangan dalam video tersebut, kejadian ini berlangsung di Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Bandung, MInggu (27/5/2018) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam video tersebut, terlihat sekelompok pemuda mengendarai sepeda motor dan membawa bendera.

Terlihat dua orang dalam kelompok itu mengendarai motor secara berboncengan.

Pria dengan jaket dan topi hitam tampak membawa senjata tajam berupa pedang.

Dia tampak mengacung-acungkan senjata tajamnya ke udara dan digesekkan dengan jalanan aspal.

Ironisnya, pria ini juga mengacungkan pedangnya ke pengendara lain yang melaju dari arah sebaliknya.

Terlihat para pengendara roda dua dan empat tampak menyingkir.

Saat melintasi tikungan, pria itu tampak menggesekkan pedangnya ke jalan sehingga muncul percikan api.

Dirinya dibonceng oleh pria yang mengenakan jaket berwarna putih-biru.

Sementara motor yang dikendarainya tampak tidak menggunakan plat nomor.

Berikut video yang dimaksud: 

Kajian kali ini kita akan membahas sedikit tentang disiplin,, . . Melalui puasa Allah SWT ingin menjadikan manusia agar bertaqwa sebagai manusia yang memiliki harkat kemanusiaannya dalam mematuhi ketentuan untuk dilaksanakan dan tidak melakukan yang dilarang agama . . Sigmund Freud mengatakan, perilaku manusia dikuasai dari perut ke bawah. Kalau tak bisa mengendalikan bagian perut dan ke bawahnya, manusia akan kehilangan kemuliaan. Dengan berpuasalah maka manusia dilatih mengendalikan penglihatan, pembicaraan, pendengaran sampai ke bagian perut dan bagian bawah perut . . Berpuasa melatih orang untuk disiplin taat aturan meskipun dia sendiri sebenarnya bisa melanggar untuk hal-hal yang bisa membatalkan puasa, karena tidak ada orang lain tahu. Dengan demikian melatih kejujuran tidak membohongi diri sendiri dan melatih selalu ingat bahwa Allah Maha melihat segala sesuatu yang kita lakukan . . . Video by: twitter.com/Ario72446053 . Article by: @dudi_abi . . Location: Jl. Pacuan Kuda Arcamanik, Bandung . . . . ________________________________________________ Keep tagging your citizen journalism photo/video with @sekitarbandungcom to get featured! ________________________________________________ Kerjasama media partner atau promosi produk hub. Whatsapp/Line/Telegram 0856 220 6633 . . . #sekitarbandung #sekitarbdg #sekitarbandungcom #quotessekitarbandung #cimahi #bandung #bandunginframe #explorebdg #explorebandung #discoverbandung #jelajahbandung #ngaprakbandung #bandungbanget #infobandungkota #infobandungraya #infobandung #infobdg #infobdgcom #prfmnews #infocimahi #instasunda #bandungjuara #wisatabandung #wisatabdg #viral #hits #trending #ngabuburit #ramadhan
A post shared by BANDUNG (@sekitarbandungcom) on

Tak berselang lama, beredar video pria pembawa senjata tajam tersebut meminta maaf dengan menggunakan bahasa Sunda.

Belum diketahui identitas pria tersebut‎.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan adanya kerusuhan di Desa Cilampeni, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung, Minggu (27/5/2018) malam.

Kerusuhan tersebut melibatkan dua kelompok berandalan bermotor.

Melansir dari TribunJabar, "Ya, soal itu, kedua kelompok sudah kami panggil. Saya tegaskan jangan main-main," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Pos Pol Cileunyi, Senin (28/5).

Bahkan, dirinya mengultimatum kelompok tersebut.

Kapolda menambahkan, pihaknya akan menindak tegas setiak aksi sok jagoan mereka.

"Silahkan saja main-main di Bandung, konsekuensinya saya sikat. Yang pasti Bandung aman," katanya.

Berdasarkan informasi yang beredar, seorang pemuda bernama Handi Permana (25) menjadi korban dalam kerusuhan tersebut.

Kasus itu bermula saat salah satu kelompok, diduga XTC, menggelar pembagian takjil di kawasan Kecamatan Margaasih.

Dalam perjalanan pulang, mereka melewati Jalan Ketapang.

Namun saat melintasi lokasi kejadian, mereka dicegat kelompok bermotor lainnya, diduga GBR.

Kelompok XTC sempat menghindar, namun tak berselang lama pencegatan kelompok GBR kembali terjadi.

Baca juga : Ini Fakta Dibalik Hebohnya Foto Jenazah yang Dibuang di Semak TPU DKI

Kemudian, kedua kelompok ini rusuh hingga dibubarkan oleh warga.

Kejahatan semakin meningkat kita harus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari kejahatan, adapun doa sehari-hari dan cara menghindari kejahatan.

Amalan perlindungan diri dari kejahatan

1.  Bacaan Rutin

Ingat, syaitan bukan takut kepada ayatnya. Tapi takut terhadap Allah yang memiliki ayat itu. Jadi pahami artinya dan pusatkan hati untuk memohon pada Allah agar melindungi diri kita. Dan bukan memohon pada ayat untuk melindungi kita, apalagi pada sesama mahluk. 

Bahkan pengalaman pribadi kami, hanya dengan memahami dan menghayati Al Ikhlas sekalipun sudah cukup untuk melakukan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kesurupan).

Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.
(3x sesudah Shalat Subuh, Shalat Maghrib, dan Sebelum Tidur)

Ayat Kursi
(Sesudah shalat, dan sebelum Tidur)

Doa :
A’uudzubi kalimatillahi tammati minsyarri maa kholaq
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan mahlukNya
(3x Sesudah subuh dan Sesudah Magrib)
Riwayat hadits :
khaulah binti Hakim, “Saya mendengar Rasulullah bersabda. “barang siapa ada di suatu tempat kemudian membaca doa itu. Maka tidak ada suatu apapun yang membahayakannya sampai ia meninggalkan tempat itu.”(HR. Muslim).

Dari Abi Hurairah RA, sesungguhnya Nabi SAW bersabda " Barangsiapa yang di waktu sore mengucapkan tiga kali, maka segala racun dan binatang penyengat yang beracun tidak akan membahayakannya pada malam itu" (HR At Tirmidzi dan Ahmad)

Doa :
Bismillahilladzii laa yadhurru ma asmihi syai’un fil ardhi walaa fissama’i wahuwassami’ul ‘aliim

“Dengan nama Allah yang tidak ada apapun akan membahayakan atas namaNya, baik di langit maupun di bumi, dan Dia Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”  (3x Sesudah subuh dan Sesudah Magrib)

Riwayat Hadits :
Dari Ustman bin Affan RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Tiada seorang hambapun yang mengucapkan setiap pagi dan petang sebanyak tiga kali, pasti tidak ada sesuatupun yang dapat membahayakannya" (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Doa Perlindungan dari musibah :

Alloohumma anta robbi laa ilaaha illa anta, ‘alaika tawakkaltu wa anta robbul ‘arsyil azhiim. Maasyaa alloohu kaana wamaa lam yasya’lam yakun. Laa hawla walaa quwwata illaa billaahil ‘aliiyyil ‘azhiimi, a’lamu annallaaha ‘alaa kulli syai’in qodiir, wa annallooha qod ahatho bikulli syai’in ‘ilmaan. Alloohumma inni a’uudzubika min syarri nafsi, wamin syarri kulli daabbatin anta khidzumbinaa shiyatihaa. Inna robbi ‘alaa shirootim mustaqiim.

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada Tuhan selain Engkau. KepadaMu aku bertawakal, dan Engkau Tuhan pemilik ‘Arasy yang agung. Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendakiNya pasti tidak akan terjadi. Tiada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Aku tahu bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan bahwasanya ilmu Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku, dan dari kejahatan mahluk yang berada dalam kekuasaanMu. Sesungguhnya Tuhanku selalu menunjukkan jalan yang lurus. (Setiap Pagi dan Sore)

Riwayat hadits :

Diriwayatkan dari Thalaq bin habib, dari Abu Darda’, Rasulullah saw bersabda :
Barang siapa membacanya di awal siang (Pagi/Dhuha), dia tidak akan ditimpa musibah sampai sore, dan barang siapa membacanya di akhir siang (Sore/Setelah Ashar), maka dia tidak akan tertimpa musibah hingga pagi hari.

Catatan :
Semua bacaan di atas bisa dibacakan ke air lalu di minum, atau bisa dibaca ke telapak tangan lalu diusapkan di wajah, ubun-ubun, telinga, dada dan perut atau bagian tubuh lain. Terutama jika merasa ada gangguan yang tidak wajar. Tidak harus dibaca 3x secara saklek. Tapi makin banyak makin baik.

Doa Mohon Petunjuk

Alloohumma arinal haqqa-haqqa warzuqnat tiba’ah, wa arinal baathila-baathila warzuqnaj tinabah
Ya Allah tunjukkanlah bahwa yang benar adalah benar, dan berikan kami kekuatan untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah bahwa yang bathil adalah bathil, dan berikan kami kekuatan untuk menjauhinya. (Dibaca pada sujud terakhir tiap sholat)

Doa Perlindungan Dari Fitnah dan adzab

Alloohumma inni a’udzubika min ‘adzaabil qobri wamin ‘adzaabannar wamin fitnatil mahya wal ma maati wamin fitnati masiihi dajjal

Ya Allah, aku berlindung padaMu dari adzab kubur, dan dari adzab neraka, dan dari fitnah kehidupan, dan dari fitnah kematian, dan dari fitnah Almasih Dajjal. (Dibaca Pada Tasyahud Akhir setelah sholawat ibrahimiyah)

2.  Bacaan Tambahan

  1. Biasakan mengucap basmallah ketika :
  2. Memasuki suatu rumah
  3. Sebelum makan
  4. Sebelum masuk kamar mandi/toilet/buang air di tempat terbuka
  5. Sebelum membuka pakaian/telanjang
  6. Sebelum berhubungan suami istri (Bagi yang sudah menikah !!)
Biasakan berdoa sebelum bepergian kemanapun :

Bismillahi tawakkaltu alallooh, laa hawla walaa quwwata illabillaah

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya

Doa mohon kesehatan, rejeki, dan lain lain

Robbigfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa ‘afini wa’fu ani

Wahai Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, tutupilah aibku, angkatlah derajatku, berilah aku rizki, tunjukilah aku, sehatkanlah aku, dan maafkan kesalahaan-kesalahanku

Doa kesempurnaan nikmat

Alloohumma inni ashbahtu minka fi ni’matin wa ‘aafiyatin wa sitrin, fa atimma ‘alayya ni’mataka wa ‘aafiyataka wa sitroka fid dun-ya wal aakhiroh.

“Ya Allah sesungguhnya aku berpagi hari dariMu dalam kenikmatan, pertolongan, dan perlindungan. Maka sempurnakanlah bagiku nikmatMu, pertolonganMu, dan perlindunganMu, di dunia dan akhirat.”

Shalawat Ibrahimiyyah

Alloohumma sholli ’ala Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad. Kama sholaita ‘alaa Ibrahiim, wa ‘alaa aali Ibroohiim, Wa baarik ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad. Kama baarokta ‘alaa Ibroohiim, wa ‘alaa aali Ibroohiim fil ‘alamiin. Innaka hamiidun majiid.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim a.s. dan keluarganya. Berikanlah keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, dan keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan berkah kepada Nabi Ibrahim a.s. dan keluarganya di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung
Keterangan :
Shalawat ini adalah bentuk shalawat untuk Nabi yang paling sempurna yang diajarkan oleh Nabi saw. Oleh karenanya para ulama mengistimewakan bentuk shalawat ini karena adanya kesepakatan atas keabsahan riwayat yang menurunkan hadis ini.

Syaikh Ahmad ash-Shawi berkata: “Imam Bukhari telah meriwayatkan dalam beberapa kitabnya bahwa Nabi saw- bersabda: Barangsiapa membaca shalawat ini, maka aku akan memberikan kesaksian padanya di hari kiamat dan aku akan menolongnya.

7 Cara Menghindari Kejahatan di Jalan 

1. Amati keadaan di sekeliling Anda, dan jangan biarkan pikiran Anda kosong 

Waspada, dan waspada, menjadi kata kuncinya. Anda mungkin pernah mendengar bagaimana pelaku kejahatan yang menggunakan cara hipnotis menguasai korbannya? 

Mereka dikuasai ketika pikiran mereka sedang kosong atau tidak konsentrasi. Bahkan pelaku kejahatan saat ini bisa melancarkan aksinya hanya melalui telepon. Ketika Anda begitu terpaku pada tumpukan pekerjaan di meja kerja, atau pada suatu aktivitas tertentu, Anda tak sadar bahwa Anda menjadi lengah. Saat itulah pelaku kejahatan beraksi. 

2. Pastikan kunci rumah masih berfungsi dengan baik 

Pastikan pintu atau jendela rumah dilengkapi selot atau kunci yang masih baik, tidak berkarat sehingga mudah dijebol. Bila pintu dan jendela terkunci rapat, tak akan ada orang yang mudah keluar-masuk dengan melompati jendela, misalnya.

 Bila mungkin, pasang perangkat keamanan yang mudah di-install di kusen jendela untuk perlindungan ekstra. Memasang teralis di pintu dan jendela juga akan membantu. 

3. Kenali tetangga Anda Inilah gunanya bersosialisasi dengan tetangga. 

Anda akan tahu masalah apa yang sedang terjadi di lingkungan perumahan Anda, misalnya soal pencurian yang sedang sering terjadi. Dengan bersosialisasi, Anda juga akan berbagi informasi mengenai cara menghindarinya. 

Bila memang sering terjadi pencurian, jangan ragu melaporkan pada pengembang perumahan. 

Tak jarang pengembang perumahan memberikan pengamanan ekstra ketika ada laporan resmi dari warganya. Ketika suatu kelompok berusaha mengatasi masalah semacam ini bersama-sama, pengaruhnya pun akan lebih besar daripada jika Anda berjuang sendiri. 

4. Jangan terlalu percaya pada tamu yang tak dikenal 

Anda sering mendengar cerita-cerita tentang seseorang yang mengetuk rumah dan mengatakan diminta kenalan Anda untuk mengambil barang atau membayar sesuatu. Tetapi ketika tamu semacam ini datang ke rumah Anda, Anda sedang lengah dan memercayainya begitu saja. 

Saat ini, tidak sulit bagi seseorang untuk mendapatkan seragam petugas tertentu. Atribut semacam ini menjadi cara yang sempurna untuk memasuki sebuah rumah tanpa dicurigai. 

5. Jangan sibuk mengutak-atik pemutar musik atau ponsel saat berjalan sendirian 

Mendengarkan musik, bermain game, atau meng-update status di Facebook memang menjadi cara yang asyik untuk membunuh waktu. Tetapi, ketika Anda melewati kawasan yang rawan kriminalitas, lebih baik tak usah mengeluarkan benda-benda semacam ini dari dalam tas. 

Lagipula, ketika telinga Anda dikuasai oleh suara musik yang ingar-bingar, Anda tak akan bisa mendengarkan langkah atau menangkap gelagat ketika seseorang berusaha mendekati Anda. 

Selain itu, mendengarkan musik juga akan mengalihkan konsentrasi Anda dari hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. 

6. Jangan membuka mobil dengan remote ketika jarak Anda masih jauh dari mobil 

Perempuan sering menjadi incaran penjahat karena dianggap lemah dan sering lengah. Anda jelas bukan orang yang lemah, hanya kewaspadaan Anda yang perlu diasah. 

Seringkali korban kejahatan sudah lama diincar oleh pelaku kriminal, dan mereka hanya menunggu waktu yang tepat untuk melancarkan aksinya. Ia mungkin bersembunyi sampai Anda membuka pintu mobil, dan dengan cepat memanfaatkan waktu sekian detik untuk mengambil barang dari mobil Anda. 

7. Dengarkan rasa takut Anda

Jika muncul rasa takut pada diri Anda ketika harus melewati suatu kawasan tertentu, sebaiknya Anda langsung waspada. Dengarkan rasa takut itu, dan jangan meyakini bahwa semuanya akan baik-baik saja atau bahwa Anda terlalu khawatir.

Seringkali, alam bawah sadar kita mengetahui lebih baik bila ada sesuatu yang harus dikhawatirkan, daripada alam sadar kita. Maka bila mungkin, pilih rute lain meskipun jaraknya lebih jauh.
Top