Mendapatkan Jutaan Rupiah di Bulan Ramadhan itu Mudah, Begini Caranya

Komentar

Gambar via UKM Jogja
Bulan Ramadan memang penuh berkah

Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak orang menciptakan bisnis dadakan selama Ramadhan dengan keuntungan cukup besar. Siapa yang tidak mau, pahala berlipat, bisnis sukses? 

Setiap masuk ke bulan Ramadhan biasanya akan muncul berbagai bisnis dadakan yang biasanya berwujud usaha rumahan. Seperti saat ini, mulai banyak bermunculan berbagai bisnis, mulai dari kuliner, barang, maupun jasa. Hal itu dapat dengan mudah kita temukan di dunia nyata maupun online.

Sekarang zamannya orang rumahan pada punya bisnis sendiri. Mulai dari yang dadakan buka lapak kecil-kecilan sampai yang berbisnis online. Apalagi di momen ramadhan ini banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan. Untuk ibu-ibu rumah tangga yang jago masak, jangan lewatkan kesempatan baik di bulan ramadhan ini.

Berbagai ide bisnis dan usaha di bulan ramadhan dan menjelang lebaran paling laris tiap tahun dengan modal kecil yang selalu kebanjiran order dan musim lalu sudah dilakukan oleh banyak orang, peluang usaha ini juga sudah menyebabkan banyak munculnya para pengusaha dadakan baru.

Sudah menjadi hal yang wajar di masyarakat kita ketika dibulan ramadhan, gairah berbelanja kebutuhan akan meningkat tajam terutama untuk kebutuhan pangan dan sandang. Hal ini lah yang menjadi berkah tersendiri bagi beberapa penjual dan beberapa orang yang menjadi penjual dadakan di bulan ramadan.

Yanti (34) salah satu penjual makanan takjil di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan mengatakan, dirinya selalu berjualan sejak hari pertama bulan puasa hingga menjelang lebaran.

"Saya jualan menu takjil setiap puasa, soalnya lumayan mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga, jualan sampai hari terakhir puasa," ujar Yanti kepada seperti dikutip dari Kompas.com di Pamulang, Tangerang Selatan.

Yanti menjual berbagai makanan untuk berbuka puasa seperti, pastel, risol, aneka gorengan, lemper, hingga lontong. "Ini makanannya ada yang bikin sendiri ada yang titipan tetangga, buka setiap jam tiga sore, sampai abis buka, lumayan sehari bisa jual 400 sampai 500 item makanan," tambahnya. Yanti menambahkan, ia bisa mendapatkan omzet Rp 800.000 hingga Rp 1.500.000 per hari. "Omzet per hari bisa Rp 800.000, kalau ramai bisa Rp 1.500.000, belanja keperluan kira-kira 500.000 tergantung kita mau buat berapa banyak macam makanannya," tambahnya.

Anda tertarik?? apa yang harus di lakukan?

Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis.

Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan.

Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan.

Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak, ya nggak?

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati.

Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal.

Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini.

Namun bagi kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh.

Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain.

Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya.

Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses.

Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

5. Hiduplah dengan sederhana

Hiduplah dengan pandangan bahwa kamu adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal yang kamu impikan itu akan datang pada saatnya nanti.

6. Belajar dari kegagalan

Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk maju atau diam.

Jika kamu ingin maju, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi kegagalan.

Karena tidak semua yang kamu rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu.

Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan kamu dan mempersiapkan kamu untuk menjadi orang yang sukses nantinya.

Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik loh!

7. Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik

Jalankan konsep bisnismu dengan modal seadanya.

Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para konsumen yang akan mencari kamu.

8. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Katakan hal yang mampu kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kamu bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right?

9. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti.

Jadi Jutawan Dadakan di Bulan Ramadan, Ini Idenya!

1. Berjualan takjil, minuman manis, dan kolak.


Gambar via vebma.com

Berbuka puasa memang enak diawali dengan minuman manis seperti teh ataupun takjil yang segar.

Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis kolak, takjil, ataupun minuman manis lainnya. Kamu bisa berjualan didepan rumah, menawarkan ke kantor-kantor, dan lain sebagainya. Dijamin, permintaan akan selalu tinggi!

2. Berjualan aneka pakaian muslim ataupun pakaian baru.


Gambar via antara

Lebaran identik dengan yang baju baru.

Kamu bisa coba hunting baju-baju muslim yang modelnya bagus dan elegan untuk dijual kembali.

Sebisa mungkin carilah supplier utama atau yang harganya benar-benar terjangkau, sehingga pangsa pasarmu pun juga ikut besar.

3. Berjualan kue kering paket.


Gambar via merdeka

Orang-orang juga banyak membeli aneka kue kering saat Lebaran.

Jadi saat ada orang lain bertamu, mereka punya sesuatu untuk disuguhkan.

Jadi, kalau kamu suka memasak, ataupun punya resep warisan untuk kue kering, kamu bisa mulai berjualan ke teman-teman ataupun kerabat dekat.

Jangan sedih kalau kamu tidak bisa masak. Kamu tetap bisa berjualan kue kering hasil olahan saudara atau rekan kamu. Apalagi kalau kamu aktif di media sosial. Bakal laris manis, deh!

4. Berjualan kurma.


Gambar via slideshare

Di bulan puasa, kurma menjadi buah yang paling diburu.

Semua orang berlomba-lomba membeli kurma untuk dijadikan takjil buka puasa.

Tak hanya itu, kurma juga dijadikan hidangan tamu saat Ramadan.

Jadi, kamu bisa berjualan beberapa varian kurma untuk mendulang untung lebih. Selain itu, kamu juga membantu orang-orang menyiapkan takjilnya, bukan?

5. Berjualan perlengkapan salat.


Gambar via izzahstore

Saat-saat bulan suci puasa adalah saat semua orang seharusnya lebih rajin dan lebih fokus lagi dalam beribadah.

Agar kamu juga bisa turut serta membantu dan memicu orang-orang agar rutin beribadah, maka kamu bisa membuka berbisnis dengan berjualan alat salat.

6. Berjualan aneka macam gorengan dan minuman dingin.


Gambar via IDN times

Siapa coba yang tidak suka makan gorengan ditemani dengan minuman dingin saat berbuka?

Kamu bisa berjualan ini di gang depan rumah, karena tentu banyak warga yang mencari makanan untuk berbuka puasa.

Bisa mencoba untuk jualan tempe mendoan, tahu isi, pisang goreng, molen sekaligus minuman dingin seperti softdrink dan es manis lainnya.

7. Berjualan katering khusus untuk acara buka puasa bersama.


Gambar via elina

Saat Ramadan, banyak perkantoran menggelar acara buka puasa bersama, di mana biasanya mereka akan membeli beragam makanan untuk disantap bersama.

Kalau kamu suka masak dan memang punya bakat untuk memasak, coba saja untuk membuka usaha catering.

8. Berjualan parsel lebaran.



Selain kue kering, baju baru, biasanya orang-orang juga akan memberikan parsel lebaran kepada tetangga ataupun kerabat mereka. Jika kamu punya bakat merangkai, tinggal beli saja bahan-bahan untuk parsel, sehingga kamu tinggal menyusun saja untuk dijadikan sebuah parsel lebaran.

Nah itulah ulasan tentang peluang usaha dadakan di bulan ramadan, semoga menjadi referensi anda untuk memulai usaha di bulan ramadan ini.

Semoga usaha yang anda mulai mendapatkan berkah, Aamiin.
Top