"Nasihat Getir Untuk yang Jijik Merawat Orangtua" Selagi Sempat, Berbaktilah Pada Mereka

Penulis Penulis | Ditayangkan 13 Apr 2018

Sumber gambar 7trending.blogspot.com

Bagaimana bisa disebut anak yang berbakti kepada orangtua jika di masa senja orangtua, anak yang harus merawat malah merasa jijik hingga di titipkan ke panti jompo...?

Ada yang seperti ini?

Sebagai seorang anak, sudah menjadi kewajiban kita untuk berbakti pada orangtua.

Terlebih lagi jika orangtua kita sudah berusia lanjut, dimana biasanya kondisi tubuh mereka mulai lemah dan sakit-sakitan.

Kisah berikut ini akan memberikan kita pelajaran untuk berbakti kepada orangtua selagi orangtua masih ada.

Tadi sore... Di sebuah masjid di perumahan elit kota bogor.

"wan... Mau kemana... Gak makan makan dulu?"

"lain kali aja... Udah sore... Pulang dulu... Sampai ktemu lagi ya... Salam buat keluarga"

Saya lihat dia pergi tergesa gesa... Seseorang dari belakang saya berkata

"gak usah aneh rief... Dia itu shubuh dan sore biasa mandiin ibu nya semenjak terkena stroke.. Gantiin dan bersihin pampers kalo pup dan ngajak jalan jalan setiap pagi biar kena sinar matahari... Padahal dia kaya... Nyewa perawat juga bisa... Tapi dia gak mau... Malah dia urus sendiri semuanya... Dia gak pernah mau ambil job yg bikin dia harus nginap ninggalin rumah... Padahal proyek-proyek besar banyak yg perluin dia... Sabar banget dia."

Saya tersenyum...

Diantara sekian banyak orang yg lebih memilih memasukan orang tuanya ke panti jompo atau menyewa suster untuk merawat... Dia... Lebih memilih melakukannya sendiri... Bakti anak kepada orang tuanya...

"pernah gak ente tanya kenapa dia mau seperti itu?"


Sumber gambar www.obatselulit.net

"pernah... Dia bilang... 9 bulan mengandung penuh beban, 2 thun menyusui penuh menahan banyak hal dan larangan... Mengorbankan masa mudanya untuk bersabar membesarkan saya, menahan amarah atas kejahilan saya, kesalahan saya, kebodohan saya, keisengan saya... Mengorbankan kebebasannya untuk menjaga saya... Memastikan perut saya terisi makanan dan tidur dengan pulas disaat sering beliau tidur dalam keadaan menahan lapar dan tal tidur menjaga saya dari gigitan nyamuk... Tak kenal lelah memperhatikan saya... Menasehati dan memperjuangkan hidup saya dengan mengesampingkan perasaan ingin menikmati kesenangan kesenangan pribadinya...

Lalu...
Anak macam apa saya kalau membiarkan ibu diurus oleh bukan anak yg dibela belanya dulu? Anak macam apa saya jika merasa berat mengurus ibu yg telah mati matian menyamankan dan mengamankan saya?


Sumber gambar yukepo.com

Anak macam apa saya jika membiarkan masa tuanya tanpa menerima kebaikan anaknya sebagai balasan atas pengorbanan hidupnya?

Anak macam apa saya jika pekerjaan dan uang lebih saya pentingkan daripada mengurus orang tua yg sudah jelas jelas sangat berjasa atas kehidupan saya?

Saya tak ingin menyesal jika ibu saya meninggal disaat saya belum buktikan cinta dan rasa sayang serta bakti saya kepadanya"

Saya terdiam dan tak terasa air mata meleleh di pipi saya...
Teringat mama saya dan uban yg mulai memenuhi kepalanya..

Hikmah atau pelajaran apa yang bisa Anda ambil dari kisah ini?
Silahkan boleh tuliskan perasaannya di kolom komentar.

Apabila kisah ini dirasa bermanfaat, silahkan di share agar banyak orang lagi yang mendapatkan manfaat yang sama...
SHARE ARTIKEL