Yakin Masih Tak Mau Pakai Hijab? Ini Manfaat Menggunakan Jilbab

Komentar

Ilustrasi via oddkimyouna.wordpress.com


Manfaat menggunakan jilbab selain dekat dengan Allah juga akan dekat dengan batin yang bersih.

Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah di dunia, karena berhijab merupakan salah satu dari sunnah Rasullullah SAW. dan merupakan syariat agama yang harus dilaksanakan. 

Berbicara mengenai jilbab, masih saja ditemukan bahwa sebagian wanita yang menggunakan jilbab hanya sekedar disuruh atau diwajibkan oleh orang tua, tempat belajar atau tempat kerja.

Tetapi jika keluar dari aturan itu tersebut, maka lepas pula jilbab yang menutupi kepalanya.

Sebagian lagi, wanita memakai jilbab hanya terkesan untuk gaya.

Sehingga jilbab yang dipakai tidak seperti apa yang diperintahkan dalam agama.

Terlepas dari urusan syariah untuk menutup aurat serta tampilan santun maupun momen pas saat lebaran, ternyata penggunaan jilbab juga memberikan manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak orang ketahui.

Khasiat memakai hijab tidak hanya dekat dengan Allah pula hendak dekat dengan batin yang bersih.

Berhijab menggambarkan kewajiban untuk tiap muslimah di dunia, karna berhijab menggambarkan salah satu dari sunnah rasullullah saw. dan juga menggambarkan syariat agama yang wajib dilaksanakan.

Setiap apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT pastilah ada manfaatnya.

Begitu juga dengan perintah menggunakan jilbab untuk wanita muslimah.

Ada banyak manfaat memakai hijab menurut islam, bagi kesehatan serta berbagai hikmah yang bisa kita petik.
  • Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah
1. Menaati Perintah Agama.

2. Terhindari dari godaan untuk centil dan tidak sopan.

3. Laki laki akan merasa segan mengganggu/mengoda anda.

4. Menutupi Aurat.

5. Mencegah sengatan sinar matahari.

6. Mencegah Kanker Kulit.

7. Menjaga kesehatan rambut.

8. Mendidik untuk berperilaku baik

Dengan berhijab seorang muslimah tidak hanya mentaati ajaran Islam, tetapi juga membuatnya terhindar dari berbagai hal buruk yang tidak di-inginkan.

Menggunakan jilbab yang panjang, why not? Ya, sebagai wanita muslimah yang mengetahui akan kewajiban perintah agama untuk menggunakan pakaian dan hijab yang menutup aurat – yaitu seluruh anggota badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan, maka menggunakan jilbab yang panjang adalah pilihan yang tepat untuk mengikuti perintah tersebut.

Menggunakan jilbab merupakan sebuah kewajiban bagi wanita, namun banyak yang belum mengetahui kenapa jilbab itu wajib digunakan? Ternyata jilbab itu mempunyai beragam manfaat bagi wanita, nah apa saja manfaat menggunakan jilbab tersebut, yuk simak langsung:

Menjadi Contoh Bagi Wanita Lainnya yang Belum Berjilbab.

Ketika seorang wanita sudah berjilbab dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka dia akan menjadi contoh yang baik bagi wanita lainnya yang belum berjilbab. Bisa jadi akan ada wanita muslimah lain yang kemudian ikut berbondong-bondong memakai jilbab setelah melihat anda yang sudah berjilbab. Berlomab lomba dalam kebaikan sangat dianjurkan dalam Agama Islam, termasuk yang ini nih, mengajak untuk mulai mengenakan jilbab.

Cantik dengan berjilbab

Ada banyak wanita yang terlihat sangat anggun ketika menggunakan jilbab dalam kesehariannnya, perkembangan jilbab modern dalam berbagai bentuk juga sangat menunjang akan hal ini.

Selain cantik secara sendirinya, tidak sedikit pria yang mengidamkan wanita yang menggunakan jilbab. Banyak pria yang disurvei mengatakan bahwa salah satu kriteria istri yang akan dinikahi nanti adalah yang menggunakan jilbab. Sungguh memang luar biasa manfaat dari jilbab ini dari berbagai aspek kehidupan.

Jilbab dapat mendukung berbagai jenis muka baik bulat, oval, ataupun yang agak segi agar terlihat cantik dan menawan.

Manfaat Menggunakan Jilbab dapat Membuka lapangan kerja

Secara tidak langsung anda telah membantu membuka lapangan pekerjaan untuk industri fashion terutama industri kecil yang memproduksi jilbab. Industri jilbab saat ini memang sangat pesat perkembangannya, tentu kontribusi kita sebagai wanita yang menggunakan jilbab patut diapresiasi dalam membantu sebagai pengguna.

Menyusui ? Memberikan asi di tempat umum dengan mudah

Sadar atau tidak jika anda menggunakan jilbab dengan benar, setidaknya anda dapat memberikan asi secara leluasa ditempat umum yang mendesak. Jilbab akan secara otomatis dapat anda gunakan dalam menutupi bayi saat sedang minum asi.

Mengurangi biaya perawatan rambut

Ok diluar hal di atas, satu hal yang tidak dapat kita elakkan adalah biaya perawatan rambut yang lebih minim untuk wanita berjilbab. Sebut saja rebonding, smoothing, dan creambath yang menelan biaya cukup tinggi, namun jika anda berjilbab, maka tidak perlu mengeluarkan biaya ini.

Menutupi masalah rambut

Secara tidak langsung jika anda memiliki masalah dengan rambut maka anda dapat terbantu, terutama dari sisi pandangan orang sekitar dengan menggunakan jilbab. Sudah tentu masalah tersebut tidak akan mengganggu atau membuat anda minder.

Mendidik untuk berperilaku baik

Menggunakan jilbab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa jilbab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijap, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalani perintah agamanya.

Menjaga kesehatan rambut

Sinar matahari, depu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang terdapat diudara dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut. Sebut saja ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lain yang dapat anda atasi dengan menggunakan jilbab. Debu dan polusi merupakan penyebab utama masalah rambut, menggunakan jilbab adalah salah satu solusi praktisnya.

Mencegah Kanker Kulit

Wah.. yang ada dibenak anda pasti “apa hubungannya jilbab dengan kanker” ? Perlu anda ketahui mengenakan pakaian ketat plus terkena sinar matahari dalam waktu lama akan mengakibatkan kulit menderita kanker milanoma. Wanita berjilbab pasti memiliki pakaian yang longgar dan pasti terhindar dari bahaya ini.

Manfaat Menggunakan Jilbab dapat Mencegah sengatan sinar matahari

Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius bagi anda. Dengan menggunakan jilbab maka anda akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi.

Menutupi Aurat

Sudah tentu ini adalah manfaat dasar yang akan diperoleh seorang perempuan yang menggunakan jilbab dalam kesehariannya. Dengan menggunakan jilbab anda akan menutupi seluruh aurat yang tidak diperbolehkan dilihat orang lain kecuali suami. Contohnya adalah kekukan dada dan paha.

Laki laki akan merasa segan mengganggu/mengoda anda

Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan jilbab yang tidak disadari, namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perembuan yang menggunakan jilbab.

Terhindari dari godaan untuk centil dan tidak sopan

Dengan berjilbab wanita muslimah akan berpikir 100x untuk bersifat centil atau tidak sopan karena beban moral yang ia emban. Bagi muslimah yang serius dalam menggunakan jilbab, bisa dipastikan perbuatan ini semaksimal mungkin dihindari.

Menaati Perintah Agama

Berjilbab merupakan salah satu sunnah Rasullullah SAW dalam ajaran islam, artinya ketika menggunakan jilbab kita telah melakukan salah satu sunnah Rasullullah dan mendekatkan diri kepadaNYA.

Jilbab Dapat Menutupi Aib.

Hmm, setiap manusia memang terlahir berbeda. Mungkin saja ada wanita yang rambutnya dianggap kurang bagus. Nah, dengan berjilbab, maka jilbab akan dapat menutupi kekurangan tersebut. Kepercayaan diri anda pun akan tetap terjaga dengan tertutupinya kelemahan tersebut

Calon Istri dan Ibu yang Baik 

Jilbab bisa menjadi indikasi atau tolak ukur wanita yang baik. Pria mana yang tidak mau memperistri wanita yang berjilbab dan taat perintah agama dan berperilaku baik? sudah barang tentu semua pria akan dengan senang hati meminang wanita seperti ini. Jadi, jilbab juga bisa dijadikan sebagai ukuran bagi seorang pria bahwa memang wanita tersebut adalah wanita yang sesuai kriteria untuk dijadikan pasangan hidup dan kelak menjadi ibu dari putra-putrinya.

Jilbab adalah Indikasi Wanita Baik.

Mungkin saat ini begitu banyak wanita berjilbab yang perilakunya "kurang" mencerminkan pribadi seorang muslimah yang baik. Hmm, mungkin itu adalah segelintir wanita yang niat awalnya sudah "tidak benar". Jika seorang muslimah memakai jilbab karena kesadaran dan niat dari hati yang tulus mentaati perintah Allah Swt, sangat tidak akan mungkin hal tersebut terjadi. Bagaimanapun juga, jilbab adalah salah satu indikasi bahwa wanita tersebut adalah seorang wanita yang baik dan taat terhadap perintah Agama.

Tubuh Akan Terlindung Dari Polusi dan Sengatan Matahari.

Hmm, betapa banyak wanita yang berlomba-lomba mempercantik dirinya dan begitu mati-matian menghinda dari efek buruk dari sinar matahari dan berbagai polusi. Nah, bagi seorang muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan terhindar dari ketakutan-ketakutan tersebut. Jika memang harus berada ditempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari dan polusi lainnya, jilbab akan melindungi kulit, tubuh dan rambut mereka dari sinar matahari dan polusi-polusi lainnya. Dengan begitu, kulit pun akan tetap putih bersih, tidak takut menjadi hitam dan rambut pun tetap aman karena tertutup jilbab.

Cantiknya Luar Dalam. 

Kecantikan seorang wanita tidak hanya dinilai dari luarnya saja, ada sisi cantik dari dalam dirinya, kepribadiannya, perilakunya dan lain sebagainya. Manfaat Menggunakan Jilbab . Orang sering menyebutnya inner beauty. Seorang wanita yang berjilbab akan sangat mungkin mendapatkan kecantikan luar dalam sekaligus. Dari penampilan begitu cantik dan lembut, kecantikan dari dalam dirinya pun terpancar begitu jelas.

Tampil Lebih Cantik dan Anggun. 

Jangan salah, berjilbab tidak akan mengurangi penampilan kok. Bahkan begitu banyak wanita yang justru menjadi lebih pede, lebih cantik, lebih terlihat anggun dan begitu lembut. Dengan berjilbab, kecantikan anda tidak akan berkurang kok.

Mencegah Perbuatan Dosa.

Setiap manusia sudah pasti tidak akan luput dari yang namanya perbuatan dosa. Namun, ketika seorang wanita berjilbab tentu akan berfikir seribu kali untuk melakukan perbuatan dosa. Secara mudahnya, jilbab dapat menjadi benteng untuk membendung perbuatan-perbuatan dosa.

Lebih Dihormati. 

Manfaat Menggunakan Jilbab bagi Seorang wanita muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan merasakan dampak positif yang satu ini, lebih dihormati. Iya, bayangkan saja ketika bertemu dua orang wanita, yang satu berpakaian begitu terbuka dan minim dan yang satu begitu rapi dan tertutup. Perlakuan orang lain terhadap kedua orang wanita tersebut sudah pasti akan berbeda. Orang lain akan melihat bahwa wanita yang berjilbab adalah seorang wanita yang dekat dengan Allah Swt dan begitu rela mematuhi apa yang sudah diperintahkan-Nya untuk menutup aurat, hal ini akan memberikan rasa hormat tersendiri bagi wanita tersebut.

Jiwa Menjadi Tenang dan Tentram. 

Ketika seorang wanita memutuskan untuk berjilbab, hal ini adalah salah satu keunggulan tersendiri bagi seorang wanita muslimah. Jiwa mereka akan lebih tenang dan tentram apabila dibandingkan pada saat mereka belum berjilbab.
  • Dalil menggunakan jilbab.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya : “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” ( Qs. Al - Ahzab : 59 ).

Sekarang ini pemakaian jilbab sudah menjadi tren dikalangan para pemudi Islam, tetapi kebanyakan jilbab yang mereka gunakan tidak memenuhi kriteria dalam berjilbab, tapi itu patut kita syukuri masih ada niatan mereka untuk menggunakan jilbab. Semoga dengan seiringnya berjalannya waktu semakin sempurna mereka dalam penggunaan jilbab yang sesuai dengan syariat Islam

Allah memerintahkan kaum wanita untuk menutup aurat ( berjilbab ) Allah memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan dibutuhkan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya. Di antara perintah Allah itu adalah berjilbab bagi wanita muslimah.
Top