Ibu "Ideal" yang Jadi Idaman Pasti Lakukan 10 Kebiasaan ini Tiap Hari Buat Anaknya

Penulis Penulis | Ditayangkan 09 Apr 2018

Ibu
Sumber gambar solopos.com

Tentu saja tidak ada wanita atau ibu sempurna di dunia ini, namun beberapa kebiasaan yang sederhana ini dapat membuat Anda menjadi ibu ideal bagi keluarga...

Meski menjadi ibu adalah kodrat wanita, tapi cerita tak selalu mulus adanya.

Banyak tugas dan tantangan yang harus ditaklukkan, baik terkait pengasuhan anak maupun peran sebagai pasangan.

Namun beberapa kebiasaan yang sederhana dapat membuat Anda digolongkan menjadi 'ibu ideal'. 

Hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan bagi anak-anak khususnya, dan rumah tangga Anda umumnya, akan menjadikan Anda seorang ibu yang dipuja anak dan suami.

Ini beberapa di antaranya:

1. Membersihkan rumah

Siapa lagi yang akan menjaga kebersihan rumah. Suami sibuk di kantor, anak-anak sibuk dengan sekolahnya, mau tidak mau ibu harus selalu memperhatikan kebersihan rumah. Bersih pangkal sehat. Dengan membasmi sumber kuman, kesehatan Anda serumah terjaga.

Paling tidak bersihkan rumah seminggu sekali secara total, dengan memakai bahan-bahan pembersih yang dapat membasmi kuman dan bakteri. Bila Anda merasa terlalu sibuk, pilihlah waktu sehari dalam seminggu di mana anak dan suami dapat membantu.

Dengan mengerjakan tugas bersama rasanya akan lebih ringan dan menyenangkan. Tentu saja setiap hari ada saja yang perlu disapu atau dilap, bila kotoran berceceran di mana-mana, siapa yang tahan melihatnya dan bisa menunggu sampai akhir pekan untuk membersihkannya.

2. Menyiapkan makanan sehat

Ini juga dapat dilakukan seminggu sekali. Pergilah berbelanja keperluan dapur dengan menu yang sudah Anda susun. Mungkin dapat Anda siapkan lebih dulu dengan memotong sayur atau daging dan menyimpannya di freezer. Ketika saat memasak tiba, Anda tinggal mengeluarkan apa yang Anda perlukan untuk memasak. Simpanlah masakan di kulkas atau freezer jika tidak habis dalam sehari. Banyaklah menyediakan buah atau power bar sehingga anak-anak tidak terbiasa memakan junk food.

3. Menyediakan baju bersih

Melakukan laundry juga dapat Anda lakukan seminggu sekali atau dua kali tergantung dari banyaknya baju kotor yang mesti Anda cuci. Biasakanlah memberi baju yang bukan 100% katun sehingga sehabis dicuci tidak terlihat kusut atau lecek.

Campuran polyester membantu baju-baju itu tetap licin tanpa disetrika. Menyetrika memakan banyak waktu dan tenaga. Jangan membiarkan baju lama-lama di mesin pemanas sesudah kering, karena akan membuatnya terlihat kusut. Angkatlah segera begitu mesin pemanas selesai berputar dan gantunglah baju-baju itu sehingga tidak kusut.

4. Mendidik anak bekerja

Ajaklah anak-anak membantu mengerjakan urusan rumah tangga supaya membiasakan mereka bekerja. Tentu saja pilihlah waktu yang tepat untuk ini, sekali-sekali di Sabtu sore atau Minggu pagi. Anda dapat mengupah mereka yang rajin bekerja, sesuai dengan usia mereka.

BACA JUGA Penyakit Autoimun Penyebab Kakak Shireen Sungkar Meninggal Dunia, Waspadai 9 Gejala Penyakit Mematikan Ini

Ibu

5. Mengajar anak supaya beriman

Ajaklah anak-anak beribadat dan berdoa di rumah supaya mereka mengenal Tuhannya dan tidak melupakanNya. Hal ini akan memberi mereka landasan iman yang kokoh sehingga ketika menghadapi pencobaan mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

6. Memperhatikan anak

Anak-anak butuh perhatian, karena itu ajaklah mereka berbicara supaya mereka terbiasa menuturkan segala pengalamannya dan meminta nasihat bila perlu.

7. Menjaga keselamatan anak

Ajarkan anak-anak yang masih kecil cara menyeberang jalan dengan benar. Jangan biarkan mereka melakukan sesuatu yang kurang aman. Anda tidak perlu marah-marah, melainkan berilah pengertian sehingga mereka akan selalu ingat pelajaran itu.

8. Memperhatikan pergaulan anak

Biarkan anak-anak membawa teman-temannya ke rumah sehingga Anda dapat mengenal kepribadian mereka. Jika ada anak yang terlihat akan memberi pengaruh buruk kepada anak Anda, ajaklah anak Anda berbicara baik-baik. Tanyakan mengapa dia menyukai temannya itu, mintalah pendapatnya tentang temannya. Arahkan dan beri pengertian agar menjauh dari pengaruh buruk.

9. Mendorong anak olah raga

Dalam badan yang sehat ada jiwa yang kuat. Bila ada waktu berolahragalah bersama. Berjalan kaki ke taman, main bola, berenang bersama, main badminton, dan banyak lagi lainnya akan membuat anak-anak gemar berolahraga.

10. Membantu anak dengan pekerjaan rumahnya

Anak-anak memerlukan bantuan membuat PR di rumah, jangan biarkan mereka merasa kewalahan sendirian mengerjakan proyek kelasnya. Berilah dorongan dan pujian yang semestinya sehingga mereka akan berhasil di sekolah.
SHARE ARTIKEL