Bila Teman Mengucap Jazakallah, Maka Begini Cara Menjawabnya

Komentar

Gambar via salamadian.com

Dijelaskan dalam satu hadits bahwa mengucapkan “jazakallahu khairan” dan orang yang diucapi membalasnya, keduanya dapat pahala kebaikan sebagai berikut...

Indah bukan Islam kita ini... Segalanya serba bernilai ibadah...

Tidak ditemukan dalil yang khusus membahas cara menjawab ucapan Jazakallah dan Syukron --dan variasinya: jazakillah (untuk perempuan), jazakumullah, jazakumullah khoiron, dan syukron katsir.

Jazakallah artinya semoga Allah membalasmu. Syukron artinya terima kasih. Dalam budaya internasional, ucapan doa dibalas dengan ucapan "amin". Ucapan terima kasih dibalas dengan "sama-sama" atau "terima kasih kembali". Bagaimana dalam Islam?

Syeikh Al-Muhaddits Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah ditanya: Apakah ada dalil bahwa ketika membalasnya (jazakallah) dengan mengucapkan “wa iyyakum” (dan kepadamu juga)?


Gambar via dedlee30.blogspot.com

Beliau menjawab: “Tidak ada dalilnya. Sepantasnya dia juga mengatakan “jazakallahu khair” (semoga Allah membalasmu kebaikan pula), yaitu dido’akan sebagaimana dia berdo’a, meskipun perkataan seperti “waiyyakum” sebagai athaf (mengikuti) ucapan “jazaakum”, yaitu ucapan “wa iyyakum” bermakna “sebagaimana kami mendapat kebaikan, juga kalian”, namun jika dia mengatakan “jazakalallahu khair” dan menyebut do’a tersebut secara nash, tidak diragukan lagi bahwa hal ini lebih utama (afdhal).”

Syeikh Ahmad bin Yahya An-Najmi ditanya: Apa hukumnya mengucapkan, “Syukran (terima kasih)” bagi seseorang yang telah berbuat baik kepada kita?

Beliau menjawab: Yang melakukan hal tersebut sudah meninggalkan perkara yang lebih utama, yaitu mengatakan, “Jazaakallahu khairan (semoga Allah membalas kebaikanmu.” Dan pada Allah-lah terdapat kemenangan.

BACA Tidur Anda Pasti Ditemani Jin Kalau Hal-Hal ini Anda Rasakan

Hadits tentang Jazakallah atau Jazakumullah

Ada satu hadits yang menjelaskan sunnahnya mengucapkan “jazakallahu khairan”. Dari Usamah bin Zaid r.a. bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, dan Al-Bazzar).

Ada beberapa ketentuan dalam mengucapkan jazakallah:
  1. Jazakallahu khairan (untuk disampaikan kepada laki-laki)
  2. Jazakillahu khairan (untuk perempuan)
  3. Jazakumullahu khairan (untuk orang banyak atau kamu sekalian)

KESIMPULAN

Sebaiknya menjawab jazakallah dengan jazakallah lagi, namun tidak mengapa menjawabnya dengan ucapan amin dan atau atau waiyyaka atau waiyyaki karena ini masalah mu'amalah, bukan ritual ibadah seperti sholat yang wajib mengikuti contoh Rasulullah Saw.

Tidak mengapa menjawab syukron dengan afwan yang bermakna terima kasih kembali atau tepatnya "maaf saya hanya bisa berbuat demikian, tidak bisa lebih" (bermakna rendah hati). Wallahu a'lam bish-shawab. 
Top