Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 27 Mar 2018
Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini
Foto via tribunnews.com

Dijamin ibu rumah tangga terbantu pekerjaannya dengan air AC ini

Ini alasan kenapa air AC jangan buru-buru dibuang, sangat mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga, mulai dari mencuci wajan yang hitam jadi langsung mengkilat, hingga mencuci peralatan lainnya.

Beberapa jenis AC yang sering digunakan di rumah atau perkantoran memiliki air sisa buangan dari kondensasi AC.

Semua orang tentu berpikir air tersebut hanyalah limbah yang akan dibuang ke saluran air atau pipa khusus dan tidak memiliki kegunaan lain.

Baca juga : 7 Posisi Pintu Rumah yang Dipercaya Sebabkan Rezeki Seret, Ternyata Hanya Mitos

Namun sepertinya anda harus berpikir ulang pada saat membuang air tersebut sebab masih ada beberapa manfaat air buangan AC yang belum anda ketahui.

1. Menyiram Tanaman Karnivora

Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini
flickr.com

Selain banyak manfaat garam untuk tanaman, air buangan AC ini memiliki kandungan yang berbeda dengan air sumur atau air keran biasa sehingga tidak ada kandungan mineral dalam air tersebut dan artinya air ini hampir serupa dengan air suling namun tidak terlalu bersih.

Untuk itu, air ini bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman yang memang tidak tolerir dengan air mineral seperti salah satunya tanaman karnivora.

Tanaman karnivora terkenal akan bereaksi buruk pada klorin yang sering ditemukan dalam air olahan. Beberapa tanaman karnivora yang bisa disiram dengan air sisa buangan AC ini diantaranya adalah tanaman laba laba [Chlorophytum comosum], Marantas [Maranta Spp] dan Dracaenas [Dracaena Spp].

2. Untuk Air Radiator

Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini

Air sisa buangan AC ini juga bisa digunakan sebagai air radiator. Air buangan AC dikatakan jauh lebih baik dibandingkan dengan air mineral botolan yang bisa digunakan sebagai air radiator karena bisa membuat radiator semakin dingin dan juga berpengaruh terhadap udara dari AC mobil yang juga akan terasa semakin dingin mengingat jika AC mobil akan berfungsi semakin maksimal jika mesin juga berada dalam kondisi yang baik.

Jika mesin mobil selalu dalam keadaan dingin, maka AC mobil juga semakin dingin sehingga mengurangi biaya servis untuk ganti oli. Untuk penggunaan air buangan AC sebagai air radiator bisa diganti setiap dua bulan sekali.

3. Merawat Batuk Akik

Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini

Untuk anda yang ingin merawat koleksi batu akik juga bisa menggunakan air buangan AC. Air buangan AC akan bekerja lebih cepat untuk pengkristalan sehingga bisa tembus cahaya jika memakai senter sehingga manfaat batu akik bisa bertambah kualitasnya.

Untuk cara menggunakan air buangan AC ini adalah dengan merendam batu akik memakai air AC selama 1 jam yang harus dilakukan secara teratur sekitar 3 bulan.

Sedangkan untuk perawatan jenis batu akik badar lumut juga bisa memakai cara perendaman ini yang berfungsi untuk membuat batu terlihat lebih tua.

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan wadah bening seperti bekas kemasan air mineral lalu tuang air buangan AC kedalamnya kemudian rendam batu akik di tempat yang dingin.

Baca juga : Nasi Sering Lengket, Cepet Kering dan Basi? Begini Trik Masak Nasi Agar Tak Lengket

4. Mencuci Piring dan Peralatan

Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini

Menampung air buangan AC ini juga memiliki kegunaan lain yakni untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga seperti piring, manfaat panci presto, penggorengan dan alat rumah tangga lain.

Air buangan AC ini bisa membersihkan peralatan lebih cepat dan hasil yang lebih kesat khususnya untuk noda noda di bagian bawah panci yang gosong atau menghitam juga akan lebih cepat dihilangkan dengan air buangan AC tersebut.

5. Membersihkan Toilet

Jangan Buang Air Bekas AC, Ternyata Bisa Bermanfaat untuk 5 Hal ini
tipsbangneo.com

Selain bisa menggunakan manfaat boraks untuk kebutuhan kamar mandi, kegunaan air buangan AC yang terakhir adalah untuk membersihkan toilet.

Beberapa elemen yang ada dalam air buangan AC ini bisa merontokkan noda noda menguning di toilet yang susah untuk dihilangkan.

Untuk cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan menyiram toilet memakai air buangan AC dan diamkan selama semalam.

Keesokan paginya, toilet bisa digosok dengan menggunakan sikat dan hasilnya akan terlihat lebih bersih, kesat sekaligus membunuh bakteri yang menempel dan tertinggal pada toilet tersebut.

Manfaat air buangan AC yang sering dianggap limbah ini ternyata bisa ditampung dan digunakan kembali untuk beberapa kebutuhan rumah tangga.

Dengan ulasan diatas, kami harap bisa menambah pengetahuan anda dan bisa mendapatkan ide untuk penggunaan limbah AC ini dibandingkan hanya dibuang percuma.
SHARE ARTIKEL