Ruang Kelas Tak Cukup, Siswa SMK Negeri di Rohul ini Belajar di Bawah Pohon

Komentar

foto via riausky.com

Cerminan fasilitas pendidikan di Indonesia yang masih jauh dari kata pas....

Bukan belajar di kelas, siswa SMK Negeri 1 Bonai Darussalam belajar di bawah pohon. Suasananya sih sejuk sepertinya, tapi kalau hujan prihatin...

Apalagi cuma beralas tikar, seperti nonton acara kesenian, ketoprak....

Memang mengenai pendidikan di Indonesia sendiri kurang memadai, meski sudah banyak sekolah-sekolah maju di kota.

Tapi lihat di daerah pelosok, masih banyak fasilitas pendidikan seperti sekolah yang kurang layak dan kondisinya memprihatinkan.

Seperti  sekolah SMK di Kabupaten Rokan Hulu ini, sebagian para siswa harus rela belajar di bawah pohon lantaran ruang kelas tak cukup.

Baca Juga : MIRIS ! Anak-anak di Desa Ini Harus Panjat Tebing 800 Meter untuk Sekolah

Jumlah siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Bonai Darussalam pada tahun 2018 ini sebanyak 116 orang siswa. Sebagaimana dikutip riausky.com,  jumlah Ruang Kelas Belajar (RKB) yang tersedia hanya 3 ruangan. Sedangkan  rombongan belajar siswa sebanyak 6 rombel.

Artinya, ada kekurangan RKB sebanyak 3 ruangan lagi bagi siswa. Sementara ruang majlis guru dan fasilitas sekolah lainnya juga belum tersedia. Akibat kekurangan RKB bagi siswa dalam belajar.

Dengan sangat terpaksa, majlis guru di SMK Negeri 1 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu menyelenggarakan proses belajar-mengajar di bawah pohon kayu dan di teras sekolah.

Penjelasan dan keluhan proses belajar-mengajar bagi siswa itu disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Sukirman, MM.Pd melalui Wakil Kepala Sekolah Sifulloh, S.Hi, Kamis,(15/02) terkait dengan penyelenggaraan pendidikan tahun 2018 di SMK Negeri 1 Kecamatan Bonai Darussalam-Rokan Hulu.

Baca Juga : Curhat Keadaan Sekolahnya, Siswa ini Malah Dituding Bunuh Karakter Bupati Serang

"Majlis guru dan siswa SMK Negeri 1 Bonai Darussalam-Rohul berharap kepada Pemprov Riau untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan RKB bagi siswa," papar Sifulloh menjelaskan.

Kepada pihak  perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kecamatan Bonai Darussalam, lanjut Sifulloh juga diharapkan untuk dapat mengalokasikan dana CSR perusahaannya untuk pembangunan RKB bagi siswa di SMK Negeri 1 Bonai Darussalam yang telah berdiri sejak tahun 2012 lalu.
Top