Bener Gak Bun, Jadi Ibu itu Bisa Mandi 2 Kali Sehari Saja Udah Bersyukur?

Komentar

Foto diolah via wajibbaca.com dari berbagai sumber

Emang bener kan bun?

Kenapa ibu-ibu itu kulitnya kusam? jangankan mandi, sempat buat perawatan wajah semacam: Bersihin muka, luluran, massage, maskeran, mandi susu, toning rehidrasi, scrubbing angkat kulit mati. itu loh harus pakai manager agar waktu bisa diatur buat perawatan. 

Sudah gini suami malah lirik wanita lain huuhh rasanya...

Menjadi ibu itu emang gak gampang. Apalagi kalau anaknya masih batita. Pasti bakalan sibuk banget deh. Mandiin anak, nyuapin makan, nyiapin baju, belum ngurus rumah dan suami.

Nah, Bunda Annisa Kurnadi ini menuliskan opininya dengan baik banget, yuk simak tulisannya berikut ini.

Bisa mandi 2x sehari dengan tenang aja aku bahagia banget. Punya anak kecil pergi ke kamar mandi super kilat. Buat buang hajat biar badan sehat aja pintu digedorin. Mandi ditangisin sampai sesenggukan apalagi mau luluran, mandi susu, apalagi mandi madu kayak di lirik lagu heuheuuu.

Sudah lupa lah kapan terakhir pergi ke salon.

Beli lulur, peeling, masker cuma digeletakin di meja. Harapannya sempat dipakai. Baru inget punya pas mepet expired. Rutin oles pelembab sama lotion baru-baru ini aja sempat pakai. Soalnya ini kulit sudah retak-retak kering kerontang bagai tanah di musim kemarau. Sekarang mulai inget pakai tabir surya soalnya muka udah banyak bintik-bintik itemnya.

Wis lah disyukuri saja yaaa buibu…

Jaga kesehatan dan kewarasan diri. Insya Allah… Lama-lama bocah makin besar, makin mandiri. Abis itu kita perawatan tubuhnya dirapel biar umur 38 tahun kayak 20 tahun.

Sabar
Ikhlas 
Syukur
Jangan lupa bahagia!

Menjadi ibu itu artinya terkadang harus berkorban menempatkan kenyamanan dirinya sebagai prioritas terakhir setelah kebahagiaan anak dan suami.

Sementara, cantik jaman now itu tergantung:

1. Dari sananya

2. Dari dananya

3. Dari kameranya

Bahkan artis-artis di instagram itu mereka sudahlah cantik dari sananya, perawatan ujung rambut hingga ujung kaki, punya MUA profesional dan ditunjang pula fotografer berkamera serta skills canggih. Sedangkan sebagai orang awam, modal cantik biasa saja masih diterpa penuaan dan cobaan kehidupan.

Oiya sekali lagi ini bukan pembenaran bagi saya untuk malas merawat diri lho ya. Alhamdulillah saya sih cakep *uhuk*

Tapi dulu pada suatu masa, saya bahkan tidak sempat mandi ataupun sekedar menyisir rambut. Kepala jadi kaki. Kaki jadi kepala. Makan sederhana seadanya, yang penting anak sehat. Jadi postingan ini bukan sebagai alasan saya bermalas merawat diri. Bukan.


Postingan ini sebagai solidaritas bagi para ibu di luar sana yang berjuang untuk sekedar bertahan hidup. 

Memprioritaskan pendidikan dan kesehatan anak di atas kebutuhan luluran, krimbat dan maskeran. 

Harusnya orang bisa saling mengerti bahwa perut kenyang dan rumah nyaman pun masih menjadi kemewahan bagi orang lain. Apalagi mikir skincare, parfum dan lipen.

Rumah tangga memang dibangun di atas kemauan saling memahami dan kerukunan untuk berjuang bersama antara suami istri. 

Semoga nilai-nilai cinta kasih juga bahagia kita jauh lebih hakiki dibanding sekedar topeng make up yang kena air hujan pun luntur yaa
Top