10 Kandungan Buah Naga Bermanfaat Bagi Kesehatan, Tapi Berbahaya Apabila Dimakan Seperti ini

Komentar

Sumber gambar suryajagad.net

Perlu diperhatikan saat mengkonsumsi buah naga yang sudah terkenal banyak kandungan manfaatnya ini.

Jangan sampai membawa bahaya.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki nilai gizi tinggi. Sebagian orang sering dibuat penasaran kenapa buah ini sampai disebut dengan nama buah naga.

Mungkin bisa jadi karena bentuknya yang memang mirip naga atau kulit naga.

Tekstur daging yang lembut dan kulit yang berwarna merah adalah salah satu ciri khas dari buah naga.

Manfaat buah naga sangat banyak, antara lain menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah, menyehatkan mata dan paru­paru, menetralisir racun, bikin awet muda dan masih banyak lagi seperti yang dikutip dari ciungwanara.site.

Kandungan Gizi Buah Naga

Kalau bicara manfaat buah naga ada banyak sekali bro. Mulai dari manfaat buah naga untuk kecantikan, manfaat kulit buah naga, manfaat jus buah naga, manfaat buah naga merah untuk diet dan masih banyak lagi khasiat buah naga lainnya. Berikut adalah kandungan buah naga yang harus Anda ketahui:
  1. Air
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Karbohidrat
  5. Serat
  6. Vitamin B1
  7. Vitamin B2
  8. Vitamin B3
  9. Vitamin C
  10. Zat Besi

Hanya saja, orang­orang yang memiliki karakteristik tertentu mungkin tidak cocok untuk menikmati buah naga ini. Atau kalau dimakan dengan cara yang salah akan berbahaya juga bagi tubuh.

BACA JUGA Selain Bisa Dibikin Sayur, Buah Kelor Ternyata Berkhasiat Sembuhkan Ispa dan Diabetes


Ayo kita simak bersama!
  1. Orang yang lagi diare tidak cocok untuk mengkonsumsi buah naga. Bila dikonsumsi, nanti akan tambah parah.
  2. Buah naga bersifat dingin. Orang yang wajahnya sering pucat, badannya lemas dan takut dingin juga harus kurangi konsumsi buah naga.
  3. Buah naga tidak bagus untuk dimakan saat menstruasi. Bila dikonsumsi maka akan berakibat haid tidak lancar.
  4. Orang yang kurang berenergi, punya kelainan hati dan peredaran darah kurang lancar juga tidak cocok mengkonsumsi buah naga. Mungkin sebelum diminum boleh dijus dulu supaya lebih mudah dicerna.
  5. Buah naga mengandung banyak protein nabati. Bagi yang alergi atau ibu mengandung sebaiknya bijak­bijak dalam mengkonsumsi buah naga.
  6. Buah naga tidak cocok dikonsumsi bersama susu. Bila dikonsumsi secara bersamaan, sistem pencernaan yang sehat pun akan terganggu.
  7. Kulit buah naga semakin merah semakin bagus. Apabila bagian kulitnya yang seperti ‘daun’ mulai menguning, tandanya buah naga sudah kurang segar. Pilihlah yang daunnya masih kehijauan. Daun yang hijau tandanya masih segar.
  8. Cucilah buah naga sampai bersih sebelum dikuliti, agar debu/kotoran/bakteri yang menempel di kulit tidak berpindah ke buah saat dipotong.
  9. Buah naga apabila sudah dibelah harus dihabiskan secepatnya. Kalau disimpan, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk, jangan di kulkas, karena buah naga termasuk buah­buahan tropis, jika dibawah kondisi tanpa kulit dimasukkan ke dalam kulkas akan cepat rusak.
  10. Walau buah naga mengandung serat tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah, tapi buah naga sendiri mengandung banyak glukosa, karena itu pasien dengan diabetes lebih baik tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

Nambah pengetahuan nih! Mimin juga baru tahu, lain kali mesti hati­-hati, buah apapun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, walaupun suka! Jangan lupa share yah kalau bermanfaat!
Top