Penting! Atasi Vertigo yang Datang Mendadak dengan Cara Alami ini

Komentar
Apakah anda pernah terserang vertigo?


Gambar ilustrasi vertigo (solusi sehatku)

Vertigo memang sangat mengganggu karena sering menyebabkan penderita harus istirahat sementara waktu. Penyakit vertigo memang menyebabkan pusing kepala, namun pusing kepala yang dialami berbeda dengan pusing kepala pada umumnya, karena pada pusing vertigo akan lebih parah dan rasanya ada sensasi berputar putar sehingga sangat mengganggu.

Salah satu penyebab kambuhnya vertigo itu sendiri sangat bermacam-macam, bisa karena stress, kaget, dan berbagai factor lainnya dan bahkan dapat menyerang sewaktu-waktu tanpa sebab yang pasti. Oleh sebab itu, vertigo dapat di kategorikan sebagai penyakit yang sangat berbahaya terutama  jika penyakit ini kambuh pada saat yang tidak tepat seperti saat kita mengemudi, menyebrang, menuruni tangga dan lain sebagainya. Dan usaha untuk melakukan pertolongan pertama untuk penyakit vertigo ketika kambuh harus segera di lakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Cara Mengobati Vertigo Saat Kambuh Mendadak

1. Minum air jahe

Gambar wedang jahe (kesehatan kita)

Mengkonsumsi jahe ( zingiber officinale ). Jahe ini nanti nya bisa anda ramu menjadi sebuah minuman, seperti wedang jahe dll. Langkah-langkah menyiapkannya pun terbilang cukup mudah. Cukup iris beberapa jahe serta parutan gula merah, kemudian campurakan dengan air hangat, kemudian minumlah secara teratur.Berkat kandungan diterpena dialdehida di dalamnya, jahe juga dapat menghambat rasa mual yan sangat hebat, yang di sebabkan oleh vertigo. Tak hanya itu jahe pun bisa memperlancar/ mengontrol aliran darah ke otak, sehingga membantu mengurangi  gangguan keseimbangan saat vertigo.

2. Rebusan Kayu Manis

Gambar kayu manis (kayu manis cylon)

Bila anda tak terlalu menyukai aroma jahe, mungkin kamu bisa menggunakan kayu manis sebahgai alternative lain. Cara meramunya juga sama mudahnya dengan jahe. Pertama rebuslah 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung dan 30 gram daun seledri, kemudisan di rebus bersamaan dengan 600cc air, sampai tersisa 200cc air, dan saring air rebusan tadi terlebih dahulu, setelah itu segeralah minum airnya selagi masih hangat. Rasa kayu manis yang pedas, wangi dan hangatnya, memilki banyak sekali kandungan di dalamnya. Seperti tanim, damar, minyak atsiri, kalsium oksanat, zat penyamak dan sinamadehide. Sama seperti khasiat jahe,, ramuan kayu manis juga bermanfaat untuk memberika rasa hangat dan mengurangi rasa mual akibta vertigo.

3. Jus Lemon

Gambar jus lemon (okezone)

Jus lemon bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. Efek jus lemon yang segar dan lada hitam yang menyejukkan akan mengurangi rasa sakit kepala dan mual atau muntah.

Selain melakukan beberapa langkah perawatan, ternyata nutrisi makanan tertentu juga bisa membantu mengurangi vertigo. Konsumsi beberapa jenis nutrisi makanan tertentu secara rutin tidak hanya untuk mengurangi vertigo tapi juga membantu menyembuhkan secara perlahan. Berikut ini adalah beberapa asupan nutrisi penting untuk semua penderita vertigo :

Konsumsi Vitamin D

Orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin D memang bisa mengalami vertigo. Namun untuk mendapatkan vitamin D tambahan maka pemeriksaan untuk mengetahui jumlah kadar vitamin D dalam tubuh harus dilakukan. Perawatan dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D tidak boleh dilakukan secara langsung dan harus mendapatkan resep atau tindakan awal dari dokter.

Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin yang berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh, membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penderita vertigo yang disebabkan karena efek samping dari konsumsi obat tertentu bisa diatasi dengan sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B, terutama B6. Vitamin B6 akan membantu meringankan vertigo terutama sangat baik untuk mengatasi mual dan muntah. Beberapa jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi seperti : buah pisang, alpukat, bayam, brokolis, daging merah, daging ayam tanpa kulit, ikan salmon, ikan makarel, ikan tuna.

Sumber Vitamin C

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk mengurangi berbagai gejala vertigo seperti mual, muntah, sakit kepala, dan semua gejala yang membuat tubuh menjadi lebih lemah. Penderita vertigo sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis sumber makanan seperti buah yang mengandung vitamin C yakni jeruk, stroberi, semangka, melon, tomat, brokoli, lobak, bayam, kembang kol, dan paprika.

Selain itu bila terserang vertigo janganlah sekali-sekali menutup mata ataupun berbaring dikaranak tindakan tersebut malah akan memperparah efek vertigo yang penderita alami. Yang sebaiknya penderita lakukan adalah cobalah untuk memandang objek yang jauh.

Vertigo ini juga dapat di cegah dengan melakukan pola hidup sehat, posisikan kepala lebih tinggi dari posisi badan saat tidur, jaga kesehatan telinga, dan jangan terlalu sering menunduk bila membawa barang berat.
Semoga memberi manfaat untuk anda sekalian.
Top