Miris...Nasib Fasilitas Umum Yang Selalu Berakir Tragis

Komentar

Gambar diolah via liputan6.com

Kehancuran fasilitas umum...

Sering kita jumpai fasilitas umum di sekitar kita tak terawat, terbengkalai bahkan sudah rusak. Padahal fasilitas umum itu tujuannya di gunakan untuk kebutuhan kita juga. Miris memang kalau melihatnya, kapan Bangsa kita maju jika fasilitas saja seperti itu?

Fasilitas Umum merupakan berbagai macam fasilitas yang disediakan untuk menunjang berbagai macam kegiatan masyarakat.

Contoh kecilnya yang berada di sekitar kita adalah jalan raya, halte, terminal, telepon umum, alat penerangan umum, jembatan, jembatan penyebrangan, trotoar, bak sampah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua itu merupakan milik bersama yang seharusnya kita pelihara bersama tanpa harus menunggu pemerintah atau instansi terkait untuk bertindak.


Gambar fasilitas umum yang rusak di coret-coret via pasangmata.detik.com

Namun kenyataan berkata lain, banyak sekali fasilitas umum bernasib tragis yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil ataupun beralih fungsi hanya untuk kepentingan pribadi orang perorang.

Nasib Fasilitas Umum

ilustrasi : harian.analisadaily.com

Entah karena pengerjaannya yang tidak beres atau karena tidak pernah dirawat sehingga banyak sekali fasilitas umum yang mudah sekali rusak, tidak terawat dan akhirnya tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Tengok saja beberapa fasilitas umum di sekitar kita, pasti kondisinya sangat memprihatinkan, hanya pada saat baru dibuat saja wujudnya masih utuh, namun lama-kelamaan akan hancur, mulai hilang bagiannya satu persatu-satu lalu tidak dimanfaatkan lagi karena sudah rusak, miris sekali melihatnya.

Yang kedua adalah fasilitas yang disediakan biasanya kurang banyak.


Gambar via  ttribunnews.com

Contoh kecil saja tempat pembuangan sampah di tempat umum, biasanya hanya ada satu atau dua saja dan letaknya biasanya dipinggiran sehingga sulit dijangkau, tidak terlihat dan akhirnya banyak yang membuang sampah sembarangan.

Namun sebenarnya untuk hal yang ini kembali pada kesadaran masing-masing.

BACA JUGA: Anak Kecil Gakboleh Lihat, Marak Pesta Bridal Shower 4 Seleb ini Pernah Menuai Hujatan Netizen
Jika tidak menemukan tempat membuang sampah maka sebaiknya kita mencari tempat itu atau menunda dulu untuk membuang sampai tempatnya ditemukan.

Yang ketiga,Fasilitas umum itu sering mendapatkan sentuhan tangan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


Gambar via samarinda.prokal.com

Misalnya saja dicuri, contoh kecilnya saja adalah lampu penerangan jalan, banyak orang yang mengambil bola lampunya, selain di curi ada juga sentuhan tangan berupa aksi vandalisme berupa mencorat-coret fasilitas umum.

Rata-rata fasilitas umum akan mengalami hal yang ini, yang paling umum adalah menuliskan nama yang katanya sebagai kenangan, padahal itu adalah tindakan yang salah.

Yang keempat, banyak sekali fasilitas umum itu dipergunakan tidak sesuai dengan fungsinya.


Gambar via News.okezon.com

Kita bisa melihat contoh nyata disekitar kita, misalnya saja kursi duduk dipergunakan untuk tiduran, trotoar yang sebenarnya untuk pejalan kaki berjalan digunakan sebagai tempat parkir atau berjualan, serta masih banyak lagi contoh yang lainnya seperti dilansir wajibbaca dari kaskus.co.id.

BACA JUGA: Ngakak Sekaligus Prihatin, Begini nih Akibat Suami Tak Jujur Sama Istri

Kreatif sih namun tidak pada tempatnya, sebaiknya fasilitas yang disediakan itu dipergunakan sebagaimana fungsinya yang sebenarnya.

Mengapa Itu Harus Terjadi ?


Gambar via pikiran-rakyat.com

Sebuah pertanyaan pun muncul mengapa semua itu harus terjadi ?

Semua kembali pada kesadaran masing-masing individu, bagaimana mereka bisa memanfaatkan fasilitas umum sesuai dengan fungsinya, menjaga dan merawatnya sehingga berumur panjang sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Jika ada yang rusak maka kita harus memperbaikinya tanpa harus menunggu pihak terkait.

Fasilitas umum adalah milik bersama yang harus dijaga dan dirawat, bukan malah sebaliknya.

Semua individu harus merasa memiliki, namun dalam arti yang baik, bukan karena merasa memiliki lantas semau-maunya memanfaatkan seenak jidatnya sendiri.

Pihak terkait juga harus peka dengan itu semua, jika ada biaya pemeliharaan maka biaya itu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu yang utama juga adalah masalah keamanan, masyarakat yang menggunakan fasilitas umum harus diberikan kenyamanan dan rasa aman sehingga mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.
Top