Jadi Masalah Orang Tua, Harap-harap Cemas Si Kecil Saat Masuk TK? Tenang! Lakukan 5 Hal ini

Komentar

Sumber gambar google.com

Setiap perubahan nyatanya memang selalu membawa kekhawatiran. Begitu juga ketika anak anda akan masuk TK.

Ada rasa bangga sekaligus haru.

Walaupun demikian ada rasa cemas yang sulit untuk ditepis.

Mulai belajar di bangku TK tentu akan membawa perubahan bagi kehidupan anak.

Mereka tak lagi bebas bermain-main sepanjang hari.

Ada jadwal yang perlahan harus mereka ikuti. Pun mulai memahami makna tanggung jawab bukan sesuatu yang mudah bagi mereka.

Sebagai seorang ibu, kekhawatiran tersebut memang wajar. Namun rasanya tidaklah bijak bila hanya terus berkutat dengan rasa khawatir saja. Lakukan 5 hal demi membantu si kecil memasuki dunia barunya seperti yang dikutip dari sayangianak.com.


1. Ajak si kecil mengobrol tentang hal menyenangkan yang ada di TK. Buat dia antusias untuk masuk TK.

Sumber gambar google.com

Ajak anak berbicara santai tentang aktivitas di TK. Ceritakan hal-hal menyenangkan dan teman-teman baru yang akan dia dapatkan ketika dia bersekolah. Jangan tunjukkan kekhawatiran anda, karena ini bisa membuat dia ikut cemas. Buat dia semakin bersemangat untuk sekolah. Tunjukkan pada  dia bahwa bersekolah bukan sebuah beban. Ada hal-hal bermanfaat dan menyenangkan yang bisa dia dapatkan dari bangku sekolah. Kalau sudah begini, anak pun akan menjadi lebih antusias untuk sekolah.


2. Lakukan penyesuaian jadwal, terutama untuk rutinitasnya di pagi hari.

Mulai masuk TK berarti menuntut anak untuk siap bangun pagi dan segera bersiap-siap berangkat sekolah. Butuh ketelatenan memang untuk membuat anak bisa mengikuti rutinitas jadwalnya. Namun, ke depannya ini akan membentuk anak  menjadi lebih disiplin. Agar lebih mudah dipahami dan terlihat menarik, bisa ditambahkan keterangan visual dalam jadwal kegiatan anak.


3. Latih keterampilan motorik anak!

Sumber gambar google.com

Ajak anak untuk melakukan ketrampilan motorik yang biasanya juga diajarkan di TK. Anda dapat mengajak anak melakukan aktivitas mewarnai, menggunting atau menempel. Katakan bahwa aktivitas seperti ini akan sering dia lakukan begitu dia masuk TK. Tunjukkan pada anak bahwa ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dia lakukan bersama teman-teman  barunya begitu dia masuk TK.


4. Libatkan anak dalam proses itu. Biarkan dia ikut memilih, karena dia yang akan menajalani proses belajar

Sumber gambar google.com

Anak dapat mulai mengajak anak berbincang-bincang mengenai di mana dia akan sekolah. Anda bisa mengajak anak berkeliling ke beberapa TK. Biarkan dia mengungkapkan pendapatnya. Ajak dia untuk ikut memilih TK yang akan dia gunakan sebagai tempat bersekolah.

Anda juga bisa melibatkan si kecil saat membeli peralatan sekolahnya. Biarkan dia memilih  peralatan sekolah dengan tema kegemarannya. Kalau sudah begini dia pun akan lebih bersemangat untuk  masuk sekolah.

5. Sedikit drama mungkin akan terjadi pada hari pertamanya. Siapkan diri anda untuk itu!

Mulai masuk TK berarti si kecil akan meninggalkan zona nyamannya. Tak mudah memang untuk memulai hal baru. Belum lagi pada hari pertama sekolah, anak belum mengenal lingkungan barunya. Tak heran bila pada hari itu anda akan menjumpai air mata dan drama. Siapkan diri anda untuk menghadapi hal itu. Untuk menyiasati hal itu jangan terlalu lama berada di lingkungan sekolah.

Ucapkan kalimat positif untuk menyemangati anak. Beri kesempatan pada anak untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Top