Ibu ini Melahirkan Kurang dari 3 Menit, Ternyata ini 9 Rahasia yang Selalu Diterapkan

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 22 Jan 2018
Ibu ini Melahirkan Kurang dari 3 Menit, Ternyata ini 9 Rahasia yang Selalu Diterapkan
Foto via theasianparent.com

Ingin proses melahirkan lancar dan cepat kurang fari 3 menit?

Pasti semua ibu menginginkan proses lahiran lancar, ibu dan bayi selamat, mudah, dan pastinya bayinya sehat, namun kadang ada yang susah hingga berjam-jam. Seperti roses lahiran ibu ini yang begitu cepat, seperti sedang bersin dan tiba-tiba bayinya sudah keluar, ternyata semasa kehamilan ibu ini mempunyai rahasia, dan membagikannya pada semua ibu.

Ketika membicarakan proses persalinan normal, semua ibu berharap agar dapat melaluinya dengan cepat dan tidak terlalu menyakitkan.

Beberapa ibu memang cukup beruntung bisa melalui proses melahirkan cepat sehingga tak perlu berlama-lama di rumah sakit menunggu bukaan lengkap.

Baca juga : Doa agar Cepat Melahirkan Secara Normal dan Mudah

Bunda yang sudah pernah melahirkan dan sedang menunggu kelahiran anak kedua, ketiga atau bahkan keempat, biasanya lebih santai dan tidak terlalu tegang.

Apalagi jika jumlah anaknya banyak, proses melahirkan akan sama seperti sedang bersin saja saking mudahnya.

Bagi ibu baru, pengalaman melahirkan pertama kali tentu membuat cemas. Ditambah lagi mendengar kisah-kisah bagaimana lama dan menyakitkannya saat sedang merasakan kontraksi.

Video proses melahirkan cepat


Kami menemukan sebuah video berdurasi 3 menit yang mendokumentasikan proses melahirkan cepat di California, AS. Mungkin ini adalah persalinan normal tercepat karena total waktu yang dibutuhkan dari sejak sang ibu mendorong hingga bayinya keluar sekitar 30 detik saja.

Sang ibu yang bernama Monica Diaz mengaku di kolom komentar channel-nya bahwa ini adalah proses melahirkan paling cepat di antara dua persalinannya terdahulu. Ia tidak mengalami robekan sehingga tak perlu dijahit.

Rahasia agar proses melahirkan cepat

Bunda juga bisa merasakan proses persalinan yang cepat seperti Monica Diaz dari California. Berikut 9 rahasia yang bisa Anda praktekkan.

1. Tetap bugar dan sehat
rahasia proses melahirkan cepat - tetap bugar

Tekoa King, seorang bidan bersertifikat sekaligus profesor kebidanan dan ginekologi dari University of California, San Fransisco (UCSF) mengatakan bahwa jika ibu hamil tetap memiliki tubuh sehat dan bugar, ia cenderung memiliki waktu lahiran yang lebih singkat.

“Kebugaran meningkatkan daya tahan tubuh. Jika tubuh Anda cenderung lebih toleransi terhadap proses persalinan, Anda cenderung tidak memerlukan intervensi medis,” ujar Tekoa.

Cobalah untuk rutin berjalan kaki, berenang, atau melakukan senam kehamilan. Namun tentu saja, sebelumnya Bunda wajib bertanya dulu pada bidan atau dokter kandungan.

2. Ikut kelas melahirkan
Membiasakan diri dengan kelas persalinan akan membantu mengurangi kecemasan Bunda. Coba cari kelas yang tepat yang ada di sekitar Anda dan minta Ayah juga ikut menemani.

Pilih kelas kecil dengan jumlah peserta kurang dari 10 orang, instruktur yang bersertifikasi, serta yang sesuai dengan tujuan Anda.

Baca juga : Penyesalan ibu,"Bayiku sayang, maaf karena ibu terlalu mendengarkan omongan orang lain"

3. Tentukan siapa saja yang akan menjadi support system Bunda
Suami tentu saja akan terus berada di sisi Bunda dari sebelum persalinan hingga saat mengurus bayi nantinya. Namun mungkin Bunda membutuhkan pertolongan tambahan.

Menurut sebuah analisis uji klinis yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, wanita hamil yang didukung oleh doula (seorang profesional terlatih yang mendampingi ibu hamil dan melahirkan) memiliki kemungkinan 50% lebih sedikit membutuhkan operasi Caesar dan 30% lebih sedikit membutuhkan obat penghilang rasa sakit.

Didampingi oleh doula juga membuat ibu hamil mengalami persalinan 25% lebih singkat daripada yang tidak didampingi doula. Namun, Bunda tak harus memakai jasa doula.

Support system bisa berupa memilih dokter kandungan yang terpercaya, rumah sakit yang sesuai, atau orang yang akan membantu Anda dan suami dalam mengurus bayi nantinya.

4. Alihkan perhatian
Untuk Bunda yang baru pertama kali melahirkan, proses persalinan sekitar 12 – 14 jam. Jadi, ketika kontraksi dimulai, cobalah untuk tetap tenang.

Bila Bunda khawatir, cobalah untuk menghitung kontraksi dan tarik napas dalam setiap kali rasa sakit muncul. Alihkan perhatian dengan aktivitas lain, misalnya jalan-jalan, mandi, atau memanggang kue.

Apapun yang berhasil membuat Bunda rileks akan mempercepat proses persalinan.

5. Pilih camilan ringan
proses melahirkan cepat - makan camilan sebelum kontraksi

Camilan ringan pada tahap awal persalinan saat berada di rumah akan membantu Bunda memiliki energi yang cukup untuk melahirkan. Hindari makanan berlemak maupun makanan yang sulit dicerna karena perut yang terlalu kenyang akan membuat Bunda muntah ketika kontraksi mulai makin intensif.

Kontraksi otot dan pernapasan yang cepat selama proses melahirkan akan membuat Bunda kehilangan banyak cairan. Minum banyak air sebelum persalinan akan membantu persalinan jadi lebih cepat.

6. Mandi
Rasa nyeri karena kontraksi akan membuat otot-otot di sekujur tubuh menjadi tegang dan kaku sehingga akhirnya tubuh menjadi sangat tidak nyaman. Dokter Marcie Richardson, seorang dokter kandungan di Harvard Vanguard Medical Associates, Boston, mengatakan bahwa mandi air hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Untuk sensasi seperti dipijat, arahkan shower ke bagian punggung maupun pinggang.

Baca juga : Tulisan Menohok Ibu Muda ini "ibu macam apa aku ini?kok aku ngerasa belum jadi ibu yang baik"

7. Pijat
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Touch Research Insitute di University of Miami School of Medicine, wanita hamil yang dipijat oleh suami melaporkan bahwa rasa sakit dan kecemasan akan proses melahirkan berkurang dibanding mereka yang tidak dipijat.

Biarkan suami tahu bagian mana yang butuh dipijat, misalnya area bahu dan leher saat kontraksi awal datang. Lalu, tekanan kuat pada punggung bagian bawah selama tahap kontraksi yang intens.

Bunda juga boleh mengatakan kapan Anda tak ingin disentuh sama sekali.

8. Jangan berbaring
Tetap tegak saat mulai merasakan kontraksi memungkinkan gravitasi bumi memberi keuntungan saat proses persalinan nanti. Kepala bayi akan menekan leher rahim sehingga terjadi pembukaan.

Coba berbagai posisi – berdiri, berlutut, atau jongkok – dapat mengurasi ketidaknyamanan dan membantu mempercepat persalinan.

9. Tetap bernapas teratur
Pernapasan teratur tak hanya membuat Bunda fokus selama kontraksi namun sekaligus membuat Anda rileks. Selama persalinan, lakukan strategi relaksasi, misalnya tarik napas dalam-dalam, memvisualisasikan tempat favorit, atau mendengarkan musik.

Adakah Bunda yang juga mengalami proses melahirkan cepat?

Dalam islam juga terdapat doa yang dapat melancarkan dan memudahkan proses melahirkan, seperti yang diajarkan Rasulullah

Doa agar cepat melahirkan dan lancar.

Ternyata, di dalam Al-Qur’an ada beberapa ayat yang apabila dibaca agar bisa melahirkan dengan mudah. Ayat apa sajakah itu? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk bisa diamalkan.

1. QS. Fathir: 11
Ayat yang harus dibaca selanjutnya ketika hendak ataupun dalam proses persalinan adalah QS. Fathir ayat 11. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan).

Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya.

Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan mengenai kejadian Adam yang diciptakan langsung dari tanah, kemudian keturunannya dijadikan dari mani yang pada hakikatnya juga berasal dari tanah.

Karena mani itu berasal dari makanan dan makanan yang berupa beras, sayur-sayuran dan lain-lain berasal dari tanah.

Kemudian mereka dijadikan berpasang-pasangan, terdiri dari laki-laki dan wanita.

Tidak seorang perempuan yang mengandung atau melahirkan kecuali semuanya diketahui oleh Allah SWT, tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya.

Oleh sebab itu, serahkan semua kepada Allah dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Baca juga : Anak Kecanduan Gadget, Ibu ini Bagikan Solusi Ampuh Buat Anak Ogah Pegang Gadget Lagi

2. QS. An-Nahl: 78
Ketika hendak melahirkan atau sedang dalam prosesi lahiran, bacalah QS. An-Nahl ayat 78 ini agar Allah memudahkan segala sesuatunya. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

3. QS. Ar-Ra’d: 8
Selanjutnya ayat bisa dibaca untuk memudahkan ibu ketika hari persalinan terdapat dalam QS. Ar-Ra’d ayat 8.

“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya”

Tidak seorangpun yang telah ditetapkan berumur panjang, kecuali telah ditetapkan Allah lebih dahulu dan tertulis di Lohmahfuz, tidak akan bertambah dan tidak akan berkurang.

Oleh sebab itu, ketika dalam masa persalinan senantiasalah berdoa hanya kepada Allah SWT agar diberi kemudahan.

Sebab Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

4. QS.  Al-Zalzalah: 1 - 8
Ayat terakhir yang dianjurkan untuk dibaca ketika menghadapi persalinan agar dimudahkan terdapat dalam QS. Al-Zalzalah ayat 1-8. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya:

“Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.”

Sungguhlah Al-Qur'an telah menerangkan bahwasanya berbagai kemudahan hidup bisa didapatkan apabila kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti salah satunya doa supaya cepat melahirkan anak yang tercantum di dalamnya.

Ulasan terkait : Ingin Mendapat Anak yang Shalih, Pilih Saja Mulai Sekarang! Memangnya Bisa Ya?

Doa melahirkan mudah dan lancar

ﺤﻨﺎ ﻭﻟﺪﺖ ﻤﺭﻴﻡ ﻭﻤﺭﻴﻡ ﻭﻟﺪﺖ ﻋﻴﺴﻰ ﺍﺨﺮﺝ ﺍﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺪ ﺒﻗﺪﺮﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺪ

Hannaa waladat maryama wa maryama waladat ‘iisaa ukhruj ayyuhal mauluudu biqudrotil malikil ma’buudi

Artinya :

Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘sa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allah) yang disembah

Itulah ulasan mengenai doa agar cepat melahirkan selamat yang bisa diamalkan ketika tengah menghadapi persalinan.

Semoga doa melahirkan tanpa rasa sakit tersebut bisa menjadi kekuatan bagi wanita, dan memberikan ketenangan batin sampai nanti bisa memeluk buah hati dengan perasaan bahagia.
SHARE ARTIKEL