Bolehkah Menolak Laki-Laki Berwajah Buruk Namun Agamanya Baik ?

Komentar

Foto via merdeka.com, ilustrasi cewek dilamar cowoknya 

Apa benar boleh menolak?

Apalagi dijaman sekarang ini, kalau tidak yang ganteng dan dompet tebel jarang ada yang mau, seperti halnya dalam masalah ini, dilamar lelaki yang berwajah buruk, namun agamanya baik, tetapi sang wanita juga ingin memiliki suami yang tampan.

Baca juga : Video Istri Labrak dan Hajar Pelakor Bersama Suami di Kafe, yang Dilakukan Suami Bikin Geram

Pertanyaan :

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Ustadz, bagaimana hukumnya menolak lamaran laki-laki yang berwajah buruk namun memiliki agama yang baik?

Di satu sisi kami ingin menjadi wanita shalihah yang seringkali dipersepsikan sebagai ‘menerima laki-laki yang memiliki agama dan akhlak yang baik tanpa memandang hal-hal selainnya’. Namun di sisi lain, kami juga takut tidak ikhlas menjalankan kewajiban sebagai istri karena kecewa dengan fisik suami.

Atas nasihat ustadz, ana sampaikan jazakumullah khaira jazaa’

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

dari: Seorang akhwat yang gundah di bumi Allah

Jawaban :

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh

Sebagian orang beranggapan bahwa ciri wanita shalihah adalah wanita yang tidak pilih-pilih wajah lelaki yang penting baik agamanya alias bertakwa dan berakhlak mulia meski dia seorang yang buruk rupa.

Marilah kita cermati perkataan Khalifah Umar bin al Khaththab berikut ini:

قال عمر رضى الله عنه: لا تزوجوا بناتكم من الرجل الدميم فانه يعجبهن منهم ما يعجبهم منهن

Umar radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Janganlah kalian nikahkan anak gadis kalian dengan laki-laki yang bertampang jelek karena wanita itu menyukai laki-laki yang ganteng sebagaimana laki-laki itu menyukai perempuan yang cantik [Takmilah al Majmu’ Syarh al Muhadzdzab karya jilid 17 hal 214 karya Muhammad Najib al Muthi’i, terbitan Maktabah al Irsyad, Jeddah KSA]

Jadi boleh saja seorang wanita muslimah shalihah atau walinya menolak keinginan seorang laki-laki shalih sejati dan tidak ada alasan untuk menolak laki-laki tersebut melainkan karena dia adalah seorang yang buruk rupa. Namun ingat, yang namanya boleh itu tidak mesti wajib.

Baca juga : "Kentut" Senjata Paling Ampuh Mengusir dan Melindungi Diri dari Suami yang Tak Pengertian

Cobalah beristikharah agar Allah memilihkan yang terbaik, dan kita terhindar dari penyesalan di kemudian hari. Karena rencana Allah lah yang akan terjadi, bukan keinginan kita. Sehingga kita harus belajar banyak untuk ridha dengan pilihan Allah.

Wallahu a'lam Bishowab
Top