6 Hak Istri yang Perlu Disediakan Suami dari Segi Nafkah

Komentar

Foto via naungansurgablogspot.com

Suami harus sediakan 5 nafkah ini

Sudah berumah tangga apapun menjadi milik suami, kadang ada yang sama-sama bekerja jadi suami lupa melaksanakan hak yang seharusnya istri dapat, kadang juga suami yang bekerja namun uang hanya dipegang sendiri, ketahui ada 5 nafkah yang berhak diperoleh istri.

Menjalani hidup sebagai sepasang suami istri memang membahagiakan, namun juga penuh tantangan. Baik istri maupun suami memiliki perannya masing-masing.

Meski nggak saklek, sudah menjadi kesepakatan umum bahwa tugas seorang suami adalah menafkahi keluarga agar tercukupi kebutuhannya, sedang sang istri bertugas mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga.

Baca juga : 3 Ciri Wanita yang Mendatangkan Keberkahan dalam Rumah Tangga Menurut Rasulullah

Beberapa orang beramsumsi kalau nafkah yang harus diberikan seorang suami pada istrinya yaitu uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau yang umum dikatakan sebagai duit belanja, namun ada beberapa nafkah suami yang harus diberikan pada hak istri dilain uang belanja kebutuhan rumah

Dari segi nafkah suami kepada isteri, suami perlu sediakan 6 nafkah ini:

1. Makan dan minum istri.
2. Uang belanja. Menurut Dewan Zakat, potongan-potongan ke atas istri adalah 3000 setahun. Ketika dibagi 12 bulan jadi rm250 sebulan. 
3. Perlengkapan mandi
4. Obat / pengobatan
5. Pakaian atau baju baru 2 setelan dalam setahun, ini termasuk pakaian dalam, jilbab, sepatu, dll
6. Rumah yang nyaman, untuk istri anda hidup dalam damai dan termasuk tagihan-tagihannya

Kutipan kuliah lectures fawwaz 

Saran saya kepada istri, ketika anda sudah tahu bab nafkah ini, jangan menuntut lebih dari itu melebihi kemampuan suami anda. Apapun yang diperlukan ikut kemampuan suami. Jadilah kenyamanan seorang suami dalam segala keadaan.
.
Jika suami tidak mampu membelinya, sedikit suami yang sudah dibagikan kepada kita, kita harus tetap untuk bersyukur. Ketika bersyukur, semoga allah tambah berkah nikmat dan hidup bahkan lebih bahagia.

Satu lagi, tolong istri untuk percaya dengan uang yang diberikan suami kepada Anda. Seperti untuk belanja dapur, ketika memasak jangan terlalu banyak. Makan untuk berempat orang saja, tapi masak seperti 10 orang. Bila tidak habis, pasti disimpan dipeti untuk makan esoknya tapi basi.. akhirnya dibuang.

Baca juga : Satu Saja Ada Pada Dirimu dari 5 Filosofi Orang Jawa ini Bisa Buat Kamu Kaya

Kata ustadz, istri yang selalu seperti ini adalah istri yang khianat. Dia tidak amanah. Mungkin dia tak sadar perbuatannya itu bisa mendatangkan dosa.

Bagi suami yang istrinya bekerja juga, jangan seenaknya menggunkan uang istri tanpa izinnya. Janganlah uang untuk keperluan rumah menggunakan potongan gaji istri, seperti uang dapur pun dari uang istri. uang makan dari uang istri, malah bilang alasan uang gaji saya, saya simpan untuk emergency..untuk kegunaan kita jugak.

Anda, jika istri anda memaafkan, anda tidak akan berada di akhirat. Ada teman saya mengatakan padanya, suaminya setiap malam sebelum tidur akan selalu meminta maaf dan bertanya apakah dia memiliki kesalahan  tentang tanggung jawab atau dia mengambil uang istrinya. Ketika suami berbicara seperti itu pastilah kita tidak akan bisa tegar untuk tidak memaafkan, benar kan?
.
Istri jika anda bekerja, walaupun memang bukan tanggungjawab kita untuk cover belanja rumah, tapi jika suami memang tak mampu, kita belajarlah untuk sabar dengan ujian ini, belajar untuk ridha dan seterusnya bersyukur. Kenapa perlu syukur?

Bersyukurlah kerana di sebalik ketidak mampuan suami itu, ada hikmah tersembunyi. Allah rupa-rupanya mau membagi kita pahala besar.

Mulai sekarang, segala yang kita belanjakan untuk keluarga itu niatkanlah sebagai sedekah.

Sedekah pada keluarga terdekat, pahalanya sangat WOW melebihi pahala sedekah sabilillah kata ustaz.

Baca juga : 8 Rezeki yang Sudah Dibocorkan Dari Al-Qur'an dan Cara Mendapatkannya

Sentiasa ingat, hidup kita di dunia ini untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Surga itu kan mahal. Jadi perlu dana yang besar juga untuk bisa masuk surga.

Tanggung jawab suami dan isteri dalam berumah tangga.

Sesungguhnya sedekah itu menggugurkan dosa seperti air memadamkan api juga membentengkan kita dari pada api neraka.

Semoga bermanfaat. Wallahualam.
Top