Kenali 5 Gejala Pertanda Tubuh Sedang Mengalami Stres, Biar Nggak Semakin Parah

Komentar
Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.


gambar ilustrasi anda mengalami stres via pexels.com

Stress dapat menyebabkan perasaan negatif atau yang berlawanan dengan apa yang diinginkan, bahkan mengancam kesejahteraan emosional.

Stress dapat menggangu cara seseorang dalam menyerap realitas, menyelesaikan masalah, berfikir secara umum dan hubungan seseorang dan rasa memiliki.

Terjadinya stress dapat disebabkan oleh sesuatu yang dinamakan stressor, stressor ialah stimuli yang mengawali atau mencetuskan perubahan. Stressor secara umum dapat diklasifikasikan sebagai stressor internal atau eksternal.
  • Stressor internal berasal dari dalam diri seseorang (mis. Kondisi sakit,menopause, dll ).
  • Stressor eksternal berasal dari luar diri seseorang atau lingkuangan (mis. Kematian anggota keluarga, masalah di tempat kerja, dll ).
Lalu bagaimana cara mengenali jika tubuh anda sedang mengalami stres?

Dilansir dari Grid melalui brightside.me, kamu harus waspada jika tanda-tanda di bawah ini muncul pada tubuhmu.

1. Perubahan Berat Badan
Gambar ilustrasi perubahan berat badan (grid)

Saat tubuhmu stres, maka berat badanmu akan cenderung bertambah. 

Tubuh akan memperoduksi hormon kortisol dalam jumlah yang banyak saat sedang stres, jika hal tersebut terjadi maka tubuh akan membakar kalori dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Sering Flu

Orang-orang yang mengalami stres dalam waktu lama merasa susah untuk fokus. 

Jika kamu sudah mengalami susah fokus, mungkin sudah waktunya untuk segera menambah jadwal istirahat atau pergi berlibur.

3. Susah Fokus 

Orang-orang yang mengalami stres dalam waktu lama merasa susah untuk fokus. 

Jika kamu sudah mengalami susah fokus, mungkin sudah waktunya untuk segera menambah jadwal istirahat atau pergi berlibur.

4. Sakit Kepala 
gambar ilustrasi sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa alasan seperti, posisi tidur yang salah, tekanan darah rendah, sinusitis, dan masih banyak lagi. 

Terkadang sakit kepala juga disebabkan oleh stres yang kamu alami saat di rumah atau di tempat kerja. 

5. Masalah Tidur 

Saat stres kamu akan mengalami insomnia

Bahkan kamu tidak bisa menikmati hidup saat kamu sulit tidur. jika kamu suka mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi masalah tidurmu, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika sudah demikian, alangkah baiknya kita sejenak mengistirahatkan tubuh kita serta mencari hal-hal baru untuk me refres pikiran dan tubuh agar tidak stres.
Top