Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Komentar
Untuk bisa mendapatkan manfaat dan juga khasiat dari Buah Sawo secara maksimal, rutinlah mengkonsumsi Buah Sawo ini.



Buah Sawo (Manilkara Zapota) merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari daratan Amerika Tengah, tepatnya daerah Guatemala dan Meksiko. Orang Asia Tenggara bisa mersakan nikmatnya buah ini karena pada zaman dahulu, para pedagang dan penjelajah dari Spanyol membawa tanaman Sawo, dan menanamnya di Filipina. Dari situlah, kemudian tanaman Buah Sawo ini bisa menyebar ke seluruh daratan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Buah Sawo sering dijadikan sebagai Serbat, dibuat menjadi Es Krim, dan dijadikan sebagai selai. Sedangkan sari dari Buah Sawo bisa dijadikan sebagai Sirup, atau difermentasi menjadi anggur dan cuka.

Tanaman Buah Sawo sangat mudah ditanam, dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Tanaman yang batang pohonnya sangat kuat dan kokoh ini juga mempunyai usia hidup yang relatif panjang. Tinggi dari pohon Buah Sawo rata-rata bisa mencapai 30-40 meter.

Baca Juga : Tak Perlu Repot Beli Obat Mahal, Karena Bekas Lukamu Akan Hilang Seketika dengan Bahan Alami ini

Wow, ternyata dari buah yang berukuran kecil itu terdapat banyak sekali kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Nah, apakah anda sudah mengetahui manfaat dari Buah Sawo untuk kesehatan? Ini dia diantaranya:

1. Buah Sawo sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi
Di dalam buah Sawo, terdapat kandungan Fosfor dan Kalium yang tinggi, sehingga jika kita mengkonsumsinya secara rutin kita bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Akan tetapi, walaupun memiliki kandungan Fosfor dan Kalium yang tinggi, Buah Sawo tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Balita, karena akan mengganggu pencernaannya.

2. Buah Sawo sangat baik untuk Ibu Hamil
Bagi Ibu yang sedang hamil, vitamin C merupakan nutrisi yang wajib dipenuhi karena daya tahan tubuhnya akan terjaga. Dengan mengkonsumsi Buah Sawo yang kaya akan kandungan vitamin C, kebutuhan nutrisi vitamin C si Ibu akan tercukupi. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, masalah Sembelit yang menyerang Ibu Hamil pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi Buah Sawo ini.

3. Buah Sawo sangat baik untuk Mata
Selain kaya akan kandungan vitamin C, Buah Sawo ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A inilah yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari indera penglihatan kita.

4. Buah Sawo mampu mencegah Kanker Usus
Faktanya, tubuh manusia mebutuhkan serat yang cukup agar metabolisme di dalam tubuh seimbang dan juga terjaga. Nah, dengan mengkonsumsi Buah Sawo yang memilki kandungan serat yang cukup tinggi, rasa khawatir anda akan terserang penyakit Kanker Usus akan hilang.

5. Percantik kulit dengan mengkonsumsi Buah Sawo
Dan inilah manfaat yang ditunggu-tunggu oleh kaum hawa, yakni tips kecantikan dengan menggunakan Buah Sawo. Selain rasanya yang manis dan juga lezat, Buah Sawo memiliki kemampuan untuk membuat kulit anda tampak lebih bercahaya. Kandungan vitamin E di dalamnya, sangat ampuh untuk mencegah penuaan dini pada kulit anda, serta mampu menjaga kelembaban kulit anda.

6. Buah Sawo bisa mencegah Diare
Daun dan batang dari Buah Sawo mengandung Flavonoida dan Saponin yang berguna untuk menyerap air di dalam tubuh, serta bermanfaat untuk mencegah anda dari serangan diare.

Baca juga : Jantung Sehat dengan Konsumsi Makanan Ini

7. Jaga kesehatan pencernaan dengan mengkonsumsi Buah Sawo
Buah Sawo mengandung Tanin yang berperan sebagai Antiperadangan, Antivirus, Antibakteri, dan juga Antiparasit. Dengan mengkonsumsi Buah Sawo yang kaya akan Tanin secara seimbang, anda dapat menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dan juga khasiat dari Buah Sawo secara maksimal, rutinlah mengkonsumsi Buah Sawo ini, disertai dengan konsumsi nutrisi lain yang penting juga untuk tubuh.
semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat anda.
Top