Komunikasi Memang Penting Bu, Tapi Lihat, ini yang Akan Terjadi Jika Ibu Menyusui Bayimu Sambil Main HP

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 19 Oct 2017
Komunikasi Memang Penting Bu, Tapi Lihat, ini yang Akan Terjadi Jika Ibu Menyusui Bayimu Sambil Main HP


Bahaya Menyusui Sambil Main Handphone, Para Ibu Wajib Baca!

Fenomena yang sering kita lihat yaitu banyak Ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya tapi sambil menggenggam HP, memang terlihat wajar saja, tapi siapa sangka akibatnya bisa seperti ini...

Kehadiran teknologi canggih seperti smartphone seakan tak bisa terpisahkan dalam kehidupan sebagian orang yang sudah terbiasa menggunakan perangkat elektronik digital tersebut. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, kini sudah disulap menjadi ponsel pintar yang memiliki beragam fitur menarik untuk menemani aktivitas sehari-hari, termasuk media sosial, kamera, pemutar musik, game, hingga buku elektronik.

Tak hanya anak muda yang mengalami ketergantungan pada gadget, tapi ibu-ibu pun juga sangat tergantung pada gadget, terutama para ibu muda modern yang baru saja menyambut kelahiran buah hatinya.

Bahkan, banyak dari mereka memberikan ASI pada bayi sambil memainkan handphone, atau disebut juga dengan brexting, kependekan dari breast texting.
Otomatis, kebiasaan mengecek atau menggunakan HP saat menyusui bayi akan membuat perhatian dan fokus ibu mudah terdistraksi.

Hal ini telah menjadi perhatian para pakar pengasuhan anak dan dokter. Para dokter memperingatkan bahwa kebiasaan brexting dapat mengganggu proses keterikatan antara ibu dan bayi yang terjalin saat menyusui.

BACA JUGA : "Bentakanmu Itu 1000 Kali Lebih Menyakitkan dari Pada Menahan Sakit Melahirkanmu Nak"

Keterikatan ibu dengan anak selama masa awal kehidupan amat penting, sehingga bila keterikatan ini terinterupsi, maka anak kemungkinan akan mengalami masalah kecemasan di masa mendatang.

"Ibu dapat kehilangan petunjuk bahwa bayi sudah merasa kenyang, masih lapar, tidak nyaman, atau kesulitan mencerna," ujar psikolog Kateyune Kaeni dikutip dari Livescience.

Nah, itulah bahaya dari penggunaan gadget saat sedang menyusui bayi. Jangan sampai keasyikan ibu yang menyusui sambil bermain gadget ini dapat mengganggu perkembangan anak. Semoga para ibu dapat memahaminya dan menjauhi kebiasaan buruk ini demi sang buah hati tercinta.
SHARE ARTIKEL