Inilah Presiden Termiskin Di Dunia Yang Tak Pernah Lupa Sedekah

Komentar
Apa Iya, Masa Orang Miskin Jadi Presiden ..




Mendengar kehidupan seorang presiden, mungkin yang terbayang oleh kita adalah sebuah Istana Negara dengan perabot mewah, mobil mewah dan pengawal yang siap melindungi kemanapun pergi.

Baca Juga : Tidak Ada yang Menyangka Seorang Satpam Bisa Menjadi Presiden

Jangankan di tempat tinggal sendiri, desa terpencil pun akan segera diaspal dan dibenahi jika presiden akan datang. Tapi, berbeda dengan presiden satu ini yang bahkan jalan ke rumahnya belum diaspal, beliau tinggal di sebuah rumah sederhana di tanah pertanian yang jauh dari ibu kota.

Ia adalah Jose Mujica, presiden Uruguay yang dilantik pada tahun 2014 lalu. Politisi berusia 79 hanya dikawan dua polisi dan satu anjing buntung bernama Manuela setiap ia bepergian untuk urusan kenegaraan. Jose Mujica sebenarnya berhak atas gaji Rp. 120 juta, namun 95 persen dari gajinya selalu disumbangkan untuk rakyat miskin dan pengusaha kecil sehingga ia hanya menerima Rp. 800 ribu setiap bulannya.

Jose Mujica mengisi waktu luangnya dengan berkebun dan mennam bunga untuk menambah penghasilannya. Ia juga bahkan tetap mengendarai mobil VW tuanya meski berhak atas fasilitas mewah sebagai seorang presiden.

Namun, Jose Mujica sudah tidak menjabat lagi sebagai presiden sejak Maret lalu, karena menurut undang-undang Uruguay, seorang presiden hanya bisa menjabat satu periode saja. Banyak warga yang merasa sedih dan kehilangan karena tidak lagi dipimpin oleh sosok lelaki yang kerap dipanggil Pepe ini.

“Bila dia datang kami kenyang. Dia akan memberikan setiap lembaran uang yang dia miliki untuk rakyatnya. Tidak ada yang seperti dia. Tidak ada,” ujar seorang warga

Meski disebut presiden termiskin di dunia, namun Jose Mujica tidak pernah merasa dirinya miskin. Menurutnya, orang miskin adalah orang yang selalu menginginkan gaya hidup mahal, dan terus menginginkan yang lebih lagi meski ia telah mencapai yang ia inginkan sebelumnya.
Top