10 Makanan Sehari Hari Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Militus.Wajib Diketahui

Komentar
mulai sekarang berhati hatilah dalam memilih makanan. mungkin makanan makanan ini tidak asing lagi buat kita bahkan sering kita jumpai bahkan juga sering kita nikmati, berhati hatilah makanan yang sering kita makan sehari hari dapat memicu penyakit diabetes militus.



memilih makanan yang sehat pada jaman sekarang memanglah sulit pada era modern semua makanannya cepat saji. anda haruslah jeli dalam memilih makanan sehat untuk diri anda dan kenali terlebih dahulu makanan apa saja yang dapat menyebabkan diabetes militus.

Baca juga :  10 Makanan Sehari Hari Penyebab Kanker Yang Wajib Diketahui..!!

Makanan penyebab diabetes melitus paling sering terdapat di sekeliling kita. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Ada beberapa orang yang menderita diabetes karena ada keturunan garis keluarga yang memang memiliki resiko besar. Sementara beberapa orang menderita diabetes karena pola makan dan gaya hidup tidak sehat. Jadi ada banyak hal yang bisa mendorong Anda untuk menderita diabetes.

Salah satu kesadaran umum yang harus didapatkan adalah merubah pola makan dan kebiasan hidup yang baik. Menghindari berbagai jenis makanan yang memicu diabetes bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan diabetes :

1. Permen



Berbagai jenis permen memang bisa membuat mulut menjadi lebih nyaman. Tapi permen diolah dipabrik dengan menambahkan bahan pemanis dan pengawet makanan. Gula kecil dalam permen memang tidak terasa, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih tinggi. Biasanya efek permen memang tidak akan langsung terjadi tapi butuh waktu lebih lama. Pantangan diabetes ini jika dilanggar, maka bisa langsung terkena naiknya gula darah.

2. Kue Kering



Berbagai jenis kue kering memang selalu ada di meja, terlebih saat ada perayaan hari tertentu. Namun kebiasaan makan kue kering berlebihan ternyata bisa menyebabkan diabetes. Kue kering cenderung merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, berbagai jenis bahan tambahan lain dalam kue seperti minyak, gula, coklat dan selai membuat kadar gula dalam tubuh menjadi lebih cepat naik. Sebaiknya mulai sekarang Anda bisa menggantikan kue dengan makanan lain seperti buah-buahan.

3. Kentang Goreng



Makanan penyebab diabetes melitus lainnya adalah kentang goreng, bahaya kentang goreng wajib kita waspadai. Kentang goreng menjadi makanan yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika ada banyak minyak dan karbohidrat padat pada kentang goreng. Karbohidrat ini membutuhkan kerja keras insulin untuk mendukung proses metabolisme. Karena itu sulit bagi tubuh untuk mencerna kentang goreng. Banyak orang yang melewatkan hal ini sehingg,  tidak mengetahui makanan kesukaan ternyata menjadi penyebab diabetes. Anda bisa menggantinya dengan kentang rebus atau kentang kukus.

Baca juga : 3 Campuran Bahan ini Ampuh Sembuhkan Penyakit Kolestrol, Darah Tinggi dan Asam Urat

4. Minuman Soda



Minuman soda biasanya banyak dikonsumsi oleh remaja. Namun bahaya minuman soda berlebihan bisa menyebabkan kadar gula naik dengan cepat. Soda mengandung gula tambahan atau zat pemanis tambahan yang bisa membuat kadar manis menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan gula biasa. Karena itu banyak minum soda akan meningkatkan resiko diabetes yang lebih tinggi.

5. Makanan Cepat Saji



Kebiasaan makanan cepat saji memang berhubungan dengan pola atau gaya hidup yang kurang sehat. Banyak orang lebih memilih makanan cepat saji karena lebih praktis dan tidak perlu repot. Namun bahaya makanan cepat saji yang lebih banyak terdiri dari makanan yang digoreng, daging merah dan nasi bisa membuat angka gula darah menjadi lebih tinggi. Kandungan kalori makanan cepat saji akan meningkatkan kadar gula menjadi lebih cepat. Karena itu Anda bisa mengkonsumsi makanan cepat saji namun tidak terlalu sering dan dalam porsi yang lebih kecil.

6. Kopi



Terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan tubuh terancam diabetes. Bahaya kafein akan menyebabkan tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang lebih tinggi. Namun pankreas dalam tubuh mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan insulin sehingga, menyebabkan kadar gula dalam tubuh tidak bisa masuk ke dalam sistem metabolisme. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh bisa terkena diabetes. Gejala awal yang paling perlu diperhatikan seperti gemetar, tubuh tidak nyaman dan emosi yang tidak stabil.

Baca juga : 5 Ancaman Kesehatan ini Sedang Mengintaimu , Jika kamu Masih Sering Minum Es Teh Manis

7. Susu



Susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan meningkatkan reaksi tubuh terkena resistensi insulin. Resistensi insulin berarti bahwa tubuh membutuhkan banyak insulin untuk memecah kadar gula darah namun tubuh tidak memiliki cadangan insulin yang cukup. Kondisi ini akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Susu untuk anak-anak memang sangat baik untuk cara menjaga kesehatan tulang dan jaringan tubuh. Namun untuk orang dewasa sebaiknya mengganti susu dengan susu rendah lemak.

8. Mangga



Buah mangga juga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang terbatas maka bisa memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin C dan membuat tubuh menerima mineral yang lengkap. Namun orang yang selalu makan lebih dari lima buah mangga setiap hari bisa terkena diabetes karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Karena itu Anda tidak perlu menghindari mangga namun hanya makan dalam jumlah yang kecil saja.

9. Apel



Apel memang buah yang penuh dengan manfaat. Kandungan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Namun jika makan apel dalam jumlah yang banyak setiap hari maka bisa menyebabkan diabetes. Apel mengandung karbohidrat komplek yang lebih tinggi sehingga bisa membuat tubuh mengalami reaksi resistensi insulin.

10. Nanas



Nanas memang buah yang manis, berair dan sangat menyegarkan. Namun makan buah nanas yang berlebihan akan menyebabkan Anda terkena diabetes. Termasuk jika nanas diolah menjadi jeli atau selai yang ditambah dengan gula. Nanas mengandung jumlah karbohidrat yang cukup tinggi meskipun ada kandungan gula alami yang menyehatkan. Kunci utama makan nanas yang baik adalah makan dalam jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan.

setelah kalian ketahui makanan makanan itu dapat menyebabkan kanker kurangi porsi dalam mengkonsumsi makanan tersebut. mulailah hidup sehat serta makan makanan yang bergizi
Top