Percaya Atau Tidak Mitos-mitos Orang Tua Jaman Dulu Tidak Bisa Diremehkan

Komentar



PERCAYA ATAU TIDAK TERSERAH ANDA MENYIKAPINYA

Pernah mengalami atau pernah di ingatkan orang tua jaman dulu mengenai mitos-mitos seperti ini ?

Mengeluarkan suara ketika makan karena dapat berakibat menjadi gunjingan orang..

Mitos adalah sesuatu hal berupa wacana dapat berupa ceirta, asal-usul, atau keyakinan yang keberadaanya satu paket dengan pantangan yang tak boleh di langgar.

Mitos juga bisa di artikan "pamali" (dosa) bisa kualat, keberadaan mitos sangat erat kaitannya dengan adat istiadat atau budaya yang masih bersifat tradisional.

Mitos dengan aturan yang telah lampau tidak bisa begitu saja disisihkan, akan banyak hal yang harus dilalui untuk menciptakan perubahan itu.

Tetunya tidak semudah menutup buku, Pantangan tersebut tentunya berawal dari banyaknya kasus yang terjadi karena melanggar pantangan tersebut meski segala sesuatunya adalah bersandarkan atas kehendak Tuhan.

Percaya atau tidak… terserah bagaimana anda menyikapinya.

Berikut ini adalah contoh mitos-mitos yang sering kita dengar dari orang tua kita dulu, seperti yang dikutip wajibbaca.com dari  mohamadarifwicaksono.wordpress.com :

  1. Berfoto bersama dalam jumlah ganjilJanganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.
  2. Bangun Tidur terlalu siangJika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh.
  3. Duduk dipintuAnda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena dikhawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit (kesambet).
  4. Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebatJanganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).
  5. Mengeluarkan suara ketika makanJanganlah anda mengeluarkan suara ketika sedang makan, karena akan berakibat menjadi bahan gunjingan orang lain.
  6. Disarankan bagi wanita yang sedang hamil untuk meletakkan gunting dibawah bantal ketika hendak tidur.
    Agar wanita hamil dan bayi yang ada dalam kandungannya terhidar dari pengaruh mistik dan guna-guna serta gangguan mahluk halus seperti kuntilanak.
  7. Disarankan menempatkan/menaruh bawang merah, cabe merah atau kacang hijau dibawah/disekitar tempat anda menyimpan uang
  8. Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan bajuJanganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.
  9. Kebiasaan memakai baju sambil berjalanJanganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.
  10. Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong)Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper sex, dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan suaminya.
  11. Kebiasaan mencabuti bulu alis mataJanganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan intim.
  12. Memotong Kuku menurut hariJanganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.
Benarkah mitos – mitos tersebut akan kebenarannya ? Berbeda dengan masyarakat tradisional yang masih meyakini adanya mitos sebagai sesuatu yang harus diperlakukan hati-hati, masyarakat modern tidak begitu adanya, mungkin karena telah banyak fasilitas canggih yang bisa menepis kepercayaan tentang mitos tersebut., Semoga bermanfaat.

Top