Bintik Berair dan Gatal Sering Muncul di Tangan? Banyak yang Tak Tahu Semudah ini Cara Mengatasinya



Bintik Seperti ini Dianggap Sebagai Alergi Serius, Padahal Cuma Begini Cara Mengatasinya

Apa anda pernah menyadari adanya bintik air di tangan yang kadang terasa gatal, tapi justru semakin digaruk malah semakin sakit? Bintik air kecil ini sebenarnya benda apa ya? Mengapa sering muncul di hari yang panas?

Bintik air ini ternyata memiliki nama lainnya, yaitu khan herpes, biasanya akan terjadi pada kulit yang sensitif, seperti eczema. Biasanya bintik air yang kecil akan tumbuh di tangan atau kaki. Walaupun tidak kamu sentuh pun, dalam 1-2 minggu dia akan mengering dan mengelupas. Tapi yang paling menyebalkan, bintik air ini akan kembali muncul terus-menerus dan mempengaruhi kehidupan kamu.

Mengapa bisa muncul bintik air seperti ini?

Sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya, namun diperkirakan ini berhbungan dengan tangan dan kaki yang sering berkeringat dan kulit yang lebih sensitif.

Biasanya penyakit seperti ini juga tidak akan menular pada orang lain. Kalau begitu apa yang harus dilakukan kalau ada bintik air seperti ini?

Sebenarnya kamu bisa mengoleskan loion calamine, ini sangat murah dan mudah untuk dicari di apotek.

BACA JUGA : Pernah Lihat Tanaman Ini? Anda Akan Kaget Setelah Melihat Khasiatnya Berikut ini

Selain itu, kalau bintik ini sudah mulai mengelupas, kamu perlu mengoleskan krim kortikosteroid. Dalam 3-5 hari, akan membaik. Kamu juga bisa mengoleskan sedikit pelembab atau lotion supaya bisa melindungi kulit.

Kalau kamu merasa sangat amat gatal, biasanya dokter akan memberikan obat untuk menghentikan gatal. Apa saja yang harus kamu perhatikan kalau muncul bintik air seperti ini?

1. Jangan digaruk!

Mungkin memang sangat gatal, tapi semakin digaruk justru akan membuat bintik ini semakin parah, jadi usahakan untuk melakukan hal lain supaya fokusmu tidak pada gatal.

2. Memelihara tangan dan kaki

Tentunya kamu harus selalu memperhatikan kebersihan tangan dan kaki, atau bisa memakai sedikit bedak supaya keringat tidak terlalu banyak. Untuk tangan, usahakan agar tidak terlalu sering menyentuk detergen, sabun cuci dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan sabun bayi atau mengoleskan lotion untuk tangan.

3. Kalau kamu tahu kulit tu sensitif pada beberapa makanan, kamu perlu memperhatikan dan menghindarinya.

4. Beristirahat

Kamu bisa membuat dirimu santai, karena sebenarnya waktu kan stres atau kelelahan, malah akan semakin parah bukan? Kamu harus memiliki kebiasaan yang baik, jangan begadang dan memiliki pola makan yang teratur.

Perlu diingat, kalau di kulitmu muncul bintik air seperti ini, memangmudah disembuhkan dengan obat, tapi kalau bisa jangan menggunakan obat kulit sembarangan, kamju bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Sekarang udah tahu kan penyakit apa ini sobat?
Top