WASPADA! Beras Mengandung Sabun Pencuci Piring Beredar. Jika Ini Ada Diberas Anda, Jangan Dimakan!

Beras merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Tapi sayangnya, banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan bahan kimia agar bwras lebih awet dan putih. Padahal. Beras untuk dikonsumsi dan dimasukkan ke dalam tubuh. Seperti satu ini.


BACA JUGA: Habis Benturkan Kepala Siswa ke Tembok, Kepsek Dengan Santainya Ajak Keluarga Siswa Berdamai

Dikutip dari tribunnews, tim satgas pangan menggrebek praktik curang di sebuah gudang beras di Dusun Terongbangi, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme.

"Berasnya dicampur cairan pencuci piring. Pas penggilingan, air dicampur dengan sabun itu. Jadi seperti dicuci," kata Kasatreskrim Polres Gresik AKP Adam Purbantoro, pekan lalu.

Proses pencucian ini sama dengan proses pencucian dengan air yang umum dilakukan di tempat penggilingan padi. Namun, air yang dipakai dicampur dengan sabun pencuci piring merek terkenal.

Takaran yang digunakan, yakni dua tutup botol sabun per 10 liter air. Adapun barang bukti berupa beras 1.5 ton.

Beras yang belum “dicuci” di gudang berwarna cokelat kusam. Setelah menjalani proses pembersihan dengan sabun, hasilnya beras jadi putih bersih.

Hingga saat ini, polisi belum menentukan tersangka pada kasus ini. Termasuk kepada pemilik gudang berinisial S.

Menurut Adam, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium. Tim Satgas Pangan juga belum menelisik dugaan kecurangan lain. Selama ini, wilayah edar beras tersebut masih lokalan, tersebar di wilayah Gresik.

Praktik curang yang dilakukan S di gudangnya diduga sudah berlangsung sejak 2013. Dugaan itu berdasar dari awal operasi gudang. Sementara, praktik itu baru terendus tim Satgas Pangan sekitar 1-2 bulan sebelum penggerebekan.

Bagi para pelaku usaha penggilingan beras, praktik-praktik curang oleh oknum sudah berlangsung lama. Namun pada umumnya, mereka cenderung tertutup kepada sesama pelaku usaha penggilingan beras.

Wah jangan sampai twrkecoh ya. Karena mengandung deterjen, pasti beras tersebut akan berbau wangi khas cuci piring. Begitu juga warnanya yang putih mencolok. Perhatikan juga air bekas cucian beras jika ada gelembung, tandanya anda patus waspada.
Top