Sebagian Orang Terkadang Sengaja "MENULIKAN" Telinga Ketika Mendengar Adzan Padahal Ada Manfaatnya



EBAIKNYA DIAM KETIKA MENDENGAR ADZAN, INI MANFAATNYA!

Dengerin adzan, tapi tetep ngobrol? Atau dengerin dengan penuh perhatian sambil menjawab adzan?

Jangan diremehin loh. Ternyata diam mendengarkan adzan bermanfaat banget.

"Woi, woi, adzan, woi! Dengerin dulu!"

Ketika ada yang ngomong kayak gitu pas kamu lagi ngobrol bareng temen-temen, apa yang kamu lakuin, Sob?

Dengerin adzan, tapi tetep ngobrol? Atau dengerin dengan penuh perhatian sambil menjawab adzan?

Jangan diremehin loh, Sob. Ternyata diam mendengarkan adzan bermanfaat banget demikian lansiran dari annida-online.

1. Menenangkan pikiran

Saat sedang hectic dengan pekerjaan di siang hari dan rempong ngejar supaya beres di sore hari, mendengar adzan dhuhur dan ashar jadi oase tersendiri. Bener nggak, Sob? Berasa ada yang adem dan ada jeda waktu buat menenangkan hati serta pikiran saat adzan dikumandangkan, lalu kita diam dan mendengarkan.

2. Pengingat diri

Apapun aktivitas yang sedang kita lakukan atau apapun yang sedang kita geluti, saat diam mendengarkan adzan menjadi momen spesial. Kita jadi memiliki waktu untuk mengingat lagi bahwa kita cuma hamba Allah yang hidup karena Allah dan akan kembali pada-Nya suatu saat nanti.

3. Membuka peluang terkabulnya doa

Daripada ngobrol, mendingan diam mendengarkan adzan dan memanjatkan doa, Sob. Saat adzan berkumandang adalah salah satu waktu doa jarang tertolak. Dari Sahl bin Saad bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ada dua yang tidak tertolak dan jarang tertolak; doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk." (HR. Abu Dawud, Baihaqi, dan Hakim).

4. Balasannya surga!

Orang yang mendengarkan adzan dan meyakini apa yang diucapkannya, maka dia mendapat janji surga dari Rasulullah. Hadits dari Abu Hurairah, ia berkata, "Pernah ketika kami sedang bersama Rasulullah, Bilal bangkit untuk menyerukan adzan. Tatkala Bilal diam, Rasulullah bersabda, "Siapa yang mengucapkan seperti ucapannya muadzin disertai dengan keyakinan, maka ia pasti masuk surga." (HR. An Nasa'i no. 674, dihasankan Al Imam Al Albani dalah shahih sunan An Nasa'i).

BACA JUGA: Maafkan Aku Istriku, Rumah Tangga Ini Sepertinya Jadi Neraka Bagimu Namun Kelak Menjadi Surga Karena Keikhlasanmu

Allahu a'lam.
Top