"Pohon Buah Ini Tumbuh Liar Dibelakang Rumah Banyak Orang Yang Meminta" Ternyata Diselidiki Buah Ini Sebagai Obat Alami

Komentar
JANGAN DIBUANG DAN DIBUAT LEMPAR-LEMPARAN, BUAH INI COCOK BUAT SI PENDERITA KENCING MANIS

Banyak yang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari buah ini, padahal jika di manfaatkan dengan benar bisa mengobati penyakit diabetes loh bunda, simak ulasannya..



Jamblang (Eugenia cuminni, Merr. atau Syzygium jambolanum Miq.) sering disebut duwet atau juwet. Juga dikenal sebagai plum jawa (java plum).

Pohon jamblang bisa mencapai tinggi 10 - 20 m dan bergaris tengah 60 cm.

Buahnya biru keunguan, lonjong agak segi empat panjangnya 10-20 mm, diameter 5-10 mm, berkulit halus, dan berbiji tunggal.

Buah matang warnanya berubah dari ungu kemerahan menjadi ungu gelap. Rasanya manis asam, agak sepat, sering dimakan sebagai buah atau manisan.

Ada jenis yang berwarna putih, dinamai duwet putih. Namun jarang ditemui dan kurang populer.

Walaupun rasanya lebih manis, lebih segar, dan kurang sepat. Buah duwet masih satu keluarga dengan jambu air dan cengkih.

Jamblang mengandung asam galat, glukosida phytomelin, dan senyawa tanin.

Asam galat mampu mengerutkan saluran kencing, glukosida phytomelin mempercepat penyembuhan luka, dan senyawa tanin pada biji jamblang bermanfaat untuk menurunkan kolestrol.

Mengandung karbohidrat, berbagai macam vitamin, asam organik, tanin, dan resin merah gelap. Juga terdapat antosianin, salah satu anggota senyawa polifenol.

Buah duwet mempunyai daya antioksidan tinggi. Kemungkinan disebabkan oleh warna ungu atau pigmen ungu yang disebut antosianin.

Daya antioksidan  buah duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Pada buah mentah yang masih hijau, daya antioksidannya rendah.

Buah hampir masak berwarna merah dan masih keras, daya antioksidannya meningkat. Buah masak yang berwarna ungu, daya antioksidannya paling tinggi.

Karena itu, buah duwet sebaiknya dikonsumsi pada saat sudah masak.

Jamblang juga berkhasiat meredakan batuk kronik karena asma, batuk rejan, dan batuk yang berkaitan dengan TBC dan nyeri.

Kalau terlalu banyak makan buah jamblang bisa menyebabkan susah buang air seni.

Kegunaan dan penggunaannya:

Diabetes: Tumbuk halus 15 biji jamblang, lalu rebus menggunakan 2 gelas air. Minum ramuan ini 3x sehari.

Ngompol: Tumbuk halus 7 biji jamblang, lalu rebus menggunakan 1 ½ gelas air dan sedikit gula aren, sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sekaligus pada sore hari sampai ngompolnya sembuh.

Mudah beser: Makan 10 buah jamblang yang sudah diberi garam.

Diare: karena masuk angin: Rebus 6 cm kulit pohon jamblang yang sudah dikeringkan menggunakan 1 gelas air selama ½ jam. Saring dan minum airnya 3x sehari.

Batuk kronik: Ambil 15 g buah duwet segar, buang bijinya dan makan. Lakukan 3x sehari.

Batuk rejan: Ambil 15 g buah yang telah dikeringkan, kantong empedu ayam betina, dan gula pasir secukupnya. Tambahkan air dan kukus sampai masak. Makan sehari sekali
Top