Masyaallah, Sungguh Banyak Keistimewaan Air Menurut Al-Quran, Hadis, dan Sains

Komentar

Sunggu banya kenikmatan allah didunia ini,tapi terkadang sempat diabaikan oleh beberapa manusia, contonya saja air tidak kurang-kurang allah meberi air untuk kita,tapi mungkin sebagian besar manusia kurang bersyukur dengan nikmat itu.

“Demi air yang tercurah…” (QS. al-Waqiah: 31).



Menurut para ahli tafsir, apabila Allah sudah bersumpah dengan nama sesuatu berarti Allah menghendaki kita untuk memperhatikannya dengan seksama, seperti yang terdapat dalam beberapa ayat-Nya;


  • wal ashr (demi waktu)
  • wattinii wazzaituun (demi buah tin dan zaitun)
  • wadh dhuhaa (demi watu dhuha)
  • wallail idza yaghsyaa (demi malam)
  • wasy syamsi wadh dhuhaha (demi matahari dan cahayanya dipagi hari)
  • wal qalami wama yasturuun (demi pena dan apa yang mereka tulis)
  • wamaaim maskuub (demi air yang tercurah)


Berarti ada sesuatu yang istimewa dalam diri air ini, yang mana harus kita perhatikan dengan seksama.

Keistimewaan air memang sangat dirasakan oleh seluruh makhluk Allah terutama manusia.

“…dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. …” (QS. al-Furqan: 48-50).

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan air untuk manusia, dan dengan air itu pula setiap makhluk merasakan kehidupannya menjadi lebih sehat dan nyaman. Jika Allah menghentikan memberikan air itu kepada diri kita, niscaya kita akan mati dalam waktu singkat. Yedi Purwanto dalam Jurnal Sosioteknologi Edisi 13 Tahun 7, April 2008 mengatakan, berdasarkan keterangan dokter, manusia dapat bertahan hidup selama 5-7 hari tanpa makanan. Tetapi manusia tersebut harus mendapatkan air untuk tubuhnya. Jika demikian adanya, tentu manusia tidak dapat hidup tanpa air. Oleh karena itu, tidak salah jika pada awal tulisan ini, saya memulainya dengan membaca kalimat pujian (tahmid) untuk Allah karena penciptaan air sangat luar biasa manfaatnya untuk tubuh manusia.

Mengapa kita membutuhkan air? Setelah saya mencari jawabannya dari beberapa website di internet, berikut ini beberapa di antaranya:


  1. Fakta menyebutkan bahwa sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Kalau kita kekurangan air, tentu semua organ itu tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan menyebabkan kematian.
  2. Sebagai media yang mengantarkan vitamin dan mineral ke seluruh sel dan organ tubuh. Jika kita kekurangan air, vitamin dan nutrisi yang sudah kita konsumsi akan terhambat. Akibatnya daya tahan tubuh akan melemah.
  3. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
  4. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
  5. Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Kekurangan air putih menyebabkan kulit kering dan berkerut.
  6. Sebagai penjaga temperatur tubuh. Khususnya bagi kita yang hidup di iklim tropis, kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi, rusaknya sel syaraf dan penurunan kondisi tubuh. Air sebagai mediator yang berfungsi membantu membuang racun dalam tubuh kita yang tentu saja keluar dalam bentuk air seni.
  7. Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.
  8. Sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh untuk membantu mengontrol tekanan darah.
  9. Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan, dll.
  10. Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.
  11. Membantu memelihara volume darah dalam tubuh sehingga kita mendapatkan keseimbangan energi yang baik.
  12. Membantu program diet (pengurangan lemak dalam tubuh untuk mengurangi berat badan). Dengan cukup minum air maka proses pembakaran kalori dalam tubuh akan berjalan secara baik.
  13. Membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Saya pernah menderita sakit kepala dan demam, lalu saya dianjurkan untuk banyak minum, kemudian saya banyak minum. Dan, memang benar khasiat dari minum air ini, sakit kepala dan demam saya berangsur-angsur hilang, walaupun saya beberapa menit sekali harus ke WC, tapi itulah cara kerja air untuk menormalkan kembali suhu tubuh saya. Justru sangat tidak normal apabila kita banyak minum tetapi tidak banyak buang air kecil, berarti ada masalah pada metabolisme tubuh kita.



Saya sarankan untuk menggunakan terapi air bagi para penderita sakit kepala dan demam karena manfaatnya benar-benar telah saya rasakan. Saya juga menyarankan untuk menggunakan terapi ini untuk penyakit-penyakit yang jauh lebih berat. Mungkin efek positifnya tidak langsung datang setelah meminum air, tetapi ia dapat mengobati kita secara bertahap, lebih alami, dan sama sekali tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Dan, menurut anjuran dokter, pada kondisi tubuh normal, kita memerlukan asupan air sebanyak dua liter sehari. Jika demikian, tentu asupannya dapat sedikit lebih banyak apabila kita sedang sakit.

Selain itu, agar air menjadi berkah dan jauh lebih bermanfaat, alangkah baiknya air itu kita bacakan doa terlebih dahulu. Menurut hasil penelitian Masaru Emoto, air dapat merespon kata-kata. Selama kata-kata baik yang kita sampaikan pada air itu, maka air pun akan membentuk kristal-kristal yang indah. Jika kata-kata buruk yang kita sampaikan, air meresponnya dengan buruk pula, yaitu tidak membentuk kristal sama sekali. Dalam penelitian Emoto ini, kita dapat menyimpulkan bahwa air adalah salah satu dari makhluk Allah Swt..

Jika demikian, tentu doa adalah sesuatu yang sangat baik dibacakan pada air sebagai media perantara kesembuhan. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin Allah, pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari. Doa apa yang harus dibaca? Kita dapat membaca surat al-Fatihah tujuh kali. Karena, menurut sebuah riwayat dari Imam Bukhari ada sejumlah sahabat Rasul yang berhasil menyembuhkan sakit seseorang akibat sengatan binatang dengan membaca surat al-Fatihah sebanyak tujuh kali. Tidak salah kiranya kita menggunakan dalil ini sebagai acuan untuk doa menghilangkan suatu penyakit. Bisa juga ditambahi dengan doa-doa lainnya yang sudah ma’tsur (disampaikan oleh Nabi Saw.) atau doa-doa buatan kita sendiri, dengan bahasa kita sendiri.

Keberkahannya akan semakin apabila air itu adalah air zam zam. Mengapa air zam-zam begitu istimewa? Karena memang air ini telah secara khusus diberkahi oleh Allah. Air zam zam memiliki zat-zat yang berfungsi sebagai penghantar energi listrik atau berfungsi sebagai konduktor aliran listrik. Sementara air tanah biasa yang diambil dari sumur pompa tidak demikian, tidak mampu mengantarkan aliran listrik.Ada apa dengan air zam-zam, masih belum ketemu jawabannya terutama bagi penulis sendiri. Cuma yang jelas air itu mempunyai kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit dan keunggulan lainnya.

Sami Unqowy, Eng., Ketua Pusat Penelitian Haji, "Ketika kami melakukan penggalian untuk perluasan sumur zam-zam, maka setiap kali mengambil air zam-zam tersebut semakin bertambah air yang keluar, setiap kami mengambil airnya, bertambah pula air dari sumur zam-zam itu, ...maka kami menyibukkan diri untuk memompa (menyedot) air zam-zam itu dengan tiga kali sedotan agar kering sehingga memudahkan kami dalam memasang pondasi. Lalu, kami pun melakukan penelitian terhadap air zam-zam dari celah-celah mata airnya untuk mengetahui ada tidaknya bakteri. Maka, ternyata air zam-zam tesebut tidak mengandung satu jenis bakteri pun!! Murni dan bersih. Akan bisa terkontaminasi setelah dipindahkan pada bejana atau ember, maka polutan pun masuk kepadanya!! Akan tetapi air itu bersih dan suci tidak terdapat bakteri apapun. Ini adalah keistimewaan air zam-zam. Dan diantara keistimewaan lainnya adalah manusia masih bisa menikmati air zam-zam itu sampai sekarang, dan terus mengalir sejak zaman Rasulullah Saw. sampai kini.



Rasulullah Saw. bersabda, “Air zam-zam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya.” (HR. Ahmad). Air zam-zam tergantung niat orang yang meminumnya; jika engkau meniatkan dalam meminumnya untuk mengobatimu, maka Allah akan menyembuhkanmu; jika engkau niatkan agar engkau kenyang, maka Allah menjadikanmu kenyang; jika engkau meniatkannya untuk menghilangkan haus, maka Allah akan menghilangkan kehausanmu, dan zam-zam itu adalah cekungan yang dibuat oleh Jibril dan air yang mengalir yang Allah berikan kepada Ismail (HR. Daraquthni).

Yedi Purwanto dalam Jurnal Sosioteknologi Edisi 13 Tahun 7, April 2008 menceritakan pengalamannya ketika beliau pulang dari ibadah haji. Sejumlah tetangga datang ke rumah untuk bersilaturahmi.Tentu saja dengan senang hati penlis suguhkan macam-macam oleh-oleh khas Arab yang dibawa saat itu; kurma madinah, kacang arab, kismis, dan tidak ketinggalan air zam zam.Salah seorang tetangga kami ada yang sengaja datang ke rumah untuk meminta air zam-zam dengan tujuan untuk mengobati penyakit mata yang dideritanya, setelah beberapa hari ia datang bercerita bahwa berkat air zam-zam yang saya berikan sakit matanya sembuh. Padahal sebelumnya ia pernah berobat ke sejumlah dokter mata yang ada di Jakarta.

Kisah lain tentang khasiat air zam zam diungkapkan oleh seorang bernama Farouq Antar (kisah ini diambil dari sebuah buku) ia menceritakan kisah sakit yang dideritanya, yaitu penyakit kencing batu. Ia bercerita: “Batu ginjal yang ada pada tubuhku hanya bisa dikeluarkan dengan operasi namun aku tidak mau dioperasi. Aku pergi umrah... , dan aku memohon kepada Allah agar memberikan kesembuhan kepadaku tanpa operasi.” Maka, Farouq pun pergi ke Mekkah, dan melakukan umrah di sana serta minum air zam-zam, mencium hajar aswad, sholat dua rakaat sebelum keluar dari Masjidil Haram, maka tiba-tiba ia merasakan sesuatu di kantung kemihnya, maka ia pun bergegas ke kamar kecil. Maka, ternyata sesuatu yang menakjubkan telah terjadi, keluar batu yang lumayan besar, dan ia pun sembuh tanpa harus masuk ke ruang operasi.

Demikianlah beberapa manfaat dari air untuk kesehatan tubuh kita – air pada umumnya dan air zam zam pada khususnya. Semoga kita dapat menjadi hamba-Nya yang bersyukur dengan mengucapkan puji-pujian untuk-Nya dan dapat memanfaatkan air ini dengan maksimal. Hal ini sangat baik, tidak hanya sebagai jalan kita untuk meraih kesehatan, tetapi juga jalan untuk meraih kesempurnaan iman.
Top