Ingin Menurunkan Berat Badan Secara Efektif, Ini Tips-Tipsnya Buat Anda yang Ingin Segera Cepat Kurus

Penulis Unknown | Ditayangkan 14 Aug 2017

Berat badan adalah masalah yang dihadapi oleh semua orang. Banyak dari mereka yang memiliki berat badan diatas rata-rata. Cara untuk menurunkannya pun bervariasi, ada yang diet, dan ada juga yang melakukan olahraga.

Memilih jenis olahraga memang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang suka dan terbiasa melakukan olahraga dan susah bagi yang tidak pernah melakukannya.

Ingin Menurunkan Berat Badan Secara Efektif, Ini Tips-Tipsnya Buat Anda yang Ingin Segera Cepat Kurus
Infojakarta

Apalagi untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. pasti masih bingung pilih cara yang mana antara olahraga atau diet.

Untuk menurunkan berat badan, selalu ada pertentangan antara olahraga ringan dengan durasi lama dengan olahraga singkat namun dengan intensitas tinggi. Yang terakhir disebut, belakangan ini yang sedang populer adalah dengan adanya program HIIT (High Intensity Interval Training).

Dikutip dari Detik, sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan mana yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Penelitian ini melibatkan 16 pria muda yang sehat. Wanita tidak dilibatkan karena ada faktor siklus hormonal yang berpengaruh pada efek olahraga.

Baca Juga : Hati-hati 15 Tanda Kanker ini Sering Diremehkan dan Diabaikan Wanita

Para partisipan dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok fokus pada olahraga dengan intensitas tinggi hingga 75 persen dari kemampuan maksimalnya. Mereka melakukannya selama 55 menit sampai membakar 600 kalori.

Ingin Menurunkan Berat Badan Secara Efektif, Ini Tips-Tipsnya Buat Anda yang Ingin Segera Cepat Kurus
Sidomi

Kelompok kedua melakukan jogging ringan selama 90 menit. Kedua kelompok diberi program diet yang sama, dan level ghrelin atau hormon rasa lapar teramati dalam level yang juga sama.

Hasil pengamtan menunjukkan, olahraga pada kedua kelompok sama-sama menurunkan level ghrelin. Artinya, nafsu makan berkurang karena olahraga. Namun pada kelompok yang melakukan olahraga berat (75 persen dari kemampuan maksimal) dan lama (90 menit), efeknya lebih besar dibanding olahraga ringan dan singkat.

Tapi jangan khawatir,  Anggapan bahwa lebih baik bergerak daripada tidak sama sekali, tetap ada benarnya. Efek olahraga terhadap penurunan level ghrelin dan nafsu makan, dalam penelitian ini terpantau mampu bertahan hingga 1 jam setelah olahraga. Artinya, olahraga apapun tetap bisa dioptimalkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Kalau kamu bisa menjalankannya dengan baik dan teratur, dijamin akan membawa hasil yang maksimal. Dan selain itu, bagi kamu yang tidak suka berolahraga akan menjadi suka dengan apa yang kamu peroleh dari aktivitas tersebut.
SHARE ARTIKEL