Adab dan Tata Cara Berdoa yang Baik dan Benar agar Cepat Dikabulkan

Berdoa adalah meminta suseatu yang baik kepada Allah agar keinginannya bisa terpenuhi. Seperti meminta selamat, meminta pertolongan.

Dan supaya apa yang kita inginkan itu bisa diijabahi oleh Allah.

Tujuan dari kita berdoa adalah supaya kita dapat perlindungan dari Allah, mengucap rasa syukur kepada Allah, meminta pertolongan dan supaya selamat dunia akhirat.

Kita juga harus tau bagaimana cara berdoa yang baik dan tidak. Karena kalau kita berdoa kepada Allah hanya untuk mengharap imbalan, maka doa yang kita ucapkan kepada Allah tidak akan dikabulkan.



waktu ketika kita akan berdoa yaitu, sesudah shalat,pada saat hujan ketika menjelang buka puasa, dan ketika bulan ramadhan.

Tapi lebih jelasnya lagi simak dulu cara-cara berdoa yang baik dan benar.

Cara berdoa yang benar  dapat kita lakukan setiap saat yaitu seperti berikut.

1. Berdoa di waktu yang mustajab

Meski berdoa bisa dilakukan kapan saja, namun berbagai keterangan baik dalam al-qur'an maupun hadist menyatakan ada beberapa waktu yang mempercepat diijabahnya suatu doa.

Contohnya pada waktu dibulan ramadhan, setelah shalat fardhu dan ketika hujan menjelang berbuka puasa.

Ini salah satu hadist yang menjelaskan demikian yaitu :

"Doa tidak akan tertolak pada 2 waktu yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika turun hujan. Allah akan turun kelangit dunia setip malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Allah berfirman : Siapa yang berdoa kepadaku maka akan aku kabulkan. Siapa yang meminta maka akan aku beri dan siapa yang memohon ampunan pasti aku ampuni."

Baca JugaBacaan Doa Saat Anak Sakit Biar Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

2. mengangkat tangan sambil mengahdap kiblat

Cara berdoa yang benar adalah salah satunya dengan mengangkat tangan sambil menghadap kiblat. Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hambanya yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan ( tidak di kabulkan ).

3. Berkeyakinan bahwa Allah akan mengabulkan

Tak hanya tata cara urusan fisik, namun hati dan keyakinan pun perlu ditaati.

Ingatlah bahwa keyakinan itu penting dalam beragama dan dalam berdoa pun Allah menyuruh hambanya agar tidak lalai dan lengan.

Rasulullah SAW bersabda: "Berdoalah kepada Allah dan kalian yakinlah akan dikabulkan. Ketahuilah sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai dan lengah dengan doanya."(HR Tirmidzi).

4. Tidak tergesa-gesa dalam berdoa

Berdoa itu ibarat kita memohon atau meminta sesuatu kepada orang tua. Ketika kita meminta sesuatu, tentu sikap dan cara kita bicara ketika kepada orang tua tidak akan tergesa-gesa, bahkan bersungguh-sungguh dalam setiap kata yang kita ucapkan.

5. Memulai doa dengan memuji Allah

Agar doa yang dipanjatkan bisa segera dikabulkan oleh Allah, rayulah Allah terlebih dahulu dengan menggunakan namanya yang baik (asmaul husna) Allah pun mengatakan demikian di Al-qur'an:

"Dan bagi Allah itu nama-nama yang baik. Berdoalah dengannya (dengan menyebut nama-nama yang baik itu).



Selain cara berdoa yang benar ada pula cara yang lain. Cara ini adalah cara berdoa dengan baik.

Hampir sama sih, tapi dalam artian berdoa cara ini ada yang berbeda. Beberapa cara berdoa dengan baik:

1. Shalawat Nabi

Diwajibkan setiap ingin berdoa terlebih dahulu membaca shalawat nabi, karena doa akan terhalangi apabila orang tersebut tidak membaca shalawat pada nabi.

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”

Baca Juga :  Doa Melunasi Hutang dengan Cepat yang Mustajab Dibaca Sebelum Tidur
2. Taubat

Doa yang kita panjatkan akan sia-sia jika kita masih mempunyai dosa, oleh sebab itu aKui kesalahan yang pernah diperbuat di amsa lalu. Caranya dengan berdzikir.

3. Kerendahan hati

Setiap kita berdoa maka satukan hati kita, akal maupun sikap kita saat berdoa kepada Allah. Karena kerendahan hati dapat digambarkan dengan ketundukan serta kerendahan hati dihadapan Allah.

Allah SWT berfirman: Mereka yang berdoa pada kami dengan cemas serta penuh harapan, yakni orang yang khusyuk pada kami(QS Al Anbiya:90).

4. Berdoa yang jelas dan teguh

Dalam berdoa itu harus jelas dan bersungguh-sungguh, jangan sampai dibuat-buat. Karena doa yang kita panjatkan tidak akan dikabulkan dan malah akan mendapat dosa. Rasulullah SAW bersabda:

Janganlah engkau ketika berdoa: Ya Allah ampuni aku apabila engkau menghendakinya, ya Allah kabulkan doaku apabila engkau menghendakinya, maka hendaklah ia teguh setiap berdoa karena perbuatan itu tak dibenci Allah (HR Abu Daud).

5. Berdoa secara lembut

Jangan kamu berdoa dengan suara keras-keras karena Allah maha mendengar. Oleh sebab itu, berdoalah dengan cara yang lembut.

Seperti arti ayat Al-qur'an  berikut yang menjelaskan cara berdoa dengan lembut.

Berdoalah berendah diri dan suara lembut. Sesungguhnya Allah tidak suka dengan orang melampaui batas (QS.Al-A'raf:55)


Dan dari cara-cara berdoa tersebut kita bisa tau bagaimana cara berdoa yang baik dan benar. jika sudah ketika kita berdoa banyak manfaatnya. Beberapa manfaat daripada berdoa yaitu..., 

3. Manfaat Berdo'a
Kegiatan berdo'a hendaknya dilakukan dengan niat ikhlas dan bersungguh sungguh. Karena kualitas sikap dan niat seseorang dalam berdo'a akan menentukan cepat atau lambat do'anya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun manfaat berdo'a antara lain:

1. Mendapat pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa
2. Mendapat kemudahan dalam segala urusan
3. Cepat diberi jalan pemecahan dari kesulitan dan masalah
4. Terjaga dari tindakan yang tidak baik
5. Dicukupkan segala kebutuhan
6. Terhindar dari murka Tuhan
7. Hati menjadi tenang dan tentram
8. Hidup menjadi lebih optimis
9. Sebagai sarana dan wahana kontak batin dengan Tuhan Yang Maha Esa
Top