Mempersoalkan Kekuatan Magis Daun Kelor dan Sisi Medisnya, Ternyata Fakta Sebenarnya Ialah...

Benar tidak sih daun kelor bisa menangkal sihir dan juga mengusir setan? Atau malah ada hal lain dibalik daun tersebut?


Dunia tak selebar daun kelor, peribahasa ini sering diungkapkan seseorang untuk menyatakan bahwa dunia ini luas. Meski kenyataannya, beberapa yang mengungkapkan tidak tahu selebar apa sebenarnya daun kelor tersebut. Untuk itu ada baiknya kita berkenalan dengan daun yang memiliki banyak manfaat dan cerita mitos yang terkandung di dalamnya.

Also read : Kata Siapa Mitos Jawa Itu Omong Kosong? Ternyata Hal-hal Ini Malah Masuk Akal dan Benar!

Budaya, adat dan kepercayaan dari para leluruh masih sangat melekat di sebagian besar masyarakat tanah air. Kita tidak dapat memungkiri jika hal-hal gaib yang ada di sekitar kita itu sudah dipercaya sejak era leluruh yang terus diturunkan kepada anak cucunya, seperti keyakinan akan kekuatan gaib dari daun kelor.

Daun kelor yang sebenarnya hanya berupa tanaman dipercaya memiliki kekuatan gaib yang sangat berkhasiat. Setidaknya seperti itulah mitos yang selama ini beredar di kalangan masyarakat tanah air dan cukup diyakini kebenarannya.

Hal tersebut pun bukannya tanpa alasan karena konon sudah banyak orang yang membuktikan langsung kekuatannya.

Mitos Daun Kelor


Mitos tentang kekuatan gaib yang dimiliki daun kelor atau yang dikenal dengan bahasa latin moringa oleifera mungkin sudah sangat melekat bagi masyarakat tanah air, namun ternyata tidak ditanah air saja daun kelor melegenda akan kekuatan gaibnya. Konon masyarakat India kuno juga sangat meyakini kekuatan gaibnya

Mengusir Setan


Mitos pertama yang cukup kental di hampir seluruh masyarakat tanah air adalah kekuatan ajaib daun kelor yang dapat mengusir setan. Mitos ini mungkin sudah sangat akrab ditelinga kalian yang memang sudah ada sejak lama bahkan sebelum kita terlahir di dunia.

Untuk itulah mitos ini membuat banyak kalangan masyarakat yang menggantung daun kelor di bagian atas rumahnya atau di atas pintu sebagai penolak bala. Tidak hanya itu daun kelor juga konon bisa membantu menyadarkan mereka yang sedang kerasukan atau dimasuki makhluk gaib pada tubuhnya.

Menangkal Ilmu Gaib


Mitos ini juga tentunya sudah sangat akrab bagi kalian, mitos kekuatan gaib yang ada di daun kelor konon bisa menangkal semua kekuatan gaib.

Hal tersebut pula yang begitu diyakini oleh para jawara yang begitu yakin jika kekuatan magis yang ia miliki tidak mampu berhadapan dengan seseorang yang menggunakan daun kelor untuk melawannya. Bahkan kesaktiannya langsung luntur sampai ia tidak memiliki kekuatan apapun.

Selain untuk menagkal kekuatan gaib daun kelor juga sering digunakan untuk menghilangkan kekuatan gaib seseorang yang tersiksa saat akan menginggal dunia.

Mitos yang beredar selama ini menyebut jika ada seseorang yang sudah sangat sekarat namun ia seolah tidak bisa meninggal maka orang tersebut diyakini punya kekuatan magis yang harus dihilangkan dari jasadnya agar dia dapat meninggal dengan tenang.

Dan untuk mengeluarkan kesaktian atau benda-benda gaib yang tertanam di tubuhnya ia harus diusapkan daun kelor begitu pula saat jenazahnya dimandikan.

Tidak hanya itu, daun kelor khususnya pada batangnya juga punya mitos tersendiri. Konon menurut kepercayaan banyak orang batang kelor juga bisa memberikan mereka kekuatan gaib, bahkan konon mereka yang memilikinya dan dipadukan dengan ilmu tertentu maka dia akan jadi kebal terhadap benda tajam.


Also read : Naudzubillah, Menggantung Pakaian di Kamar Mandi Ternyata Tipu Daya Setan

Terlepas dari semua mitosnya, daun kelor merupakan sebuah tanaman yang punya manfaat untuk kesehatan dan itu sudah dibuktikan secara medis oleh hampir seluruh pakar kesehatan di dunia.

Orang yang pertama kali mempublikasikan hasil penelitian terhadap kelor adalah Lowell J. Fuglie pada tahun 1999. Hasil penelitian itu ia bukukan dengan judul The Miracle Tree: Moringa Oleifera: Natural Nutrition for the Tropics.

Buku itu kemudian direvisi dan diterbitkan lagi tahun 2001 dengan judul The Miracle Tree: The Multiple Attributes of Moringa.

Hasil penelitian itu menyatakan bahwa daun Kelor ternyata mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin B, kalsium, kalium, besi, dan protein, dalam jumlah berlipat ganda daripada sumber-sumber vitamin yang biasa kita kenal.

Dengan takaran berbobot sama, daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lipat dari vitamin C dalam buah jeruk, vitamin A empat kali lipat daripada wortel, kalsium yang setara dengan kalsium empat gelas susu, potassium setara dengan yang terkandung dalam tiga buah pisang, protein yang setara dengan protein dalam dua yogurt.
Top