Hanya Jualan Buku, Wanita Ini Raih Omset Sampai 1M/Bulan, Ini Rahasianya

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Jul 2017
Seorang wanita asak Jakarta, Devi Raissa  Rahmawati membuat usaha unik berupa buku khusus anak-anak yang dinamai Rabbit Hole. Berbeda dengan buku anak pada umumnya, buku ini sangat membantu komunikasi antara anak dan orang tua, terutama anak balita.

Hanya Jualan Buku, Wanita Ini Raih Omset Sampai 1M/Bulan, Ini Rahasianya

BACA JUGA: Tak Kuat Tahan Cemburu, Slamet (16) Mengunci Istrinya (71) di Rumah

Usahanya ini dimulai saat riset yang dilakukannya dan menemukan kesulitan komunikasi antara antara orang tua dan anak. Melihat keluhan itu, Wanita berusia 29 tahun ini mempunyai solusi bahwa dengan buku dapat meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan balita. Akan tetapi, dirinya kembali menemukan keluhan dari para orang tua.

Para orang tua mengeluh buku bacaan di Indonesia kurang variasi dan walaupun ada itu dengan harga yang lumayan tinggi. "Setelah itu saya mikir. Saya yang latar belakang psikologi anak dan suka nulis, sehingga ingin membuat buku dan harga terjangkau. Dan tercetuslah buku rabbit hole," ujar Devi di Jakarta.

Dikutip dari Kompas, Wanita ini memulai usahanya dengan bermodalkan Rp 10 juta. Dengan modal tersebut, Devi mencetak 1.000 buku dengan berbagai tema yang dijual kepada teman dekat.

Buku ini dibuatnya dari bahan yang berkualitas premium, namun dengan harga yang terjangkau. Devi membuat semenarik mungkin agar balita tertarik untuk membaca, seperti disertai pop-up, flap, dan touch and feel.

Dalam menerbitkan bukunya Devi tidak bekerja sama penerbit. "Usaha saya sudah teregistrasi sebagai PT. Saya sudah masuk ke Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), sehingga saya bisa menerbitkan buku sendiri," katanya.

Devi menerbitkan bukunya dibantu dengan teman seperjuangannya. Saat ini, Devi dapat memproduksi buku sebanyak 30.000 dengan tiga judul setiap bulannya yang dijualnya rata-rata mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 180.000.

Devi memasarkan bukunnya hanya lewat media sosial Instagram. Devi menghindari penjualan buku di toko fisik, karena menurut dia toko kebanyakan mengambil profit lebih besar.

Awalnya, lulusan Universitas Indonesia ini hanya meraih pendapatan perbulan jutaan rupiah. Namun, atas kegigihannya menggeluti usaha kini pendapatannya mencapai Rp 1 miliar per bulan.

Dia juga menyabet penghargaan di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 yang digelar tahun lalu.
SHARE ARTIKEL