12 Rahasia Pernikahan Langgeng, Awet & Selalu Bahagia

Setiap keluarga pasti inginkan keluarganya sakinah, mawadah, warahmah. Apalagi setelah dirinya diberi titipan berupa anak. Tiada satupun kebahagiaan di dunia yang dapat menggantikannya.



BACA JUGA: Tidak Bangunkan Istri Saat Waktu Shalat, Hati-hati Seperti Ini Hukumannya!

Namun sayangnya, tidak semua keluarga dapat seperti itu. Bahkan ada yang selalu bertengkar sampai timbul perceraian dan rasa benci dari keduanya. Tidak mau kan jika ini terjadi? Berikut adalah 13 Rahasia agar keluarga selalu awet dan selalu bahagia, seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.

1. Menghilangkan rasa benci dari keduanya

Agar pernikahan berjalan bahagia, setiap orang harus mampu memperlakukan pasangannya dengan baik dan hormat. Setiap orang hendaknya mampu menjaga diri, perkataan, dan tingkah lakunya supaya tidak menyinggung atau melukai perasaan pasangannya.

2. Menikmati satu sama lain

Nikmati kesempatan berbagi banyak hal pada pasangan. Selesaikanlah setiap permasalah berdua, hindarilah pertengkaran dan keegoisan pribadi yang dapat membuat kebersamaan nampak sia-sia.

3. Coba biasakan mengatakan "Aku sayang kamu" sesering mungkin
Pernikahan bisa terasa sangat membosankan setelah berjalan beberapa tahun. Oleh karena itu jangan bosan mengatakan dengan tulus bahwa Anda sangat mencintainya sesering yang Anda bisa. Atau anda juga bisa memberi doi hadiah. Meski simple, ini akan membuatnya bahagia.

4. Jujur adalah kuncinya

Percekcokan dalam pernikahan sering diakibatkan karena ketidakjujuran oleh salah satu pasangan atau keduanya. Ketidakjujuran adalah awal dari malapetaka yang dapat menghancurkan pernikahan Anda. Selalu usahakan untuk terbuka dan berkata jujur kepada pasangan Anda.

5. Batasi pengaruh atau intervensi dari pihak luar

Ketika sedang dihadapkan pada sebuah masalah, maka usahakan untuk menyelesaikannya berdua dengan pasangan. Bila memerlukan bantuan orang tua, saudara, atau kerabat berilah batasan agar permasalahan tidak diintervensi oleh pihak luar.

6. Jangan jadikan jarak sebagai alasan

Anda harus mampu berpikir positif dan mempercayai pasangan ketika mendapat tugas kerja atau menempuh pendidikan. Hindari curiga pembawa petaka. Semua pengorbanan ini demi masa depan keluarga Anda supaya jadi lebih baik. Jangan jadikan jarak menjadi penghalang untuk menumbuhkan rasa cinta Anda kepada pasangan.

7. Jadilah realistis

Ingatlah Anda menikahi manusia biasa yang penuh dengan kelemahan yang dapat membuat Anda sedih, jengkel, marah atau menyinggung perasaan Anda. Oleh karena itu, jadilah penuh toleransi, pengertian dan realistis.

8. Saling menghargai

Jangan pernah meremehkan peran pasangan Anda karena Anda berdua adalah satu tim dengan tujuan yang sama.

9. Persahabatan itu perlu

Pernikahan yang dapat bertahan menghadapi badai hidup umumnya karena dibangun di atas pondasi yang kuat dan salah satu pondasinya adalah persahabatan.

10. Jadi diri sendiri

Jangan jadi munafik dengan meniru orang lain supaya mendapat pujian dari pasangan Anda. Ketika memutuskan menikah dengan pasangan Anda, satu hal yang harus bisa Anda lakukan adalah menjadi diri sendiri.

11. Pernikahan membutuhkan komunikasi dua arah

Jangan egois, dengarkanlah masukan atau saran dari pasangan Anda. Libatkan dia dalam membuat setiap keputusan.

12. Sadar tidak ada yang sempurna, begitu juga pernikahan

Suatu saat kerikil-kerikil tajam pasti akan menghambat pernikahan Anda. Jika Anda mampu menyadarinya maka Anda akan bersiap menghadapinya.

Dengan menerapkan 12 tips diatas, Insya Allah keluarga selalu Langgeng, Awet & Selalu Bahagia
Top