Viral, Foto Doa Umat Katolik untuk Umat Islam yang Berpuasa


Foto teks doa umat Katolik dalam sebuah misa untuk umat Islam yang menjalani ibadah puasa viral di media sosial. Foto tersebut diunggah awalnya oleh pemilik akun Facebook Algonz Dimas Bintarta pada 27 Mei 2017.(dok.Facebook)

Pemilik akun facebook Algonz Dimas Bintarta pada 27 Mei 2017, mengunggah foto teks doa umat Katolik dalam sebuah misa untuk umat Islam yang menjalani ibadah puasa. Sontak hal ini menjadi viral di media sosial.

"Bulan Ramadhan segera tiba. Saudari-saudara kita, umat Islam, menantikannya dengan rindu untuk menjalan ibadah puasa. Bapa, limpahilah mereka rahmat kesehatan agar menunaikan ibadahnya dengan baik. Jadikanlah kami saudara yang toleran bagi mereka," demikian bunyi teks doa tersebut.

Doa ini adalah doa umat saat ibadah misa di Gereja Kota Baru Yogyakarta. Doa untuk umat beragama lainnya juga sudah kerap dilakukan oleh umat di gereja ini.

Saat ditemui Romo Paroki Gereja Kota Baru, Maharsono Probho SJ, mengakui bahwa sebelum puasa dan pada awal puasa, memang ada doa khusus untuk mendoakan saudara-saudara umat Islam yang menjalankan puasa saat misa di Gereja Kota Baru.

Baca Juga: Puasa Penuh 1 Bulan, Tapi Tak Dapat Pahala. Padahal Cuma ini Penyebabnya!

"Kita sadar sebagai teman peziarahan sehingga ketika mereka sedang menjalankan ibadah puasa ya kita harus dukung dengan doa agar bisa menjalani dengan sebaik-baiknya," ucap Romo Maharsono, Rabu (31/5/2017).

Dia mengatakan, doa umat khusus untuk umat Islam yang menjalankan puasa didoakan pada ibadah misa hari Sabtu dan Minggu. Doa umat ini mulai didoakan sebelum puasa hingga awal puasa.

"Total ada tujuh ibadah misa di Kota Baru dalam dua hari itu, umat yang datang sekitar 12.000. Dalam Misa Ekaristi itu, 12.000 umat bersama-sama mendoakan doa umat khusus itu," ungkap Romo Maharsono.

"Bisa dibayangkan 12.000 hati orang memohon kepada Allah untuk kepentingan seperti ini. Tentu gema dan kekuatan doa ini luar biasa," imbuhnya dilansir Kompas.com.

Romo Maharsono juga menjelaskan, Tim Liturgi Gereja Kota Baru selalu membuat tema-tema khusus dalam doa umat untuk didoakan bersama dalam ibadah misa. Contohnya, mendoakan untuk perdamaian dunia, perdamaian bangsa dan negara, mendoakan orang sakit, sampai dengan salah satunya doa khusus untuk umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa ini.

Doa umat khusus ini, menurut dia, selalu ada dalam setiap ibadah misa dan sudah dilakukan bertahun-tahun. Bahkan setiap umat agama lainnya melaksanakan hari raya pun, selalu didoakan bersama-sama umat dalam ibadah misa di Gereja Kota Baru.

"Agama lain yang merayakan hari raya, misalnya Waisak atau Nyepi, kami juga doakan. Jelang anak-anak sekolah menjalani ujian juga kami doakan," ungkapnya.
Top