Siap-siap Tanggal 9 Juni, Indonesia Akan Kedatangan `Bulan Mungil` Ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 05 Jun 2017
Pada tanggal 9 Juni 2017 mendatang, Indonesia dikabarkan akan kedatangan tamu berupa ‘Bulan Kerdil’ yakni kebalikan dari supermoon. Hal ini dilaporkan dari Situs astronomi Earthsky yang menunjukkan jarak bulan pada hari itu 406.401 kilometer, 50.000 kilometer lebih jauh daripada saat supermoon pada 25 Mei lalu.

Siap-siap Tanggal 9 Juni, Indonesia Akan Kedatangan `Bulan Mungil` Ini

BACA JUGA: Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia? Ada di Jawa Tengah Loh!

Ukuran bulan jika dibandingkan dengan bulan purnama biasa adalah 7 persen lebih kecil. Sementara bila dibandingkan supermoon 14 persen lebih kecil. Sinar bulannya juga lebih redup meski tidak terlalu nampak. Hal ini dikarenakan jaraknya yang 15% lebih jauh dari biasanya.

Dikutip dari kompas, Fenomena minimoon terjadi karena orbit bulan mengelilingi bumi tak berbentuk lingkaran sempurna, melainkan elips. Orbit berbentuk elips membuat bulan kadang berjarak lebih dekat dan lebih jauh dari bumi, berpengaruh pada ukuran piringannya.

Minimoon tepatnya akan datang pada pukul 20.10 WIB. Jika Anda menatap ke langit saat itu, maka saat itulah bulan berada pada titik terjauh. Bersamaan dengan hadirnya minimoon, Saturnus akan hadir. Sayang, planet itu terlalu redup sehingga harus diamati dengan teleskop.

Namun jangan sedih, Jupiter juga akan hadir bersamaan dengan minimoon dengan kecerlangan -2,19. Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang.  Catet ya tanggalnya…
SHARE ARTIKEL