Punya Bayi di Rumah? Perhatikan Kebersihan Rumah, Terutama Bagian Ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 21 Jun 2017
Memiliki bayi di rumah memang harus ekstra dalam menjaganya. Tak hanya si mungil saja yang harus di jaga, tapi juga perhatikan betul seisi rumah terutama kebersihan dan kesehatannya.

Punya Bayi di Rumah? Perhatikan Kebersihan Rumah, Terutama Bagian Ini

BACA JUGA: Coba Minta Izin Poligami Lewat Puisi, Jawab istrinya Ini Malah Membuatnya Diam

Dalam hal ini, ada beberapa tempat yang harus benar-benar diperhatikan kebersihannya. Karena disinilah banyak terdapat kuman yang membahayakan kesehatannya, seperti yang dikutip dari liputan6.

1. Meja Makan dan Jangan Makan Sembarangan

Buatlah aturan untuk selalu menggunakan meja makan bagi anggota keluarga yang ingin ngemil atau makan. Hal ini untuk mencegah jatuhnya remah makanan ke area lainnya. Remah makanan akan mengundang semut bahkan kecoa yang menyebabkan ruangan di rumah terinfeksi penyakit.

2. Peletakan Sepatu

Semahal-mahalnya sepatu Anda, jika memang sudah dipakai di luar rumah, jangan membawanya masuk ke dalam rumah. Tinggalkan di area garasi, atau kalau Anda sangat takut sepatu tersebut hilang, masukkan segera ke dalam dus atau kantung plastik, baru Anda simpan di dalam rumah.

Membiarkan sepatu dari luar masuk ke dalam rumah akan membuat debu dan kotoran masuk ke dalam.

3. Bedakan tempat sampah

Jangan samakan semua tempat sampah—terutama yang ada di kamar bayi. Bedakan tempat sampah untuk sampah yang kering dan sampah basah. Soalnya sampah basah cenderung lebih cepat mengundang munculnya jamur dan bakteri. Segera buang sampah Anda ke luar rumah setelah beberapa jam dan jauhkan bayi dari tempat sampah.

4. Bersihkan kamar bayi

Sebelum bayi menetap di kamar, pastikan kondisi kamar bersih dari debu. Pilih seprai dan ranjang yang aman dan bebas racun, serta bersihkan lantai, jendela, dan seluruh sudut dinding agar bebas debu.

BACA JUGA: WOW! Hanya Butuh "2 Bahan Dapur" Ini, Kecoak di Rumah Langsung Terbunuh!

Buka jendela kamar untuk melancarkan sirkulasi udara. Gunakan cat dinding warna terang, misalnya putih, biru muda, atau hijau muda agar kamar tetap terang.

5. Rapikan rak buku

Jika Anda sudah lama tak menyentuh koleksi buku Anda, sebaiknya simpan buku di dalam lemari agar tidak menyebabkan penumpukan debu. Pastikan rak pajangan juga tidak terlalu penuh dengan frame foto agar Anda mudah membersihkannya.

6. Siapkan tisu basah di beberapa ruangan

Untuk kamar, ruang keluarga, dan ruang lainnya yang sering Anda gunakan bersama bayi, biasakan untuk menyiapkan tisu basah di ruangan tersebut. Gunanya, jika Anda melihat ada noda di dekat Anda, Anda bisa langsung membersihkannya dengan tisu basah.

Nah dengan memperhatikan beberapa hal diatas, dijamin rumah kita akan semakin bersih. Apalagi saat kita punya bayi yang harus dijaga..
SHARE ARTIKEL