Mulut Bau Saat Sedang Puasa? Kelihatan Kalau Belum Gosok Gigi

Komentar
Salah satu masalah yang terjadi saat puasa adalah bau mulut. Meski dimaklumi oleh sebagian orang, tapi bau mulut sangatlah mengganggu, terutama tingkat kepercayaan diri kita bakal menurun.



BACA JUGA: Makhluk Misterius Ini Ikutan Selfie di Belakang 5 Orang Ini...

Sebenarnya ada beberapa cara agar hal tersebut tidak terjadi. Dikatakan oleh Spesialis Kesehatan Gigi Klinis drg Felicia Melati SpGKA, yang dikutip dari inspiradata, selama menjalankan ibadah Puasa masalah bau mulut sering membuat orang tidak nyaman.

Karena, ketika tidak makan dan minum bisa menyebabkan mulut kering. “Paling tidak orang harus menjaga kebersiahn mulut sepanjang hari. Setidaknya gosok gigi teratur usai makan sahur dan buka Puasa,” kata drg Felicia saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Puasa.

Tak hanya itu, lidah juga wajib untuk dibersihkat. Mengingat, sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan sempurna bisa memicu pembusukan bakteri. Tapi, kata drg Felicia, bau mulut kerap dialami oleh orang dengan masalah gigi.

Seperti karises, karang gigi dan penyakit periodental lainnya. Inilah yang menyebabkan orang merasa tidak nyaman karena bau mulut saat puasa. Rupanya teknik menggosok gigi juga menentukan kebersihan gigi Anda.

“Banyak orang merasa cara sikat giginya sudah benar. Padahal masih banyak yang salah. Pergilah ke dokter agar bisa diajari cara gosok gigi yang benar,” imbuhnya.

Anda juga harus melakukan siasat lain untuk mencegah bau mulut selama puasa. Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi di antara waktu sahur dan buka puasa, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah segar.
Top