Mengapa Tulisan Arab Ditulis dari Kanan ke Kiri? Ternyata Ini Fakta Mencenangkannya!


Tulisan yaitu kumpulan dari angka maupun huruf yang dituangkan ke dalam bentuk bahasa tertentu. Biasanya sebuah tulisan dituangkan ke dalam sebuah teks, tidak berbentuk gambar. Ada banyak macam tulisan yang kita jumpai di dunia. Karena setiap negara memiliki sejarahnya masing-masing mengenai arti dari tulisan ini. Kita bisa mengenal berbagai macam bentuk dari berbagai negara yang berbeda-beda.

Berbicara mengenai penulisan, pernahkah kamu berpikir kenapa huruf Arab ditulis dari kanan ke kiri? Sedangkan huruf latin dari kiri ke kanan? dan huruf China dari atas ke bawah?

Artikel pilihan : Awas, Bangun Sepertiga Malam Bisa Jadi Haram Jika Dirimu Lakukan Hal Sepele Ini!

Mungkin kamu pernah memikirkannya, dan sampai saat ini mungkin tidak mendapatkan jawabannya. Ternyata fakta yang menjawab ialah karena semua itu dimulai dari sejarah yang ada sejak jaman dahulu. Berdasarkan buku The Fundamentals of Typography, arah membaca sebuah tulisan berkaitan dengan sejarah.

1. Kenapa huruf arab ditulis dari kanan ke kiri?


Kebiasaan ini lahir pada jaman dahulu kala, bangsa Arab memiliki kebiasaan membuat tulisan dengan cara memahat. Ketika memahat, pada prakteknya tangan kanan akan memegang palu, sementara tangan kiri akan memegang pahat. Dengan memahat dari kanan ke kiri, maka akan lebih mudah melihat tulisan yang akan di pahat. (The Fundamentals of Typography book).

2. Kenapa huruf china ditulis dari atas ke bawah?


Ada tiga versi pendapat mengenai asal usul arah tulisan china.

1. Tulisan huruf mandarin semua bermula ketika orang-orang Tiongkok pada zaman dahulu terbiasa menulis kaligrafi dengan menggunakan kuas dan tinta. Dengan menggunakan kuas dan tinta maka akan lebih mudah jika dilakukan dari atas ke bawah.

2. Pada zaman Dinasti Chou, aksara China ditulis pada potongan bambu. Dikarenakan bambu menyerupai tongkat jadi cara menuliskannya adalah dari atas ke bawah. Karena jika ditulis horizontal maka pembaca harus berputar mengikuti permukaan bambu yang bulat.


Artikel pilihan : Sampai Non Muslim Ini Bertanya Kepada Islam, Perihal Suaminya yang Menikah Siri dengan Wanita Lain!

3. Menurut umat tionghoa jaman dulu hingga sekarang tempat ibadah orang China salah satunya klenteng. Di pintu gerbang klenteng di kanan kirinya terdapat tulisan yang memanjang dari atas ke bawah. Tulisan atau bacaan itu dimaksudkan untuk mengusir roh jahat agar tidak masuk klenteng, jadi tulisan China ditulis dari atas ke bawah mengikuti tulisan yang berada di gerbang klenteng.

3. Kenapa huruf latin ditulis dari kiri ke kanan?


Kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang Eropa adalah menulis menggunakan pena. Bagi orang yang selalu menggunakan tangan kanan (non-kidal), secara natural akan bergerak dari kiri ke kanan. Hingga saat ini warisan kebiasaan tersebut tetap terbawa dan tidak dapat diubah lagi.

Di dunia ini hampir semua bentuk tulisan menuntun kita membaca dan menulis dari kiri ke kanan, seperti tulisan melayu, Inggris. Tulisan-tulisan  yang dibaca dari kiri ke kanan, ini akan membiasakan pembacanya mendayagunakan otak kirinya. Oleh sebab itu di dunia ini, cenderung lebih banyak orang-orang yg lebih menggunakan otak kirinya dibanding otak kanannya.

Gimana caranya supaya seimbang otak kiri dan kanannya, ya sering-seringlah baca Al-Qur'an . kenapa? Karena tulisan Arab dalam Al qur'an yang dibaca dari kanan ke kiri akan merangsang otak kanan kita untuk bekerja.
Top