Masih Suka "Balas Dendam" Saat Berbuka? Lihat Bagaimana Mereka Beribadah di Tengah Bahaya

Komentar

Masihkah kita balas dendam ketika berbuka? Dan pada akhirnya hanya membuang sisa makanan yang ada. Coba lihat mereka, sebuah potret ketika berbuka puasa yang bisa membuat kita membuka mata.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tungu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Penuh dengan keberkahan dan kebaikan, itulah yang dinamakan bulan suci yang datang setiap setahun sekali ini. Orang-orang yang sadar akan amalan baik pasti akan berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan di bulan ini, salah satunya adalah dengan berpuasa.

Ulasan terkait : Sebelum Ramadhan Berakhir, Sudahkah Hal Ini Dilakukan? Lakukan Agar Idul Fitri Nanti Bisa Lega!

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban setiap Muslim di berbagai belahan dunia, yang mana berbuka puasa (iftar) setelah matahari tenggelam merupakan salah satu momen bahagia bagi orang-orang yang berpusa selain saat bertemu dengan Allah SWT.

Di negara-negara Timur Tengah, bulan puasa dijalankan cukup kontras dengan negara lain yang aman dan tentram. Seperti halnya di daerah konfik seperti di Gaza, Palestina, Suriah, Iran, Irak, Bosnia, dan Afganistan. Dalam kondisi yang serba terbatas, iman mereka yang kokoh membuat segala halangan tidaklah berarti bagi mereka.

Rumah mereka hancur, gelap gulita tanpa listrik, bahkan ditinggalkan anggota keluarga atau kerabat mereka, dan ibadah tetaplah ibadah meskipun mereka terlihat sudah terbiasa kondisi tersebut. Jelasnya semoga semua mendapatkan balasan di hadapan Tuhan kelak. Kita yang hidup di negara yang aman dan tentram sudah sepatutnya untuk bersyukur dan terpacu untuk lebih giat beribadah.

Berikut dilansir dari beberapa sumber sebuah rangkuman daru enam momen berbuka puasa dalam kondisi yang darurat.

1. Tak ada listrik


Pasokan listrik di Gaza bahkan terputus di tengah bulan Ramadan yang suci. Para ibu rumah tangga dan wanita harus rela bersusah payah mempersiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarga mereka.

2. Beribadah apa pun yang terjadi


Tak peduli atap roboh atau dalam keterbatasan, ibadah tetaplah ibadah. Sebuah keluarga kecil terlihat melepas dahaga setelah seharian menahan diri dari hawa nafsu di tengah puing-puing yang mungkin adalah rumah mereka yang dahulunya nyaman.

3. Beratap langit


Seorang pengguna Twitter bernama Fadi Al-Qadi memposting sebuah foto menyentuh dengan caption, "Warga Palestina di Gaza berbuka puasa di depan pemukiman yang hancur akibat keganasan perang."

4. Pejuang Suriah berbuka


Para tentara pembebasan Suriah tengah menyantap hidangan berbuka mereka sejenak di tengah medan perang.


Ulasan terkait : Menjadi Kebiasaan, Selepas Shalat Ied Pasti Ziarah Kubur, Lantas Bagaimana Harusnya?

5. Makan gak makan, asal kumpul


Ramadan di Gaza: bangunan yang hampir rata dengan tanah mengelilingi mereka. Namun keluarga ini tetap terlihat bahagia asal masih ada keluarga di sisi mereka.

6. Berbuka sederhana di pengungsian


Bayangkan kalau di bulan nan suci, namun tidak memiliki rumah bernaung yang nyaman. Mereka harus mau berbagi tempat tidur dengan orang lain dan makan makanan seadanya.

Apakah kita akan terus membuat rezeki yang telah kita ataupun kedua orang tua dapatkan menjadi sia-sia? Hormatilah makananmu saat ini karena kehidupan seseorang bisa dilihat ketika ia menghormati apa yang dihidangkan padanya. Apakah ia masih bisa bersyukur atau malah membuat hatinya jatuh tersungkur.
Top