Kurma Sampai Tidak Kuat Menahan Tangisannya Karena Rindu Rasulullah SAW

Tiada agama yang paling sempurna kecuali agama islam. Namun, kesempurnaan itu ada karena Rasulullah SAW sebagai nabi dan rasul yang menyebarkan Agama islam kepada umatnya. Sayangnya Rasulullah juga manusia yang tidak bisa hidup selamanya.



BACA JUGA:  Seperti Inilah Keadaan Orang-orang Yang Mendapatkan "MALAM LAILATUL QADAR"

Sepeninggal Rasulullah SAW, banyak para sahabat yang merindukannya. Bahkan pohon kurma pun menangis akibat Rindu akan Rasulullah, padahal hanya ditinggal beberapa hari. Seperti inilah kisahnya.

Kisah ini terdalam hadist dari Jabir Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Rasulullah SAW biasa berdiri di atas sebatang pohon kurma ketika berkhutbah. Setelah dibuatkan mimbar, kami mendengar sesuatu pada batang pohon kurma tersebut seperti suara teriakan unta yang hamil. Sehingga Rasulullah SAW turun, lalu meletakkan tangannya pada batang kurma tersebut. Setelah itu, batang pohon itu pun diam.”

Sementara dalam riwayat lain disebutkan, “Ketika hari Jum’at, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk di atas mimbar. Lalu batang kurma yang biasa beliau berkhutbah di sana itu berteriak, hampir-hampir batang kurma itu terbelah.”

Adapun dalam riwayat Bukhari disebutkan, “Lalu batang kurma itu berteriak seperti teriakan anak kecil. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam turun lalu memegangnya dan memeluknya. Setelah itu, mulailah batang pohon itu mengerang seperti erangan anak kecil yang sedang diredakan tangisannya sampai ia terdiam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda,

“Ia menangis karena dzikir yang dulu biasa ia dengar.” (HR. Bukhari no. 2095. Disebutkan dalam Riyadh Ash-Shalihin karya Imam Nawawi pada hadits no. 1831).

Kisah tangisan pohon kurma itu pun benar-benar nyata dan Ibnu Hajar Al Asqalani menyatakan bahwa menangisnya pohon kurma menjadi bukti firman Allah.

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Isra’: 44)

Sementara itu Ibnu Abi Hatim menyatakan bahwa terdengarnya tangisan pohon kurma menjadi salah satu mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Allah tidaklah pernah memberikan sesuatu kepada seorang Nabi seperti yang diberikan pada Nabi Muhammad.”

Aku (Ibnu Abi Hatim) berkata, “Nabi Isa diberi mukjizat bisa menghidupkan yang mati.” Imam Syafi’i berkata, “Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi mukjizat bisa mendengar suara rintihan batang kurma yang menangis (karena ia tidak mendengar lagi dzikir yang dibaca Nabi ketika Nabi beralih menggunakan mimbar). Mukjizat ini lebih luar biasa dari mukjizat yang diberikan pada Nabi Isa.” (Fath Al-Bari, 6: 603) ⠀ . ... ⠀

Masya Allah, jika pohon kurma sampai menangis karena rindu akan dzikirnya Rasululah, lalu seberapa besar rasa rindu kita kepada kekasih Allah tersebut?
Top