Bulan Ramadhan Berakhir, Sekarang Puasa Syawal Bisa Jadi Seru dengan Aktifitas Fisik Berikut Ini Lho


Puasa Syawal kita tahu memiliki keutamaan yang besar yaitu mendapat pahala puasa setahun penuh. Lantas apa saja pilihan aktifitas fisik yang bisa dilakukan ketika sedang berpuasa Syawal?

Bagi yang berpuasa Ramadhan dengan sempurna lantas mengikutkan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa setahun penuh. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Baca juga : Fakta Terbaru MUI Mengenai Takbir Keliling di Malam Idul Fitri, Ternyata Bukan Wajib!

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Itulah dalil dari jumhur atau mayoritas ulama yag menunjukkan sunnahnya puasa Syawal. Yang berpendapat puasa tersebut sunnah adalah madzhab Abu Hanifah, Syafi’i dan Imam Ahmad. Adapun Imam Malik memakruhkannya. Namun sebagaimana kata Imam Nawawi rahimahullah, “Pendapat dalam madzhab Syafi’i yang menyunnahkan puasa Syawal didukung dengan dalil tegas ini."

Berbicara mengenai puasa Syawal, ternyata menyempatkan diri untuk berolahraga sangatlah penting lho demi menunjang tubuh yang fit dan bugar.

Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD-KHOM menjelaskan, olahraga di waktu puasa tak hanya sekedar menjaga kadar gula darah dan hipertensi. Tetapi juga dapat menghasilkan hormon bahagia yang dibutuhkan seseorang.

Olahraga dapat menghasilkan hormon bagus. Kalau nyaman setelah olahraga, orang malah jadi senang,” ujar dr Prasetyo sebagaimana dikutip dari Okezone.


Baca juga : Sudah Cukupkah Kesalahan Terhapus, dengan Hanya Meminta Maaf Ketika Lebaran?

Selama puasa syawal, menurutnya, Anda dapat berolahraga selama 30 menit sehari. Kalau belum terbiasa, bisa melakukannya sekira 3-4 kali seminggu.

Pemilihan olahraganya pun jangan terlalu sulit dan menguras energi. Seperti halnya lari, treadmill, angkat beban, lompat tali, dan banyak lagi.

Kalau tidak bisa jogging pas puasa, boleh renang atau bersepeda. Ini tidak kalah bagus manfaatnya untuk membakar kalori,” sarannya.

Bagaimana menurutmu?
Top