5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 24 Jun 2017
Siapa sih yang tidak tahu Bali. Bahkan konon katanya, orang asing yang saat ditanya apakah pernah berkunjung ke Indonesia, mereka jawab belum pernah, tapi anehnya mereka sudah bercerita tentang Bali.

Sampek segitunya lho. Padahal kan nggak mungkin banget ya..., entah itu benar atau hanya sebagai penggambaran Bali yang terlalu eksotis sehingga sampai tidak bisa diwakilkan Indonesia.

Memang keindahan pulau Dewata ini membuat orang benar-benar terbius dan hingga ingin berlama-lama menikmati indahnya alam yang asri.

Kalau kamu sudah pernah ke Bali, mungkin nggak usah panjang lebar jelasin. Bagi yang belum, sempatkan deh menabung, biar pernah menghirup udara di pulau Dewata, toh nggak mahal-mahal amat kok. Dijamin bisa hilangin stress karena beban kerja dan lainnya kok.

Dan nggak bakal ngabisin gaji sebulan kamu, yang penting pinter aja pilih travelnya, seperti di Penida Trip salah salah satunya.

Meski sampek Bali saja kamu sudah seneng, masih ada lho pulau kecil lagi di sana. Sudah tahu Nusa Penida belum? Nusa Penida ini adalah sebuah pulau kecil tapi masih masuk kabupaten Klungkung, Bali. Kamu yang pernah ke Bali belum tentu pernah berkunjung ke tempat ini.

5 tempat paling indah di Nusa Penida ini layaknya surga tersembunyi, karena memang begitu keren.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
penidatrip.com

Sebenarnya sangat banyak sekali tempat indah disana, namun berikut yang wajibbaca.com pilihkan untuk kamu, dijamin buat kamu nggak sabar pengen ke Nusa Penida.

1. Broken Beach atau disebut juga Pasih Uug

Dari namanya agak aneh ya kalau diartikan! Broken Beach, apa itu pantai rusak? Bagaimana mungkin spot sekeren dan setenang ini dinamakan pantai rusak.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
penidatrip.com

Ternyata nama ini diambil karena pantai ini memiliki sebuah tebing yang berlubang pada bagian tegahnya dengan ketinggian 50-200 meter, sehingga membentuk seperti sebuah terowongan raksasa yang berada di tengah laut.

Dikenal juga dengan nama Pantai Patah, Pasih Uug juga terdiri dari tebing-tebing tinggi yang menjorok ke laut lepas.

Keunikan lain yang ada di pantai ini adalah jika kamu sedang beruntung, kamu akan melihat dari atas tebing sekolompok kawanan ikan pari mata bahkan penyu yang berenang bebas di tengah laut seolah-olah mereka ikut menyapa kita untuk ikut menyelam bersama dilaut.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
penidatrip.com

Enaknya lagi tak perlu ribet kalau mau kesana, banyak pilihan moda transportasi. Salah satu yang recomended adalah Penida Trip, selain harganya yang tak menguras kantong, tentunya nyaman dan aman, karena travel ini memakai armada baru serta guidenya ramah.

2. Crystal Bay Beach

Tadi namanya seolah tak mewakili tempat yang eksotis itu. Sekarang namanya malah begitu keren, Crystal Bay.

Lagi-lagi ini bukan bualan, kejernihan pantai ini begitu membuat betah berkeliling disini. Suasananya itu benar-benar membuat tubuh terasa relax dan tenang.

Sebenarnya Crystal Bay dulu dikenal sebagai Pantai Penida, pasti nggak bakalan rugi kok kalau kesana. Kamu akan disuguhi pemandangan yang mengesankan dan panorama yang indah.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
penidatrip.com

Dikelilingi oleh dua tanjung dan sebuah bukit kecil di laut lepas, masyarakat setempat menyebutnya Batu Jineng. Crystal Bay menjadi tempat paling favorite bagi banyak pengunjung baik internasional dan lokal sebagai tujuan wisata.

Kamu yang ingin melihat sunset, tempat ini recomended banget karena pantainya menghadap ke barat. Kamu bisa bisa menyaksikan matahari terbenam / Sunset Nusa Penida di sini.

Tidak hanya itu, di crystal bay kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, berenang, berjemur, bermain bola pantai. Jadi nggak sabar pengen kesana. Mudah-mudahan bulan depan bisa, karena sempat cari ada travel trip yang cocok banget yaitu Penida Trip.

Nih, ini rekomendasi teman yang sudah melanglang buana kemana-mana. Alat snorkling kan biasanya tidak sekali pakai itu, nah yang banyak orang nggak suka adalah alat yang biasanya harus digigit saat nyelam.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
flyingwith.me

Kalau di Penida Trip, sudah pakai yang terbaru. Tinggal pasang dan langsung nyelam deh, nggak usah digigit. Coba bayangin kalau bekas orang, hehehe, kan risih banget kalau disuruh gigit.

3. Panorama Angel's Bilabong yang Begitu Luar Biasa

Meski ke Bali itu nggak bakal membosankan, tapi jangan sampai kamu nggak ke Nusa Penida. Sejuta pesona alam yang disediakan di Nusa Penida, memang benar-benar bikin mata berdecak kagum.

Salar satunya adalah Angel’s Billabong. Pantai ini bisa dibilang bidadarinya Pulau Nusa Penida. Kata Billabong yang diambil dari Bahasa Inggris ini berarti “Ujung dari Sebuah Sungai yang Buntu”.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi

Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida, sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik bahkan sangat mungkin belum tentu dapat ditemukan di tempat lain.

Pasti nggak bakal diem deh kalau sampai disana, karena bawaanya pasti pengen renang. Airnya yang jernih dan warna-warni dasar kolamnya benar-benar memanjakan kita.

Rasanya memang agak susah kalau mengabadikan moment disini kalau nggak pakai drone ataupun kamera yang tahan air. Tapi ada lho travel tour yang ngasih peralatan ini gratis. Kalau di Penida Trip, drone dan action cam itu dipinjami gratis, buat cekrak-cekrek dokumentasi sepuas kamu.

Jadi nggak usah bingung-bingung. Padahal dulu mimin juga pernah mikir, emang sih tempatnya bagus banget. Tapi kalau nggak punya kamera yang bagus, ataupun drone yang bisa ngambil di udara lah gimana bisa ngambil dokumentasi yan keren.

Setelah dapet rekomendasi dari temen, akhirnya ketemu itu Penida Trip yang ngasih GRATIS.

Cuman kalau lagi pasang di kolam ini, ombak sampai ke kolam. Jadi jangan terlalu dekat ke bibir pantai. Namun lagi-lagi memang dasarnya tempat yang bisa dibilang sempurna dan buat orang takjub, dari sana kamu dapat menikmati sunset juga. Keren deh pokoknya.

4. Teletubbies Hills

Kata Teletubbies sepertinya tak asing ya. Tentu saja karena, Teletubbies adalah sebuah acara televisi yang dikhususkan kepada penonton kanak-kanak pra-sekolah. Serial ini dulu populer tahun 2000an.

Hampir nggak ada yang nggak tahu deh dengan acara TV yang satu ini. Kelucuan 4 pemerannya menjadi tontonan yang ditunggu anak-anak waktu itu, ditambah lagi dengan background perbukitan yang indah, asri nan hijau. Dilengkapi kincir angin, dengan bunga bermekaran dimana-mana.

Gambaran film seperti itu ternyata ada lho di dunia nyata dan hampir melebihi ekspetasi kita akan bayangan serial film anak-anak itu.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi
@ayuniakomala

Ya, Teletubbies Hills di Nusa Penida terdiri bahkan lebih dari 30 bukit membulat membuat pemandangan menakjubkan dengan pertanian lembah.

Tidak ada yang berpikir bahwa bentuk alami seperti itu dapat ditemukan di Nusa Penida. Bukit-bukit ini terlihat lebih cantik saat musim hujan, begitu segar dan hijau membuat mata terpaku.

5. Pantai Kelingking (Kelingking Beach)

Hampir-hampir tak dapat dipercaya Indonesia menyimpan tempat seindah ini. Mengenai namanya entah darimana asalnya, karena warga lokal justru mengenal pantai ini dengan sebutan "Pantai Karang Dawa".

Mungkin dari bentuknya seperti jari Kelingking ya. Tapi apapun namanya, spot ini memang benar-benar mengesankan. Kalau kesana sebaiknya tanya warga dimana Pantai Karang Dawa, karena banyak yang kesana tapi nyasar.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi

Sebenarnya tempat ini nggak terlalu jauh kok. Seperti di Penida Trip, mereka menyediakan paket bahkan mengunjungi lebih dari 5 tempat wisata mulai harga Rp 600ribuan saja plus kamu sudah bisa nginap semalam, bahkan ada yang 300ribuan saja.

Apalagi ada saat - saat tertentu ada voucher trip di Penida Trip. Seperti saat ini ada voucher Rp 100ribu untuk setiap trip lho. Kalau memang ada planing kesana, menurut mimin sih nggak usah pilih travel tour lain. Coba cek di Penida Trip dulu.

Kebayang nggak asyiknya! Pastinya harga itu sama sekali nggak ada artinya dengan keindahan yang kamu kunjungi. Asli keren lho.

Tapi kalau maksa berangkat sendiri kesana memang harus banyak-banyak bertanya warga lokal, karena GPS juga kurang sinkron di Nusa Penida.

Tips kalau bertanya kepada warga lokal gunakan kata kunci "Pantai Karang Dawa" atau "Manta Point". Tapi kalau kamu sudah sampai disana, ehmmm.... viewnya itu lho, begitu luar biasa.

Di bawah nya juga ada kumpulan manta, sampai spot ini disebut "Manta Point". Keren lhoh..!

Sebenarnnya masih banyak lho, tempat wisata di Nusa Penida, karena jumlahnya belasan. Dari 5 tempat diatas memang sangat terkenal. Karena tak dipungkiri begitu eksotis.

Kalau kamu mau kesana coba saja lihat-lihat Penida Trip. Travel ini sudah berpengalaman ribuan jam terbang kok. Dan harganya itu bikin kamu pengen balik lagi dan lagi.

Kalau mimin sih, harusnya tahun ini balik lagi kesana. Kalau cuma sekali dua kali memang nggak bakalan puas deh.

Ada satu hal lagi, yang bisa dibilang sebuah keajaiban. Pasalnya ini hanya ada di Nusa Penida.

Mungkin ada sudah tahu tentang ikan unik ini. Ikan Mola Mola atau juga disebut sebagai Sunfish.
Apa sih yang membuat ikan ini bisa dibilang unik. Ukuran ikan ini benar-benar jumbo hanya sekitar 5 meter tapi berat tubuhnya bisa mencapai 2,25 ton lho. Tampangnya aneh dan bagi penyelam yang masih newbie pasti berpikir pingin kabur saja daripada menjadi santapan mahluk raksasa ini.

5 Tempat Terindah di Nusa Penida, Layaknya Surga Dunia yang Tersembunyi

Padahal Sunfish, ikan mola-mola si raksasa laut tanpa ekor ini tidaklah bengis dan berbahaya seperti ikan predator laut lainnya. Ia sama sekali tidak doyan makan manusia, makanan pokoknya hanyalah ubur-ubur. Meski begitu, ikan mola-mola terkenal sebagai ikan penasaran, rasa pengen tahunya tinggi. Sering mendekati manusia khususnya para Snorkeling dan Diving.
SHARE ARTIKEL