Cara Atasi dan Hilangkan Bau Apek Pakaian dalam Lemari


ninixnews.com

Bau apek pakaian memang begitu menjengkelkan. Mungkin ada dua macam pakaian bisa menjadi apek, satu adalah saat dijemur tak mendapat teriknya matahari dan akhirnya butuh waktu berhari-hari untuk kering, kedua mungkin saat disimpan dalam lemari.

Saat pakaian dalam lemari, bisa saja karena terlalu lama pakaian menjadi apek karena tidak ada pengharum dalam lemari pakaian. Atau bisa juga karena lemari pakaian anda lembab, sehingga menimbulkan jamur yang mengakibatkan bau tak sedap.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kondisi Pakaian

Cara mencuci dan menyimpan pakaian yang kurang tepat dapat menimbulkan bau apek. Cegah dengan cara berikut:
• Bilas cucian sampai bersih tuntas untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen.
• Segera keluarkan cucian dari mesin cuci setelah selesai mencuci. Jika mencuci dengan tangan, segera jemur cucian untuk dikeringkan. Jangan didiamkan terlalu lama.
• Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disetrika dan disimpan. Selain bau apek, menyetrika pakaian yang belum kering sempurna juga dapat merusak serat kain pakaian.
• Menggantung pakaian lebih baik daripada menumpuk, karena lebih mudah mendapatkan aliran udara.
• Keluarkan pakaian yang telah lama disimpan, angin-anginkan secara rutin.

2. Kondisi Lemari

Kondisi lemari sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan keharuman pakaian. Usahakan menggunakan lemari yang memiliki ventilasi udara, seperti lubang-lubang, agar udara dalam lemari bisa berganti.

Bersihkan lemari secara berkala. Keluarkan semua isi lemari, bersihkan dengan lap basah, kemudian lap kering. Setelah itu semprot dengan pewangi ruangan, angin-anginkan hingga kering. Pastikan kondisi lemari tidak lagi berdebu, tidak bau, dan tidak lembap sebelum memasukkan pakaian kembali.

Hindari meletakkan lemari menempel dengan dinding, apalagi jika dinding berbatasan langsung dengan area basah seperti kamar mandi. Beri jarak antara lemari dengan dinding. Kondisi suhu dinding yang rendah dan lembap juga dapat memengaruhi lemari menjadi lembap.

3. Alternatif Pengharum Lemari

Selain bau apek, bau kapur barus lemari pakaian juga kerap mengganggu. Karena sebenarnya fungsi utama kapur barus tersebut adalah untuk menyerap kelembapan udara dan mengusir ngengat pakaian, bukan untuk mengharumkan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan bau dan mengharumkan lemari pakaian:

- Letakkan kuntum bunga yang wangi, misalnya melati yang masih kuncup dalam mangkuk/wadah terbuka. Masukkan dalam lemari, wangi semerbak melati akan menghilangkan bau tak sedap. Jangan lupa mengganti bunga jika sudah layu.

- Basahi sedikit kapas dengan parfum, letakkan dalam wadah terbuka di lemari. Wanginya akan menyebar samar-samar pada pakaian. Basahi lagi kapas dengan parfum jika sudah tidak wangi.

- Letakkan potongan sabun mandi yang wangi dalam wadah terbuka, lalu tempatkan dalam lemari. Wangi segar dari sabun akan menyebar di dalam lemari.
Top