6 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik dan Membawa Banyak Pahala No 3 Malah Jarang Dilakukan

Komentar


Ibu..

Lembut hatinya hadirkan cinta

Penuh kasihnya sembuhkan luka

Ibu..

Cintanya sepanjang masa

Ikhlasnya tak terkira

Tahukkah anda ? Seorang Ibu merupakan fondasi utama dalam sebuah keluarga. Jika Ibunya baik, maka anak-anaknya baik, ayahnya baik, dan keluarganya pun sejahtera.

Pernahkah kalian mendengar kalimat. “Di balik laki-laki yang sukses terdapat wanita yang hebat?” Ya, kalimat itu benar adanya. Seorang wanita atau seorang ibu, dapat memberikan energi hebat untuk perkembangan sebuah keluarga. Namun saat ini, banyak orang beranggapan bahwa menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang rendah dibandingkan wanita karir.

Padahal, menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang paling mulia untuk seorang wanita. Banyak pahala melimpah yang Allah anugerahkan untuk seorang ibu jika mengurus dan mengelola keuarganya dengan baik, ikhlas, dan sabar. Bahkan, seorang wanita dapat meraih surga dengan menjadi ibu rumah tangga yang baik. Tapi, menjadi ibu rumah tangga pun bukanlah hal yang mudah.

Butuh ilmu, kesabaran, dan keikhlasan yang luar biasa, karena pahala yang diberikan jauh lebih luar biasa. Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik dan sukses mengelola keluarga?

Inilah 6 tips bermanfaat mengenai cara sukses menjadi ibu rumah tangga yang baik

1. Niatkan untuk Ibadah

Ummi, niatkan segala aktivitas dalam rumah tangga sebagai ibadah kepada Allah agar setiap kegiatan tidak menjadi sia-sia. Rasulullah saw. bersabda,

“Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan.” (HR. Bukhari & Muslim)

2. Menjaga Kebersihan Rumah dan Merawatnya dengan Baik

Jadikan rumah sebagai tempat yang paling nyaman bagi semua anggota keluarga. Menciptakan ketenangan di dalam rumah, menyebarkan cinta dan kasih sayang, juga sebagai tempat yang indah untuk meningkatkan keimanan dan kedekatan setiap anggota keluarga kepada Allah. Selain itu, jangan lupa memperhatikan segala yang berkaitan dengan penghuninya, termasuk pakaian suami dan anak-anak. Itulah sisi kekuatan dari menjadi ibu rumah tangga yang Baik.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu, Rasulullah saw bersabda.

“Jika seorang istri mencuci pakaian suaminya maka Allah akan mencatatnya memperoleh seribu pahala, mengampuni seribu dosa, mengangkat derajatnya seribu tingkatan, dan akan dimintakan ampun oleh segala sesuatu yang terkena sinar matahari.”

Dengan mencucui pakaian saja, Ibu sudah mendapat pahala yang berlimpah. Jadi, saat mencuci pakaian yang sebaiknya Ibu rasakan bukanlah kemalasan yang datang, namun semangat meraih pahala lah yang seharusnya muncul.

3. Berhias untuk Suami

Allah menganjurkan bagi setiap istri agar berhias untuk suami. Hal ini dilakukan agar suami cenderung kepada istri, dan hal tersebut merupakan sarana bagi Ummi untuk menggapai ridho Allah Swt. Inilah cara menjadi ibu rumah tangga yang baik menurut Islam.

4. Menuntut Ilmu

Ummi merupakan madrasah utama bagi anak-anak, Ummi juga merupakan partner bagi Abi untuk berdiskusi dan memecahkan problematika hidup. Semua hal itu tentunya harus dilandasi dengan ilmu. Ummi dapat menuntut ilmu di rumah, seperti membaca buku, artikel, majalah, dan lain sebagainya.

5. Mendidik Anak Menjadi Generasi yang Saleh dan Salehah

Yang pertama dan paling utama adalah menanamkan nilai-nilai islam dalam diri anak-anak. Agar tercipta akhlak yang baik serta karakter islam yang berkualitas.

“Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah akhlak mereka.” (HR. Ibnu Majah)

6. Menjaga Kualitas Ruhiyah

Penting bagi seorang Ibu rumah tangga yang baik untuk menjaga kekuatan ruhiyah. Diantaranya adalah dengan membiasakan diri membaca Al Qur’an agar kedekatan pada Allah semakin kuat. Dengan begitu, Ummi akan ikhlas dalam menjalani peran dalam keluarga.

Oleh karena itu, Ayo Ummi, tingkatkan kembali amalan-amalan surga yang dapat diraih dengan menjadi ibu rumah tangga yang baik. Tak usah malu ‘hanya’ menjadi ibu rumah tangga. Sebab, Ummi adalah ibu rumah tangga yang baik dan pemburu surga. Insya Allah.

BACA JUGA: Uang Bulanan Orang Tua Jauh Lebih Penting Daripada Cicilan Rumahmu
Top