Ketika Iman Tak Lagi Di Pedulikan, Ketika Iman Hanya Sampai Di Mulut, Tidak Sampai Di Hati, Bersiap-Siaplah!!

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 14 Mar 2017
 Ketika Iman Tak Lagi Di Pedulikan, Ketika Iman Hanya Sampai Di Mulut, Tidak Sampai Di Hati, Bersiap-Siaplah!!

Ketahuilah saudariku, iman bukanlah sekedar hanya melafadzkan syahadat saja. Akan tetapi iman meliputi ucapan dan perbuatan, baik lahir maupun batin


Banyak orang meremehkan dakwah tauhid dan memiliki persepsi negatif tentang tauhid. Di sisi lain mereka menggembar-nggemborkan bahwa kejayaan Islam harus dimulai dari penegakkan Khilafah Islamiyah. Ada pula kalangan yang menjadikan ekonomi sebagai syiar dakwah yang sangat diprioritaskan oleh mereka.

Tak ketinggalan pula golongan lain menjadikan sektor Islamic Science sebagai jalan pintas untuk kemajuan peradaban Islam, sedangkan mereka kurang memperhatikan pondasi tauhid umat ini!

Mungkin sempat terlintas pada benak seseorang di zaman ini bahwa di era yang katanya “high tech” ini, masih relevan kah dakwah tauhid ?

Sungguh sebuah pertanyaan yang muncul dari ketidaktahuan tentang inti risalah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam! Bukankah tugas utama para pengemban risalah Allah adalah mendakwahkan tauhid dan menjauhi kesyirikan ?

Ketika Iman Tak Lagi Dipedulikan

Banyak orang barangkali menganggap bahwa maraknya pelacuran atau angka kriminalitas yang tinggi diakibatkan oleh faktor utamanya, yaitu: ekonomi yang lemah! Benarkah begitu ? Bila dilihat lebih fokus sebenarnya berbagai perilaku menyimpang dan kemaksiatan lebih dikarenakan kelemahan iman terhadap Allah, dan minimnya penanaman aqidah atau keyakinan yang benar!

Mereka tak mengilmui dengan baik apa saja yang harus diyakini dalam Islam, perkara apa saja yang dimurkai oleh Allah. Mereka pun  lebih menomer satukan hawa nafsunya.

BACA JUGA : Jangan Beri Kesempatan Sedikitpun, Inilah Cara Memberantas Bisikan Setan Yang Menyesatkan

Ketahuilah saudariku, iman bukanlah sekedar hanya melafadzkan syahadat saja. Akan tetapi iman meliputi ucapan dan perbuatan, baik lahir maupun batin. Sebenarnya, ketidakpahaman tentang keimanan dengan baik ini nampak pada kelakuan sebagian kaum muslimin yang masih awam, seperti halnya orang Islam yang masih suka ke dukun, gemar mencari wangsit, percaya kepada hal-hal yang menyimpang seperti zodiak dan ramalan dukun.

Hal ini muncul karena kurangnya mereka dalam mempelajari Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan benar. Mereka mencampur adukan keimananan dan kesyirikan. Hal ini yang dilarang Allah ‘Azza wa Jalla :

الَّذِينَ آمَنُواوَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukan keimanan mereka dengan kezaliman (kesyirikan), maka mereka itulah orang-orang yang akan mendapatkan keamanan dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk. ( Q. S. Al-An’am : 82 )

Kita terkadang tak habis pikir, sebagian anak sudah seringkali dinasehati untuk rajin shalat ketika telah masuk waktunya, atau diingatkan terus-menerus agar berkata yang baik pada orang lain. Tetapi realita anak tersebut tetap membandel dan seolah tak memperdulikan nasehat itu. Mengapa ?

Diantara sebab yang terbesar adalah karena kita belum membiasakan agar iman itu benar-benar masuk dalam hati mereka dan menjadi bagian dari hidupnya sehari-hari.

Sesungguhnya dalam Islam, kita diperintahkan untuk menanamkan aspek tauhid kepada anak sejak dini.Perhatikanlah, bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan aqidah yang benar kepada seorang anak kecil; Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata :

إِذَا سَأَلْتَ فَاَسْأَلِ اللهِ وَإِ ذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ

“ Bila kamu hendak meminta, maka mintalah kepada Allah dan bila kamu hendak memohon pertolongan maka mohonlah pertolongan  kepada Allah”. ( HR. At-Titmidzi dan dia berkata Hadits ini hasan shahih ).

Adalah menjadi agenda kita untuk mengajarkan keimanan yang kokoh pada anak-anak sejak dini, karena dengan tauhid yang kuat niscaya anak kita akan berakhlak baik, mampu beribadah dan beramal sholeh dengan ikhlas dan tampil menjadi sosok yang  bertaqwa dan bermanfaat bagi umat.

Tauhid Sumber Kebahagiaan

Idealnya hanya orang mukmin dan mukminah saja yang mampu merasakan limpahan kebahagiaan sejati. Tauhid akan melahirkan ketenangan, keamanan, dan harapan yang kuat terhadap pertolongan-Nya. Sebaliknya orang merasa seringkali hidupnya terasa sempit dan merasa menderita hidupnya, ini parameter bahwa keimanannya belum mantap. Karena tauhid itu melahirkan kekuatan jiwa pada pemiliknya untuk selalu berharap, bertawakkal kepada Allah dan ridho terhadap segala ketentuan-Nya.

Tauhid merupakan perkara yang utama dan pertama!

Apa akibatnya bila orang mendakwahkan ekonomi Islam sementara mereka buta makna tauhid?

Bisa jadi ia orang yang ahli dalam aspek pendidikan berbasis Islam namun karena menyepelekan tauhid dia terjatuh pada paham yang mengedepankan kekuatan akal!

Atau saat dia begitu antusias menjadikan jihad sebagai metode perjuangan dakwahnya, namun karena dia meremehkan pentingnya fondasi aqidah yang benar, bisa jadi dia menafsirkan ayat- ayat jihad dengan salah, bahkan mungkin memanipulasi ayat Al-Qur’an  & As-Sunnah untuk kepentingan pribadi.
SHARE ARTIKEL