"Heran Sama Arab, BBM dan Listrik Murah, Pendidikan, Kesehatan, Pajak DiGratiskan. Tapi Kok Nggak Bangkrut?"

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 09 Mar 2017



Hal ini memang sudah lama ditulis oleh Pak Farid Wadji melalui akun facebooknya. Saat itu beliau sedang berada di Mekkah. Tapi di Arab yang tetap begitu adanya.

"Saya heran dengan Arab Saudi. BMM dijual murah banget kepada rakyatnya. Lsitrik juga murah, karena menggunakan BBM yang murah. Ke rumah sakit gratis. Pendidikan gratis. Tidak ada pajak. Lha kok negaranya nggak bangkrut-bangkrut....??

Malah negara kita yang BBM dan listrik naik terus,
Pertamina dan PLN ngomongnya kok rugi terus...??"

Baca Juga: Fakta Kehidupan di Arab yang Luar Biasa

Apakah benar seperti itu?

Mari kita simak kutipan dakwah berikut ini?


Nah, sekarang percaya kan? Semoga di Indonesia ini tidak ada lagi yang namanya koruptor ya.

Fakta lagi dikutip dari liputan6.com, di Saudi pengangguran “digaji” Rp. 4,8 juta/bulan pada tahun 2015. Mungkin sekarang sudah 2 kali lipatanya. Sebetulnya pemerintah tidak menyebutnya sebagai gaji, melainkan “tunjangan”. Dan rupanya peraturan ini tidak hanya dilakukan di Negara penghasil minyak tersebut, tetapi di Negara Amerika dan di Eropa, tunjangan sosial untuk para penganggur juga sudah dilakukan sejak lama. Lalu, apa alasan mereka memberikan tunjangan tersebut kepada warga negaranya yang menganggur? Bukankah dengan begitu mereka malah tidak punya niat untuk bekerja sama sekali?

Sebetulnya berita ini sudah sejak lama terdengar, ada lebih dari satu juta penganggur di Arab Saudi dimana 80 persennya adalah wanita yang akan menerima tunjangan tersebut lewat program “Hafiz”. Tidak hanya itu saja, tunjangan yang diberikan jauh meningkat jumlahnya dari tahun-tahun sebelumnya.

Dan besar tunjangan tersebut adalah 2,000 riyal yang kalau dikurskan sekitar 4,8 juta per bulan (atau 160 ribu per hari) , persis seperti orang kerja kantoran di Indonesia, wow! Bayangkan kalau Negara Indonesia menganut sistem tersebut, apa yang akan terjadi? Apakah nanti malah semakin banyak orang yang menganggur?

Jika yang nganggur saja di gaji, berapa kira-kira UMR bagi pekerja di Arab? Bisa anda bayangkan ya. Mungkin sudah di atas 20 juta. Namun mengutip dari cerita seorang yang bekerja di sana, gaji minimum penduduk Arab yang bekerja adalah 28 Juta jika dirupiahkan. Semakin waow.
SHARE ARTIKEL